perbandingan kusen kayu dan alumunium

By | October 7, 2018

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Antara Kusen Kayu Dan Alumunium

Jasa Desain Rumah ~ Perbandingan kusen kayu dan alumunium akan menjadi pembahasan kali ini untuk memberikan bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang menentukan bahan material terbaik untuk rumah. Kusen merupakan bingkai pada jendela yang memiliki fungsi tidak hanya sebagai penahan kaca jendela dan penghubung antara kaca dengan dinding rumah namun juga memiliki fungsi dekorasi. Kusen aluminium saat ini banyak ditemui pada rumah-rumah modern terutama untuk rumah bergaya minimalis. Namun meski begitu masih banyak pula pemilik rumah yang lebih suka menggunakan kusen kayu. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya, mana yang jadi pilihan Anda?

Kelebihan dan kekurangan kusen kayu

Kayu memiliki tekstur yang lebih mudah untuk dibentuk sehingga Anda bisa menemukannya dalam berbagai macam model dan motif. Motif-motif ukiran akan menambahkan kesan tradisional pada rumah Anda. Sedangkan untuk rumah bergaya minimalis biasanya menggunakan model kusen yang lebih simpel dan tidak banyak detail. Ornament kayu pada kusen akan memberikan kesan yang lebih natural pada tampilan rumah dan ada banyak macam pilihan jenis kayu dengan pilihan harga yang bervariasi.

Untuk perbandingan kusen kayu dan alumunium, kekurangan kusen kayu adalah ia lebih rapuh terhadap cuaca dan juga rayap sehingga dibutuhkan perawatan dengan bahan coating khusus, dan juga cairan pembersih khusus kayu. Kayu juga bisa mengalami penyusutan atau pemuaian sehingga kadang jendela atau pintu akan macet untuk dibuka atau ditutup karena perubahan bentuk kusen akibat cuaca dan suhu lingkungan. Kusen kayu dengan kualitas yang bagus harganya lebih mahal dibandingkan alumunium karena sumber dayanya pun terbatas. jasa desain rumah online

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium

Kusen aluminium dipilih untuk menutupi kekurangan pada kusen kayu. Karena dibuat dari bahan alumunium, ia lebih tahan terhadap rayap dan tidak mudah memuai atau mengalami penyusutan. Sehingga jendela dan juga pintu tidak mengalami macet-macet saat mau dibuka atau ditutup. Ia juga lebih awet dan tahan lama serta tidak membutuhkan perawatan khusus. Mudah dibersihkan dengan menggunakan pembersih debu atau lap kering maupun basah. Kusen ini juga lebih ringan, bisa dicat sesuai dengan warna pilihan bahkan warna kayu, dan lebih murah harganya.

Sedangkan kekurangan perbandingan kusen kayu dan alumunium adalah motif dan bentuknya yang lebih terbatas. Pemasangannya menggunakan teknik fishcer menggunakan skrup khusus yang apabila pemasangannya salah maka akan fatal dan sulit untuk diperbaiki karena alumunium yang sudah bolong. jasa desain rumah murah

 

bagikan ini