Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Terutama bagi yang sudah memiliki keluarga. Rumah yang nyaman dan sesuai kebutuhan merupakan keinginan semua. Untuk memiliki rumah kita bisa membeli rumah baru ataupun rumah second. Ketika kita akan membeli rumah second ada beberapa hal yang harus di perhatikan, antara lain :

  1. Aspek legalitas

Aspek legalitas perlu diperhatikan agar jangan sampai setelah anda membeli rumah akan menjadi masalah di kemudian hari. Legalitas yang harus di perhatikan adalah sertifikat dan IMB. Sertifikat merupakan bukti kepemilikan tanah yang sah. Tanpa ada sertifkat maka legalitas tanah akan rawan terhadap masalah. Mintalah fotocopy sertifikat tanah ketika akan memblei sebuah rumah. Dan anda bisa melakukan keabsahan cek dengan datang ke BPN dengan membawa fotocopy sertifikat tanah tersebut. Dan setelah terjadi akad jual beli segera minta sertifikat tanah aslinya. Legalitas lain yang harus diperhatikan adalah IMB. IMB adalah izin mendirikan bangunan, IMB ini berisi mengenai perizinan pembangunan rumah. Jika rumah yang anda beli belum memiliki IMB, mintalah kepada pemiliki rumah untuk membuatkan IMB terlebih dulu. Dan jika pemilik rumah menyerahkan kepada anda sebagai pembeli untuk membuat, maka tahanlah sekitar 10% dari pembayaran rumah sebagai jaminan bahwa IMB bisa dibuat.

  1. Cek Kondisi Rumah

Ada beberapa hal yang harus anda cek mengenai kondisi rumah yang akan anda beli. Dan sebelum anda melakukan cek kondisi rumah, mintalah gambar desain rumah yang diguakan untuk panduan pengerjaan pembangunan rumah tinggal. Dengan gambar tersebut bisa diketahu mengenai spek struktur yang digunakan, posisi sumur air bersih, posisi sumur peresapan dan posisi septic tank.

Untuk pengecekan kondisi rumah dilakukan secara visual saja. Cek kualitas air sumur yang ada di rumah tersebut. Jika dirasa kualitas air sumur kurang, anda bisa menggunakan air PAM sebagai sumber air anda. Cek juga sumur peresapan dan septictank yang ada. Apakah septictank dan sumur peresapan memenuhi persyaratan yang ada. Cek juga daya listrik yang ada pada rumah yang akan anda beli. Jika daya listriknya kurang, maka anda bisa mengajukan penambahan day ke PLN.

Dua tersebut harus anda perhatikan ketika berencana untuk membeli rumah second. Jangan sampai setelah kita membeli rumah akan terjadi masalah dikemudian hari.

 

bagikan ini