5 Rekomendasi Desain Rumah Type 36 Terbaik

By | Maret 29, 2021

Jasa desain rumah – Desain rumah type 36 merupakan salah satu desain yang cukup sering dicari informasinya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab rumah tipe 36 memang menjadi salah satu tipe rumah yang paling banyak yang membutuhkan. Ukuran bangunannya tidak terlalu besar hanya 36 meter persegi saja, namun menjadi favorit terutama bagi pasangan muda karena tidak terlalu membutuhkan biaya yang mahal.

Secara ukuran, memang rumah tipe 36 tergolong minimalis dan tidak terlalu besar. Namun anda tetap bisa memolesnya hingga menjadi apik dan terkesan lebih elegan. Sebelum melakukan pembangunan, pastikan anda merencanakannya dengan matang mulai dari pemilihan lokasi hingga detail-detail yang ada di dalam rumah.

Dari segi ukuran, rumah Type 36 bukanlah tergolong rumah yang besar. Namun rumah seperti ini tetap nyaman ditempati jika anda bisa mengeksekusinya dengan tepat. Buktinya, hingga saat ini masih banyak yang membangun ataupun membeli rumah dengan tipe seperti ini.

Rekomendasi Desain Rumah Type 36

Rumah tipe 36 bisa dibangun di luas tanah tertentu. Bisa diatasi tanah seluas 72 meter persegi, 60 meter persegi, atau 90 meter persegi. Selain itu, anda juga bisa membangun rumah tipe 36 dalam bentuk yang minimalis. Berikut ini beberapa alternatif desain rumah untuk tipe 36 :

Desain Rumah Type 36/72

desain rumah type 36

Maksud dari rumah Type ini adalah rumah yang berdiri di atas lahan seluas 72 m2. Rumah satu ini bisa anda bangun satu atau dua lantai yang tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk jumlah kamar, sebenernya cukup dengan dua atau tiga kamar saja. Namun jika anak anda cukup banyak, ada cara alternatif yang bisa anda lakukan.

Salah satunya adalah membangun rumah dua lantai. Satu kamar di bawah dua kamar di atas, atau dua kamar di bawah satu kamar di atas. Namun, anda perlu mengeluarkan sedikit lebih banyak biaya untuk membangun rumah dua lantai. Tapi tenang saja, karena hal tersebut bisa diatasi dengan membuat desain minimalis supaya harganya tidak terlalu tinggi.

Untuk desain yang pertama adalah rumah satu lantai dengan luas lahan kurang lebih 72 meter persegi. Di dalamnya, terdapat 3 kamar tidur yang bisa ditempati oleh tiga hingga empat orang. Desain rumah type 36/72 3 kamar ini terlihat sangat simple namun tetap terlihat menarik.

Di depan tembok depan rumah ada tanaman-tanaman yang tumbuh subur untuk menambah nilai estetika pada rumah. Bukan hanya itu saja, di samping rumah juga terdapat pohon rindang yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Anda bisa bersantai di sana dan melindungi diri dari panasnya sinar matahari.

Bila memungkinkan, sediakan juga carport atau garasi untuk memperkirakan kendaraan yang anda miliki. Tidak perlu berukuran sangat besar, yang cukup untuk tempat parkir kendaraan yang anda punya. Daripada harus parkir dipinggir jalan

Desain Rumah Type 36/60

Desain Rumah Type 36/60

Selain dapatkan dibangun di atas lahan seluas 72 meter persegi, rumah ukuran 36 M2 juga dapat dibangun di atas lahan seluas 60 meter persegi. Tentu saja dari segi biaya, rumah yang satu ini sedikit lebih murah daripada rumah yang sudah saya jelaskan pada poin pertama. Untuk desainnya, dapat anda lihat pada gambar di atas.

Rumah ini cocok bagi anda yang memiliki budget minimalis namun tetap ingin memiliki hunian yang indah. Sejatinya luas tak jadi masalah, asal anda memperhatikan betul detail-detail yang ada di dalam rumah maka rumah kelihatannya sangat sederhana bisa terlihat jauh lebih elegan. Untuk kamar, satu atau dua kamar saja sebenarnya sudah cukup.

