Konsep Rumah Minimalis: Pengertian, Karakteristik, dan Desain Terbaru 2021

By | September 21, 2021

konsep rumah minimalis

Konsep rumah minimalis – Pada masa sekarang ini, rumah minimalis menjadi satu di antara banyak pilihan model rumah bagi kebanyakan orang. Di samping modelnya yang tidak berlebihan, rumah jenis ini tentunya lebih bersahabat dengan ekonomi masyarakat. Karena banyak yang ingin memilikinya, akhirnya rumah minimalis pun menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat. Jika kesulitan untuk mendesain rumah minimalis, anda bisa menghubungi penyedia jasa desain rumah.

Keinginan masyarakat untuk memiliki rumah minimalis hingga menjadi sebuah tren tentu bukan tanpa alasan. Mengingat, konsep rumah minimalis ini sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat di era modern seperti sekarang ini yang cenderung lebih mengedepankan fungsi utama sebuah rumah.

Akan tetapi, apakah rumah minimalis yang kita kenal itu benar-benar dapat kita sebut sebagai rumah minimalis? Sejatinya, seperti apakah model rumah minimalis yang kita kenal dalam dunia arsitektur? Seperti apakah desain rumah minimalis? Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya akan terjawab seutuhnya pada pembahasan berikut ini.

Sebenarnya, Rumah Minimalis Adalah

Banyak yang mengira bahwa rumah minimalis adalah rumah yang ukurannya kecil. Memang, pengertian ini tidaklah salah, mengingat pada kenyataannya kata mini merujuk pada makna kecil.

Meskipun demikian, dalam dunia arsitektur, sebenarnya tidak ada istilah rumah minimalis. Istilah ini hanya digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Yang ada dalam dunia arsitektur adalah istilah rumah modern dan rumah klasik. Nah, rumah modern inilah yang kita kenal oleh kebanyakan masyarakat sebagai rumah minimalis.

Kebutuhan masyarakat zaman sekarang terhadap rumah minimalis atau rumah modern, pada dasarnya merupakan respon terhadap gaya rumah klasik yang terlalu megah dengan menonjolkan ornamen-ornamen mewah yang menghias rumah, sehingga terkesan melupakan fungsi utama sebuah rumah.

Jadi, rumah minimalis adalah sebuah model rumah bergaya modern yang mencoba mengembalikan tujuan pembangunan sebuah rumah pada fungsinya yang paling mendasar, yakni sebagai tempat berlindung yang meliputi tempat untuk beristirahat, tempat berkumpul keluarga, dan sebagainya.

Karakteristik Konsep Rumah Minimalis

Barangkali karena tujuannya yang ingin mengembalikan fungsi utama dari sebuah rumah, akhirnya konsep rumah minimalis mengambil ukuran bangunan yang memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dan model yang sederhana, sebatas sudah cukup merealisasikan fungsi utama rumah. Agaknya karena ini jugalah masyarakat mengenal rumah minimalis sebagai rumah yang ukurannya kecil.

Meskipun terkenal sebagai rumah yang kecil dan sederhana, tetapi karena rumah minimalis ini muncul di zaman modern. Maka sifat kemodernan juga menempel pada model rumah yang satu ini, sehingga tidak ada kesan ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa karakteristik mendasar yang ada pada rumah minimalis adalah bentuknya yang sederhana, namun tetap modern. Karena sifat kemodernan inilah, desain rumah minimalis menjadi sangat beragam mengikuti perkembangan zaman.

Desain Rumah Minimalis Berdasarkan Tipe

Pada masa sekarang ini, kebanyakan orang membeli rumah di perumahan. Barangkali alasan kepraktisan menjadi satu sebab utama dari motif pembelian dan pembangunan perumahan. Di sebuah perumahan, secara umum rumah-rumah yang berjajar rapi di setiap petak tanahnya, memiliki ukuran yang sama. Nah, ukuran inilah yang menentukan tipe sebuah rumah.

Tipe rumah minimalis yang populer di kalangan masyarakat adalah tipe 21, 36, dan 45. Lalu, apakah sebenarnya tipe-tipe tersebut? Berikut jawabannya.

