Jasa Desain Rumah Minimalis

By | July 31, 2019
Share:

Jasa Desain Rumah Minimalis Terpercaya

Jasa desain rumah ~ model rumah mengalami trend perubahan yang cukup pesat sesuai perkembangan zaman. Salah satu model yang trend sekarang ini adalah model desain rumah minimalis. Model ini memiliki dua arti yaitu minimalis dalam fasad dan fungsi rumah. Bentuk minimalis dalam fasad rumah dicirikan dengan aksen rumah yang berupa garis  bukan ornament yang memiliki motif rumit. Selain itu variasi warna desain rumah minimalis juga tidak memiliki variasi warna yang terlalu ramai. Biasanya hanya ada dua warna dengan satu warna sebagai aksen. Dalam hal fungsi rumah minimalis memaksimalkan ruangan yang ada. Bisa jadi satu tempat memiliki dua fungsi sekaligus misalnya ruang keluarga juga berfungsi sebagai ruang makan. Trend rumah minimalis berkembang karena semakin mahalnya harga tanah. Sehingga rumah memiliki luas lahan di bawah 100m2. Tentu saja untuk membuat desain rumah minimalis dibutuhkan kejelian dan ketepatan. Sehinga bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis atau jika anda memiliki rencana untuk membangun atau merenovasi :

  • Rumah tinggal
  • Rumah took
  • Kantor
  • Kos – kosan

Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana desain bangunan tersebut.

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa persiapan yang baik adalah separuh dari kemenangan. Demikian juga halnya ketika kita akan membangun atau merenovasi banguna kita, maka perencanaan adalah hal mutlak yang harus dilakukan pertama kali.

 

Untuk melakukan perencanaan ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain :

  1. Cek lahan

Pastikan bahwa kita memiliki data yang akurat mengenai panjang dan lebar lahan dan juga batas – batas lahan. Hal ini penting karena jangan sampai di kemudian hari terjadi konflik dengan pemilik lahan di sekitar kita jika ada kesalahan pengukuran dan batas lahan kita. Jika hal tersebut terjadi, maka akan sangat menghambat proses pembangunan.

Selain batas rumah, yang harus di cek adalah kemungkinan kemana arah rumah akan menghadap. Hal ini biasanya berkaitan dengan posisi jalan.

  1. Cek kondisi dan posisi tanah

Pengecekan ini berkaitan dengan posisi lahan terhadap jalan. Apakah tanah lebih tinggi atau rendah dari jalan. Jika lebih rendah dari jalan maka diperlukan pengurugan  agar posisi tanah lebih tinggi dari jalan. Karena jika posisi tanah lebih rendah dari jalan maka air hujan yang turun di jalan bisa masuk ke tanah kita. Hal itu tentu saja bisa membuat tanah kita menjadi banjir.

  1. Data kebutuhan ruang

Kebutuhan ruang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Berapa jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang diperlukan, apakah memerlukan garasi tertutup, apakah memerlukan gudan dan lain sebagainya. Data tersebut nantinya bisa anda konsultasikan ke pihak penyedia jaa desain rumah. Namun pastikan bahwa anda sudah memiliki gambaran mengenai kebutuhan ruang tersebut. Sehingga nantinya pihak penyedia jasa desain juga bisa memberi masukan – masukan kepada anda.

Jasa Desain Rumah Minimalis Online

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat jika sudah memiliki perencanaan antara lain :

  1. Hemat biaya

Desain rumah biasanya sudah menampung keinginan dan kebutuhan rumah anda. Baik tata ruang maupun bentuk fasad rumah. Hal itu tentu saja membuat kontraktor lebih mudah untuk pengerjaannya. Akan berbeda kondisinya jika anda tidak memiliki desain rumah yang sudah pasti, maka sering kali terjadi perubahan desain pada waktu proses pengerjaan fisik rumah. Karena mungkin kita melupakan sesuatu hal yang diperlukan. Tentu saja hal tersebut akan membuat waktu, tenaga dan material pekerjaan akan berubah. Hal itu akan membuat biaya pembangunan menjadi lebih mahal. Oleh karena itu jangan sampai terjadi proses pekerjaan pembangunan dengan desain rumah yang belum selesai di awal pekerjaan pembangunan fisik.