Di dalam rumah, anda bisa menyediakan dua atau tiga kamar tidur bagi orang-orang yang tinggal di sana. Selain itu jangan lupa ruangan tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, hingga kamar mandi juga harus tersedia. Terkait ukuran, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau serahkan saja kepada pekerja anda.

Secara konsep, rumah kedua ini tak jauh berbeda dengan rumah pertama tadi. Sederhana namun dengan furniture-furniture yang menarik. Bukan hanya itu saja, di luar rumah pun anda bisa menemukan banyak hal-hal indah dan menambah nilai estetika pada bangunan rumah tersebut.

Ada taman bunga yang cantik, dua pepohonan besar yang rindang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bukan hanya bagian dalamnya saja yang diperbagus, tetapi juga bagian luarnya yang notabene pertama kali dilihat oleh orang lain.

Desain Rumah Type 36 1 Lantai

Desain Rumah Type 36 1 Lantai

Alternatif ketiga adalah rumah tipe 36 yang dibangun di atas lahan seluas 90 meter persegi. Dengan lahan yang cukup luas, tentu akan lebih memudahkan anda dalam membangun sebuah rumah. Sama seperti rumah tipe lainnya, rumah tipe 36/90 juga harus benar-benar memperhatikan detail interior maupun eksterior untuk menghasilkan hunian yang lebih elegan.

Dengan lahan yang luas pula, anda dapat menentukan ukuran dan tata letak beberapa fitur serta ornamen yang anda perlukan. Contohnya seperti teras, taman, pekarangan, dan halaman belakang, dan lain sebagainya. Karena lahannya yang lebih luas, maka secara otomatis biaya yang anda butuhkan juga semakin banyak.

Desain Rumah Type 36 Minimalis Modern

Dan yang terakhir, anda bisa membangun rumah berukuran 6×6 dengan desain yang minimalis. Ini akan memberikan kesan simple atau sederhana. Selain itu, pembangunan rumah minimalis sangat cocok anda bangun apabila tidak memiliki budget yang terlalu besar. Juga cocok ditinggali oleh pasangan suami istri yang masih memiliki sedikit anak. Contoh desain rumah minimalis Type 36 2020 bisa anda lihat pada gambar di atas.

Anda bisa membangun rumah satu ataupun dua lantai. Tentu saja harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda dan berapa banyak orang yang tinggal di sana. Jangan hanya karena gengsi, anda membangun rumah tipe 36 modern dan ternyata hasilnya tidak maksimal. Yang paling penting, rumah yang akan anda tempati, nyaman bagi siapa saja terutama anda dan juga keluarga yang akan menempatinya.

Konsep rumah minimalis merupakan konsep rumah yang sedang menjadi trend model rumah saat sekarang ini. Keunggulan konsep rumah minimalis antara lain ; memiliki tampilan yang simpel dan elegan, biaya pembangunan relatif lebih terjangkau, dan perawatan rumah yang relatif lebih mudah. Konsep rumah minimalis lebih mengedepankan fungsi, hal itu tercermin dalam penataan ruang dan penggunaan furnitur yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam fungsi. Misalnya untuk ruang tamu juga bisa berfungsi sebagai ruang keluarga. Sehingga pemilihan furnitur bisa  kita sesuaikan dengan fungsi ruangan tadi. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli meja dan kursi yang buakn terbuat dari kayu yang besar – besar. Namun dengan memilih meja kursi berbentuk sofa yang mudah untuk kita pindah – pindah.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

Jika Anda ingin desain rumah type 36 agar terlihat luas, terapkan saja konsep open space atau tanpa sekat sehingga pandangan Anda tak terhalang apapun. Bukan hanya menjadikan rumah tampak lapang, desain seperti ini juga sering menjadi pilihan karena menjadikan ruangan lebih terang dan hemat energi. Namun tentu saja, beberapa ruangan yang membutuhkan privasi seperti kamar tidur ataupun kamar mandi tetap memiliki sekat permanen.

