Wajib Tahu! Tips Mengecat Dinding Rumah Sendiri untuk Hasil Maksimal!

Apakah Anda sudah berencana untuk mengecat sendiri dinding rumah Anda? Kalau iya, jangan sampai kelewatan tips mengecat dinding rumah berikut ini!

Hindari Musim Hujan

Waktu terbaik untuk mengecat adalah saat musim kemarau atau panas, apalagi jika Anda akan mengecat bagian luar rumah. Dengan demikian, cat akan lebih mudah kering.

Bersihkan Dulu Permukaan Dindingnya

Permukaan dinding yang bersih dan bebas dari kotoran akan membantu hasil cat yang sempurna. Dengan demikian, lapisan cat pun jadi lebih stabil.

Dempul Dulu dan Rapikan Permukaan yang Akan Dicat

Permukaan yang rata dibutuhkan untuk hasil cat yang baik. Karenanya, lepaskan dulu berbagai alat listrik dan colokan, lalu dempul bekas paku serta sekrup dengan rapi. Kemudian, haluskan permukaan menggunakan amplas jika dibutuhkan untuk permukaan halus dan rapi.

Pakai Kuas dan Rol Cat yang Berkualitas

Anggaplah kuas dan rol cat sebagai “senjata” Anda untuk mengecat. Dan untuk hasil cat yang baik, senjata Anda pun harus berkualitas baik. Idealnya, jangan ada bulu yang tertinggal di permukaan dinding maupun cat ketika Anda mengangkat kuas atau rol cat agar hasil akhir pekerjaan Anda memuaskan.

Pertimbangkan Jumlah, Jenis, dan Warna Cat

Pilihan warna cat yang digunakan bukan hanya soal selera saja. Tapi juga soal nuansa apa yang ingin Anda ciptakan di sebuah ruangan, karena masing-masing warna memiliki kesan psikologis yang berbeda. Selain itu, ukuran ruang atau luas permukaan umumnya adalah pertimbangan utama dalam menentukan jumlah cat yang dibutuhkan.

Jangan Lupa Aplikasikan Cat Dasar

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan tips mengecat dinding rumah yang satu ini. Padahal, cat dasar alias primer berperan sangat penting dalam menentukan hasil akhir pekerjaan. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan langkah yang satu ini.

Tandai Area yang Akan Dicat

Gunakan masking tape untuk menandai area dinding yang akan dicat, terutama jika Anda akan menggunakan lebih dari 1 warna di dalam ruangan yang sama. Kemudian, mulailah mengecat dari atas ke bawah.

Itulah beberapa tips mengecat dinding rumah yang semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengecat sendiri di rumah. Selamat mengecat!

 

bagikan ini