Perbandingan Rangka Atap Kayu dan Baja Ringan, Pilih yang Mana?

Saat ini, rangka atap kayu sudah bukan lagi jadi satu-satunya pilihan yang ada. Terutama setelah munculnya rangka atap baja ringan. Berikut ini adalah rangkuman perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan yang semoga bisa membantu Anda. Selamat membaca!

Kelebihan Rangka Atap Kayu

Salah satu keunggulan rangka atap kayu adalah sifatnya yang lebih tahan api jika dibandingkan balok baja yang tidak memiliki proteksi. Sebab, kayu tidak bisa menyalakan api jika suhunya belum mencapai 250 derajat Celcius. Sementara itu, rangka baja yang tidak memiliki proteksi akan kalah dari api jika suhunya sudah mencapai 230 derajat Celcius.

Kekurangan Rangka Atap Kayu

Sedangkan kekurangan atau kelemahan dari rangka atap kayu adalah kestabilan bentuknya. Berbeda dengan baja, kayu lebih mudah melengkung sehingga risiko kerusakan rangka atap lebih mudah terjadi lantaran faktor ini. Bahkan, hal tersebut bisa berujung pada runtuhnya atap. Selain itu, rangka atap kayu membutuhkan proteksi dari pembusukan lantaran serangan rayap atau perubahan cuaca.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Sementara itu, rangka atap baja ringan memiliki bentangan yang ukurannya lebih panjang jika dibandingkan dengan kayu. Ukuran yang diproduksi pun ukuran standar. Bobotnya yang relatif lebih ringan juga memudahkan produsen dalam proses pengiriman material ke lokasi pembangunan, bahkan durasi pengirimannya bisa lebih cepat dibandingkan pengiriman rangka atap kayu.

Selain itu, bahan baja ringan nyaris tidak mempunyai nilai muai maupun susut, sehingga bisa tahan dari serangan atau perubahan cuaca. Anda juga tidak perlu khawatir soal serangan serangga dengan rangka atap baja ringan. Penggunaannya juga bisa disesuaikan dengan nyaris model atap apapun.

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Kekurangannya adalah tenaga pemasangan yang lebih banyak jika Anda memilih menggunakan rangka atap baja ringan. Namun, hal ini terbayar dengan lama waktu pengerjaan yang jauh lebih ringkas dan singkat jika dibandingkan dengan pemasangan rangka atap kayu.

Selain itu, rangka atap baja ringan memiliki kekurangan dalam kaitannya dengan transmisi suara dan insulasi panas. Penanganan lebih lanjut dibutuhkan dalam proses pemotongan, pengelasan, maupun pengeboran karena permukaan yang tergores lebih rentan terkena karat.

 

bagikan ini