Desain Rumah Tropis

By | April 5, 2021

Jasa Desain Rumah – Tak seperti negara yang terletak di bagian utara ataupun selatan garis khatulistiwa beriklim empat musim, Indonesia hanya memiliki dua musim utama di antaranya, kemarau dan penghujan. Desain Rumah tropis merupakan pilihan yang cukup rasional.

Jadi jangan heran, jika ada banyak rumah tradisional yang ternyata memang cocok digunakan di iklim tropis Indonesia. Adapun beberapa karakter khas dari iklim tropis ini, seperti suhu hangat hampir di sepanjang tahun, curah hujan dan kelembapan yang tinggi.

Sampai saat ini, desain rumah tropis ternyata masih cukup populer di kalangan masyarakat dan memang layak untuk diaplikasikan di negeri kita tercinta. Namun sayangnya, ada beberapa kesalahan pendapat yang menyebutkan, bahwa desain rumah tropis sama saja seperti halnya desain rumah minimalis modern.

Supaya Anda bisa lebih jelas untuk memahami seperti apa desain rumah tropis yang sebenarnya, coba perhatikan beberapa gambar yang dibuat oleh Desain Rumah Kita di bawah ini.

  1. Desain rumah tropis 1 lantai

 

desain rumah tropis

Apabila Anda memiliki lahan yang tidak terlalu besar, tapi ingin tetap terlihat minimalis dan modern, maka pilih saja desain rumah tropis seperti gambar di atas. Secara umum, desain satu ini banyak Anda temukan di kompleks perumahan wilayah perkotaan.

Dengan memilih aksen warna yang tepat dan jenis tanaman hias yang cocok, desain rumah tropis idaman Anda bisa tampak menawan. Apalagi jika Anda menambahkan banyak bukaan seperti jendela berbentuk kotak yang memang selalu ada dalam konsep rumah bergaya tropis.

  1. Desain rumah tropis minimalis

Desain rumah tropis minimalis

Dari gambar di atas bisa kita lihat, desain rumah tropis satu ini mengedepankan konsep sederhana yang jadi fokus utamanya. Meski memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, rumah tersebut tetap tampak apik jika dilihat dari bagian fasad. Penggunaan dekorasi berupa garis geometris tepat di depan pintu menjadikan rumah menarik secara visual.

Supaya terkesan asri dan menguatkan unsur tropis, Anda bisa menambahkan sebuah taman mungil dengan aneka bunga yang berwarna-warni. Dijamin, tampilan rumah Anda mampu menarik perhatian siapa saja yang melintas.

  1. Desain rumah tropis minimalis 2 lantai

Desain rumah tropis minimalis 2 lantai

Desain rumah tropis minimalis 2 lantai yang bisa Anda lihat pada gambar di atas memang sekilas tampak mengusung desain klasik nan mewah. Hal ini disebabkan penggunaan ornamen dan penentuan tinggi bangunan tersebut. Selain itu, pewarnaan detail bangunan yang tepat dan sentuhan tanaman hias di sekitarnya juga bakal memberi nuansa tropis yang menenangkan.

  1. Desain rumah tropis modern

Desain rumah tropis modern di atas bisa menginspirasi Anda yang memiliki lahan terbatas. Melalui konsep sederhana, arsitektur bangunan rumah tropis bergaya modern tersebut bisa tetap terlihat menarik. Anda juga bisa memilih pewarnaan undertone abu-abu ataupun cokelat yang sangat cocok dipadukan dengan tanaman jenis apapun untuk memberikan kesan tropis yang kental.

  1. Desain rumah tropis sederhana

Bila dilihat sekilas, inspirasi desain rumah tropis sederhana satu ini berasal dari gaya hunian di negara empat musim. Tangga bermaterial kayu pada bagian fasad jelas memberi sentuhan tropis nan konvensional tapi terlihat kekinian dan bahkan tak lekang oleh waktu.

Pemilihan warna cat bangunan sebagian besar adalah warna-warna netral yang jelas cocok disandingkan dengan material kayu yang menjadikan rumah terlihat cerah sekaligus nyaman.

Trik desain rumah tropis untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia mengharuskan Anda untuk menerapkan beberapa trik desain tertentu supaya tercipta hunian yang nyaman dan sehat bagi seluruh penghuni di dalamnya.