Tipe 21 merupakan rumah yang memiliki luas bangunan seluas 21 meter persegi. Begitu seterusnya. Jadi, tipe 36 adalah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi, sementara tipe 45 adalah rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi. Yang perlu kita perhatikan di sini bahwa ukuran-ukuran tersebut adalah ukuran rumahnya, bukan ukuran luas tanahnya!

Jika kita sudah mengetahui apa itu tipe rumah, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai konsep-konsep yang umum dimiliki rumah minimalis bertipe sebagaimana yang disebutkan di atas. Akan tetapi, sekali lagi bahwa konsep ini adalah secara umum, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya konsep-konsep lain yang didesain sesuai dengan si pemilik rumah.

  1. Konsep Rumah Minimalis Tipe 21

Pada umumnya, rumah minimalis tipe ini memiliki denah yang diisi dengan 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, tempat makan kecil, ruang tamu, dan sedikit sudut kecil untuk mencuci baju. Di samping itu, rumah tipe ini juga dilengkapi dengan sebuah taman kecil dan tempat parkir di depan rumah.

Hal ini tentunya tidak mengherankan mengingat ukurannya yang tidak begitu luas, sebatas kurang lebih 3×7 meter. Karena ukurannya yang demikian, rumah minimalis tipe ini juga tidak memiliki furnitur yang terlalu padat. Kebanyakan furnitur penghias rumah adalah jenis-jenis furnitur yang menempel di tembok

  1. Konsep Rumah Minimalis Tipe 36

Tipe ini merupakan favorit di kalangan masyarakat, sehingga tak heran jika banyak perusahan properti yang membangun perumahan dengan ukuran 36, yakni kurang lebih 6×6 meter, atau bisa juga 9×4 meter.

Secara umum, ruangan yang dimiliki oleh rumah minimalis tipe ini berupa 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan ruang serbaguna yang meliputi dapur, tempat makan, ruang keluarga, dan sebagainya.

Jika kita bandingkan dengan tipe sebelumnya, tipe 36 ini memiliki taman dan tempat parkir di depan rumah yang lebih luas, sehingga muat untuk kita jadikan sebagai tempat parkir mobil. Di samping itu, pada umumnya rumah tipe ini bisa kita lengkapi dengan sebuah pekarangan di belakang rumah yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan.

Dengan fasilitas-fasilitas yang sedemikian rupa, sangat memungkinkan kalau rumah minimalis bertipe 36 ini kita kembangkan menjadi 2 lantai, dan tentunya konsep rumah minimalis 2 lantai ini juga menyesuaikan dengan tipe dan kebutuhan si pemilik rumah. Sebagai contoh, di lantai 2 bisa kita tambahkan ruangan keluarga agar waktu bersama keluarga menjadi lebih intens dan mesra.

  1. Konsep rumah minimalis tipe 45

Tipe ini juga menjadi salah satu incaran para pencari rumah, sebagaimana tipe sebelumnya. Hal ini barangkali berdasarkan atas ukurannya yang memang sangat cocok untuk  keluarga kecil ataupun pasangan muda.

Ukuran panjang dan lebar rumah tipe 45 ini bermacam-macam, ada yang 9×5 meter, atau bisa juga 7,5×6 meter dan 8×5,6 meter, tergantung dengan developer yang mengembangkannya. Dengan ukuran ini, pada umumnya, desain rumah minimalis bertipe ini memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga, dapur, dan 1 ruang tamu. Akan tetapi, tentu ukuran ruangan-ruangan ini lebih luas jika kita bandingkan dengan tipe rumah sebelumnya.

Kebanyakan desain rumah tipe 45 ini memiliki dapur, ruang keluarga, dan ruang tamu yang menyatu tanpa sekat. Di samping itu, rumah tipe ini juga anda lengkapi dengan pekarangan depan dan belakang rumah. Pekarangan depan bisa anda manfaatkan sebagai teras, taman, dan juga tempat parkir mobil.

Demikianlah penjelasan mengenai konsep rumah minimalis yang bisa menjadi wawasan bagi kita semua. Baik yang sudah memiliki rumah minimalis maupun yang sedang dalam perjalanan untuk memiliki sebuah rumah minimalis idaman.

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH SILAHKAN WA 081229418751