Siasat lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat langit-langit yang lebih tinggi sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan lancar. Jangan lupa untuk memilih warna cat dinding yang netral dan cerah, seperti putih ataupun krem. Bukan hanya menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, warna-warna semacam ini terkesan bersih dan rapi.

Perhitungan Biaya Membuat Desain Rumah Type 36

Desain rumah type 36 merupakan golongan ukuran rumah yang paling menjadi pilihan berbagai kalangan. Meski begitu, jenis rumah satu ini juga membutuhkan estimasi biaya tertentu supaya sesuai dengan budget yang tersedia.

Pada dasarnya, konsep hunian satu ini terinspirasi dari gaya hidup zen asal Jepang yang mengusung kesederhanaan sekaligus kenyamanan sebuah tempat tinggal. Salah satu keunggulan desain rumah type 36 adalah harga yang terjangkau dengan bentuk tak lekang oleh zaman.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung besar biaya pembangunan desain rumah type 36 berkonsep minimalis.

  • Menghitung luas bangunan desain rumah type 36

Jika Anda hendak membangun rumah tipe 36/75, maka membutuhkan luas tanah sekitar 75 m2. Seandainya harga tanah per m2 sebesar Rp 2 juta, maka Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 2.000.000 x 75 m2 = Rp 150.000.000

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya bangunan menggunakan sistem m2. Jika harga per m2 berkisar Rp 3.500.000, maka total biaya yang Anda butuhkan adalah Rp 3.500.000 x 36 m2 = Rp 126.000.000.

Jadi, total biaya pembangunan desain rumah type 36 berkonsep minimalis sekaligus membeli tanah adalah Rp 150.000.000 + Rp 126.000.000 = Rp 276.000.000.

  • Biaya jasa tukang bangunan

Selain menghitung luas bangunan yang anda butuhkan, Anda juga wajib menghitung biaya jasa tukang untuk mewujudkan rumah idaman tersebut. Umumnya, rumah semacam ini membutuhkan tenaga dari para tukang yang terampil dan berpengalaman beserta asisten untuk membantu setiap pekerjannya.

Perlu Anda ketahui, durasi pekerjaan para tukang tersebut jelas memengaruhi total biaya pembangunan desain rumah type 36. Semakin lama durasinya, alhasil ongkos jasa tukang pun bakal jauh lebih besar.

  • Bahan material pendukung

Biaya produksi desain rumah type 36 yang harus menjadi perhatian selanjutnya adalah bahan baku alias material bangunan. Anda harus mampu menghitung biaya secara keseluruhan, mulai dari pondasi, dinding, rangka atap, lantai, dan lain sebagainya.

  • Biaya lain-lain

Jangan hanya berpatok pada kebutuhan utama pembangunan saja, Anda juga mesti menyediakan biaya lain-lain yang tak terduga. Pasalnya, biaya semacam ini sangat perlu untuk berbagai keperluan, seperti pembangunan taman, membeli perabot, dan lainnya. Biasanya, nominal biaya tak terduga ini sekitar 10% dari biaya pembangunan keseluruhan.

Tips Menata Desain Rumah Type 36 Agar Tidak Sempit Dan Sesak

Tak sedikit orang yang merasa, bahwa rumah type 36 bakal membatasi seluruh aktivitas para penghuni di dalamnya. Padahal, anggapan tersebut bisa saja salah karena desain yang tepat mampu menghasilkan hunian yang fungsional dan tetap terlihat lapang.

Berikut ini ada beberapa tips bermanfaat untuk Anda yang ingin menata desain rumah type 36 agar tidak terasa sempit ataupun sesak.

  1. Buat ruang sesuai kebutuhan

Poin paling penting yang wajib Anda lakukan ketika ingin mendesain rumah mungil type 36 adalah menentukan jumlah ruangan sesuai kebutuhan. Biasanya, rumah seperti ini memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang terkadang berfungsi secara bersamaan. Kemudian, ada juga kamar tidur yang biasanya berjumlah sekitar 2 ruangan. Tak ketinggalan pula kamar mandi sekaligus dapur di bagian belakang.

