Kenali Konsep Rumah Desain Minimalis untuk Ukuran Lahan dan Ruang Sempit

Dengan ukuran lahan yang semakin sempit, konsep rumah desain minimals sudah semakin banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ii adalah beberapa konsep hunian minimalis yang biasa digunakan.

Penataan Ruang

Saat ini, banyak hunian baru yang ditawarkan dengan 2 kamar tidur dan memiliki hanya 1 lantai, yang sudah cukup untuk pasangan baru atau keluarga kecil dengan 1 anak. Sebab, penataan seperti ini lebih ekonomis baik bagi pengembang maupun pembeli. Apalagi, desain rumah yang demikian juga semakin bervariasi sehingga bisa disesuaikan pula dengan kebutuhan dan selera Anda.

Pembangunan Secara Horizontal atau Vertikal

Untuk lahan yang relatif sempit, maka pembangunan secara vertikal jauh lebih direkomendasikan sehingga Anda bisa menambah ruang ke atas. Hal ini berarti pondasi rumah yang wajib direncanakan secara terstruktur dan matang, beserta rencana pembangunan rumah secara keseluruhan. Tapi, jika lahan yang ada cukup luas, maka pembangunan secara horizontal bisa dipertimbangkan.

Desain Eksterior dan Interior Rumah

Jangan berlebihan dalam menambahkan aksen pada desain rumah, terutama aksen dekoratif. Gaya minimalis sangat cocok untuk ruang atau lahan yang sempit karena berfokus pada fungsi, sehingga dekorasi yang justru menghabiskan ruang yang ada harus dihindari. Karena itulah biasanya pemilihan furniture untuk interior dipilih yang memiliki tampilan menarik agar bisa membuat tampilan ruangan cantik tanpa adanya aksen-aksen tambahan. Sedangkan untuk eksterior, pilihan dinding bertekstur atau tambahan lempengan batu alam untuk dinding bisa jadi pilihan.

Manfaatkan Kanopi atau Tenda Membrane

Jika Anda memiliki mobil pribadi, maka keberadaan garasi adalah sebuah keharusan di dalam desain bangunan rumah Anda. Untuk mengakali lahan yang ukurannya terbatas, Anda bisa memanfaatkan kanopi untuk menggantikan fungsi atap. Maka mobil tetap terlindungi, namun area tersebut tetap terasa luas.

Desain Teras Minimalis dengan Area Hijau

Siapa bilang lahan sempit berarti Anda tidak bisa menikmati kebun yang cantik? Memanfaatkan ruang yang ada untuk membuat teras; walaupun mungil, tapi bukan berarti tampilannya tidak bisa menarik! Bahkan dengan adanya teras dan kebun kecil, eksterior rumah minimalis Anda bisa terlihat jauh lebih cantik dan ada kesan nyaman saat Anda melangkahkan kaki memasuki rumah setelah beraktivitas seharian penuh.

Itulah beberapa konsep rumah desain minimals yang biasa ditemui pada desain rumah modern saat ini. Semoga bermanfaat!

 

bagikan ini