  1. Hemat waktu

Kontraktor biasanya sudah memberi jadwal pekerjaan atau time schedule mengenai proses pekerjaan pembangunan. Jadwal pekerjaan ini biasanya juga sudah memperhitungan alokasi tenaga kerja, material dan lain – lain. Dan jika terjadi perubahan desain ketika proses pekerjaan, tentu saja akan mengganggu alokasi tenaga kerja dan material yang sudah dijadwalkan. Hal ini tentu saja membuat jadwal pekerjaan menjadi terhambat dan membuat proses pekerjaan pembangunan fisik menjadi lebih lama.

  1. Kualitas terjamin

Pada waktu membuat desain rumah, akan tercantum juga mengenai spek material yang akan digunakan. Selain itu juga aspek struktur sudah diperhitungan dengan baik sesuai standar yang berlaku. Perubahan desain pada saat pekerjaan seringkali harus dibarengi dengan perubahan struktur bangunan. Perubahan ini seringkali membuat struktur bangunan sudah tidak sesuai dengan kaidah struktur bangunan yang berlaku di Indonesia. Meskipun mungkin secara kekuatan struktur masih bisa menampu beban yang ada, namun struktur tersebut menjadi lebih riskan hal ini dikarenakan adanya perbedaan beban struktur dari awal desain.

Mengingat begitu pentingnya perencanaan jasa desain rumah minimalis, anda juga harus tahu aspek apa saja yang harus ada di desain rumah. Minimal ada 3 hal yang harus ada di desain rumah, yaitu :

  1. Desain 3 dimensi

Desain 3 dimensi adalah gambar berbentuk 3 dimensi yang memberikan gambaran mengenai bentuk fasad rumah yang sebenarnya. Pada desain 3 dimensi bisa dilihat warna cat rumah yang digunakan, ornament – ornament yang ada pada rumah, bentuk atap rumah sehingga bisa membantu imajinasi jika akan dilakukan pekerjaan fisik. Untuk mendapatkan gambaran rumah yang utuh maka desain 3 dimensi harus dibuat dari beberapa view atau sudut pandang.

  1. Gambar kerja

Gambar kerja merupakan gambar detail dari bangunan. Gambar ini menjadi panduan untuk pelaksanaan pekerjaan fisik rumah. Selain itu gambar kerja juga bisa digunakan sebagai lampiran pengajuan syarat IMB. Gambar kerja bangunan rumah minimal meliputi:

  • Gambar denah
  • Gambar tampak depan
  • Gambar tampak belakang
  • Gambar tampak samping kiri
  • Gambar tampak samping kanan
  • Gambar potongan membujur
  • Gambar potongan melintang
  • Gambar denah pondasi
  • Gambar denah titik kolom
  • Gambar denah titik instalasi listrik
  • Gambar denah rencana atap
  • Gambar denah struktur balok
  • Gambar denah instalasi air bersih
  • Gambar denah instalasi air kotor dan pembuangan
  • Gambar denah letak pintu dan jendela
  • Gambar denah pola lantai
  • Gambar denah pola langit – langit
  • Gambar detail pondasi
  • Gambar detai struktur
  • Gambar detail pintu dan jendela
  • Gambar detail septictank dan peresapan
  • Gambar detail fasad rumah
  1. Rencana anggaran biaya (RAB)

Rencana anggaran biaya merupakan estimasi biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah. Komponen yang membetuk rencana anggaran biaya adalah material, tenaga jerja serta laba kontraktor atau pemborong.selain itu rencana anggaran biaya juga berisi mengenai spek material yang akan digunakan.

Jika anda membutuhkan paket jasa desain rumah minimalis bisa menghubungi kami

Melalui wa atau telp 0812 – 2941 -8751

jasa desain rumah minimalis

Berikan Rating ?