Memiliki rumah tinggal yang nyaman dan aman adalah impian semua orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mempunyai rumah tinggal yang nyaman dan aman. Salah satu faktor yang membuat rumah tinggal yang aman adalah faktor struktur rumah tinggal. Struktur rumah tinggal jika dibaratkan manusia, maka struktur adalah kerangka yang membentuk manusia. Struktur rumah tinggal harus memenuhi kaidah – kaidah teknis yang sudah di tentukan. Di Indonesia kaidah – kaidah struktur di atur di dalam peraturan SNI.

Untuk mengetahui apakah struktur sebuah rumah tinggal sudah memenuhi kaidah – kaidah yang dipersyaratkan oleh SNI, maka diperlukan pengetahuan khusus. Namun secara umum ada beberapa hal mengenai struktrur rumah yang harus diketahui. Yang paling umum harus diketahui adalah mengenai bagian – bagian struktur rumah tinggal. Secara garis besar struktur rumah dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian atas (kepala), bagian tengah ( badan ) dan bagian bawah (kaki).

Bagian struktur rumah tinggal terdiri dari beberapa bagian antara lain :

  1. Pondasi

Pondasi merupakan bagian terbawah dari sebuah bangunan rumah tinggal. Pondasi berfungsi untuk menyalurkan beban dari bangunan ke tanah. Pondasi harus berada di tanah keras, jika tanah yang ada bukan merupakan tanah keras maka tanah harus digali sampai mencapai tanah keras. Pondasi yang digunakan untuk rumah tinggal biasanya adalah pondasi batu kali dan pondasi footplat. Pondasi batu kali biasanya digunakan untuk struktur rumah tinggal satu lantai. Sedangkan untuk pondasi footplat digunakan untuk rumah tinggal dua dan tiga lantai.

  1. Sloof

Sloof merupakan balok dari cor beton bertulang yang posisinya berada di atas pondasi. Sloof berfungsi untuk menyebarkan beban dari kolom dan dinding bata ke pondasi. Diatas sloof biasanya ada pasangan dinding batu bata.

  1. Kolom

Kolom merupakan konstruksi cor beton bertulang yang berbentuk vertikal dan berfungsi untuk menahan beban dari atas dan samping. Kolom juga berfungsi sebagai pengikat bagi dinding rumah. Pada bagian bawah konstruksi rumah,kolom diikat dengan sloof sedangkan pada bagian atas diikat dengan ringbalk.

  1. Ringbalk

Ringbalk merupakan balok cor beton bertulang yang berada di atas kolom. Bentuk dan modelnya mirip seperti sloof pada bagian bawah. Fungsi ringbalk adalah menyalurkan beban dari rangka atap ke kolom. Selain itu ringbalk juga sebagai tempat dudukan rangka atap.

  1. Rangka atap

Rangka atap merupakan bagian paling atas dari suatu rumah tinggal. Rangka atap merupakan tempat dudukan penutup atap. Rangka atap saat sekarang ini bisa terbuat dari struktur kayu ataupun baja ringan.

bagikan ini