Namun ternyata, Anda tetap bisa merenovasi rumah supaya sesuai dengan kebutuhan keluarga. Salah satunya mengurangi luas teras untuk menyediakan satu kamar tidur tambahan atau gudang yang berfungsi menyimpan barang-barang bekas.

  1. Perhatikan tinggi langit-langit

Tidak bisa kita pungkiri bahwa desain rumah type 36 pasti identik dengan kesan sempit dan sumpek. Jika Anda ingin menghadirkan kesan ruangan yang lebih luas, tambahkan saja ketinggian pada area langit-langit minimal tiga meter. Namun ada baiknya jika Anda tidak melakukan trik ini pada ruangan yang berukuran terlalu sempit karena justru menciptakan kesan kurang proporsional.

  1. Manfaatkan konsep mezzanine

Konsep mezzanine juga bisa jadi solusi terbaik pada desain rumah type 36. Jika Anda ingin menerapkan konsep tersebut, pastikan langit-langit memiliki ketinggian minimal 5 meter. Ketika ketinggian langit-langit rumah Anda tepat, maka lantai mezzanine yang tercipta bakal terasa nyaman. Biasanya, lantai mezzanine seperti ini befungsi sebagai ruang keluarga ataupun kamar tidur.

  1. Perhatikan jumlah sekat pada setiap ruangan

Salah satu cara paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kesan sempit pada desain rumah type 36 adalah pengurangan jumlah sekat di setiap ruang. Apalagi, konsep ruangan terbuka seperti ini memang sedang tren dalam dunia arsitektur modern. Sebab, rumah berkonsep open space jauh lebih menarik dan cocok untuk rumah yang dibangun di atas lahan terbatas.

  1. Hadirkan konsep pencahayaan alami

Desain rumah type 36 bakal terlihat suram jika sistem pencahayaan di dalamnya kurang mmadai. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk menggunakan sistem pencahayaan alami yang maksimal dengan cara melengkapi jendela besar, glass block, roster, dan skylight pada rumah tersebut.

Ketahuilah, sistem pencahayaan alami seperti ini bukan sekadar menjadikan tampilan rumah jauh lebih sehat tapi juga menghemat energi secara optimal.

Pilih warna cat cerah pada bagian interior dan eksterior

Sebenarnya, warna-warna gelap sangat tidak cocok untuk desain rumah type 36. Oleh sebab itu, pilih warna-warna cerah untuk bagian interior dan eksterior supaya terkesan lebih bersih sekaligus luas. Bukan hanya putih, warna cerah tersebut adalah warna-warna pastel yang lembut sehingga tampilan rumah terlihat nyaman.

  1. Gunakan model pagar yang proporsional

Jangan pernah menggunakan pagar rumah yang terlalu tinggi agar desain rumah type 36 milik Anda tidak terkesan sempit. Ada baiknya jika Anda memilih pagar model minimalis berukuran sedang agar eksterior rumah tersebut tampak proporsional dan menawan.

Demikian tadi beberapa informasi seputar desain rumah type 36 yang mungkin sedang Anda butuhkan saat ini. Perlu Anda ketahui, meski rumah semacam ini identik dengan ukuran serba mungil, Anda tetap bisa mewujudkannya sesuai keinginan dan kebutuhan jika dibuat secara seksama. Apabila Anda kesulitan, hubungi saja Desain Rumah Kita yang siap membantu Anda mewujudkan hunian idaman bagi seluruh keluarga tercinta.

Jadi jangan sampai salah perencanaan. Ketiga contoh desain rumah type 36 di atas insya Allah cukup membuat anda mendapatkan referensi terbaik untuk membangun hunian yang layak untuk keluarga tercinta. Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Jika anda membutuhkan layanan jasa desain rumah type 36, anda bisa menghubungi kami di wa 081229418751

untuk melihat gambar desain rumah lainnya, anda bisa klik gambar berikut ini