Perbandingan Batu Bata, Batako Dan Bata Ringan Untuk Dinding, Mana Yang Paling Bagus?

Perbandingan batu bata, batako dan bata ringan untuk dinding – Kini ada lebih banyak pilihan bahan material yang bisa digunakan untuk membangun seperti misalnya selain batu bata atau bata merah ada juga batako dan bata ringan. Masing-masing tentunya punya kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan fungsi bangunan nantinya. Dari ketiga bahan material tersebut mana yang paling pas untuk bangunan Anda?

Kelebihan dan kekurangan bata merah

Bata merah adalah blok-blok yang dibuat dari tanah liat yang dicetak menjadi blok kemudian dibakar dengan suhu yang tinggi sehingga menjadi batu bata yang kuat, berwarna kemerahan, paling umum untuk digunakan sebagai bahan material utama pembangun rumah. Kelebihan dari batu bata merah adalah ia memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga rumah bisa terasa lebih sejuk dan adem. Kelebihan batu bata yang lain adalah ia lebih mudah digunakan untuk membentuk bidang yang kecil, mudah untuk diaplikasikan, dan harganya lebih murah. Sedangkan untuk perbandingan batu bata, batako dan bata ringan untuk dinding dari segi kekurangannya adalah ia cenderung boros menggunakan bahan perekatnya, pemasangan jarang ada yang bisa langsung rapi, dan memiliki bobot yang berat sehingga beban bangunan lebih tinggi.

Kelebihan dan kekurangan batako        

Batako merupakan blok yang dibuat dengan campuran bahan material seperti pasir, semen, ada juga yang dibuat dari batu tras, kapur, dan air. Dari segi kekuatan ia lebih rapuh dibandingkan dengan batu bata, namun penggunaannya lebih hemat karena ukuran satu blok batako yang umumnya lebih besar dibandingkan dengan batu bata. Batako juga ada yang dicetak sebagai lubang udara pada dinding sehingga selain digunakan sebagai sirkulasi udara juga bisa sebagai dekorasi. Sedangkan kekurangan untuk perbandingan batu bata, batako dan bata ringan untuk dinding adalah batako lebih mudah retak dan kurang baik untuk insulasi panas serta suara.

Kelebihan dan kekurangan bata ringan

Bata ringan memiliki ukuran yang hampir sama dengan batu bata merah namun memiliki kelebihan bobotnya yang lebih ringan sehingga tidak membebani struktur bangunan. Bata ringan memiliki kekuatan yang cukup baik, dan tidak membutuhkan perekat yang lebih tebal dan pengerjaannya bisa lebih rapi. Sedangkan kekurangannya adalah jenis perekat yang khusus dan harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan bata merah. Pengerjaan pun harus lebih hati-hati karena jika tidak rapi akan sangat kelihatan dan jika basah ia butuh waktu lebih lama untuk kering. Demikian adalah perbandingan batu bata, batako dan bata ringan untuk dinding.

 

bagikan ini