Pada dasarnya, konsep desain rumah tropis diterapkan sebagai bagian adaptasi lingkungan yang memiliki curah hujan, paparan sinar matahari, dan kelembapan yang terbilang tinggi. Bukan itu saja, konsep hunian satu ini juga mampu menjawab berbagai permasalahan yang kerap muncul ketika hendak membangun rumah di wilayah permukiman padat penduduk. Baik itu soal keterbatasan lahan hingga kebutuhan akan ruang terbuka. Menariknya, rekayasa bangunan tropis bukan menganggap kondisi alam di sekitarnya sebagai masalah yang pelik, tetapi justru potensi yang menyimpan banyak keuntungan.

Intinya, desain rumah tropis terbukti mampu merespon kondisi alam lebih baik sehingga berdampak positif bagi penghuni di dalamnya. Lalu, trik apa saja yang bisa Anda lakukan supaya potensi alam melalui konsep rumah tropis ini terasa optimal?

  • Membuat plafon yang lebih tinggi untuk mengurangi udara panas

Besarnya volume sinar matahari yang terpancar ke dalam rumah tentu membuat ruangan jadi terasa lebih panas. Trik terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah meninggikan plafon sehingga volume ruangan bisa lebih besar dan memungkinkan udara untuk bergerak bebas.

Diketahui, udara panas dengan massa lebih ringan bakal berkumpul di bagian atas plafon ruangan. Hal ini menyebabkan bagian bawah ruangan tersebut jadi tempat mengalirkan udara dingin yang memiliki massa lebih berat. Umumnya, plafon desain rumah tropis bisa memiliki ketinggian hingga 3 meter.

  • Menempatkan rongga sebagai bagian desain rumah tropis

Rongga atau ruang terbuka jadi bagian tak terpisahkan dari desain rumah tropis karena bertindak sebagai jalur sirkulasi udara. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menghadirkan ruang terbuka semacam ini dengan cara membangun taman di dalam rumah, void ataupun innercourt. Bukan hanya menambah rasa sejuk di dalam rumah, elemen-elemen tersebut juga bisa jadi unsur yang membuat rumah tampak semakin cantik.

  • Menyediakan bukaan lebar untuk sistem pencahayaan dalam ruangan

Setiap desain rumah tropis mengusung konsep pasokan cahaya alami yang nantinya bermanfaat untuk penerangan. Tentu saja, sistem pencahayaan semacam ini bisa membantu Anda untuk lebih menghemat energi atau pemakaian listrik.

Bukan hanya menyediakan cahaya alami, jendela dan pintu yang ada di dalam rumah tropis juga bisa jadi pendukung suplai oksigen dalam ruangan. Nah, udara segar yang terdapat dalam ruangan ini juga bisa mengontrol kelembapan supaya tidak terlalu tinggi.

  • Menggunakan sistem ventilasi silang

Perlu Anda ketahui, lubang udara atau ventilasi di dalam ruangan yang terletak pada satu bidang tertentu bakal menghasilkan angin mati. Kendati demikian, ventilasi bukan hanya perlu berada di dua bidang berhadapan saja, para arsitek biasanya menerapkan tinggi ventilasi silang yang bervariasi pada desain rumah tropis. Melalui metode satu ini orientasi angin bisa mengarah secara sempurna.

  • Lengkapi desain rumah tropis dengan material alami

Supaya semakin terkesan natural, desain rumah tropis biasanya menggunakan berbagai material alami. Baik itu berupa bambu, kayu, dan logam. Material ini bukan hanya menjadi elemen bangunan saja, tapi juga perabot dan dekorasi di dalamnya.

Anda juga bisa menerapkan perpaduan material tersebut di dalam satu ruang yang sama tetapi harus tetap mengikuti aturan desain rumah bergaya tropis. Para ahli berpendapat, penggunaan material alami seperti ini bisa menciptakan sebuah ikatan yang kuat antara penghuni, bangunan, dan alam di sekitarnya.

  • Elemen pelindung untuk mempercantik fasad bangunan

Tak sekadar melindungi bangunan rumah tropis yang Anda miliki, elemen pelindung seperti kanopi, roster, ataupun kisi kayu pada bagian eksterior bisa memberikan permainan tekstur cukup menarik di bagian fasad.

Anda juga boleh bereksplorasi dengan penggunaan bahan material lain, seperti pot besi yang berfungsi sebagai tabir desain rumah tropis tersebut. Selain menambah nilai estetika, instalasi pelindung semacam ini jelas memengaruhi sistem udara di rumah Anda.

Cara membuat dekorasi untuk desain rumah tropis

Memang tak bisa dipungkiri jika desain rumah tropis sempat jadi tren di banyak kalangan. Bahkan, Anda bisa melihat banyak pemilik rumah seperti ini yang sengaja berkreasi dalam hal dekorasi supaya tampilannya tetap estetik.

Salah satu inspirasi dekorasi terbaik untuk Anda yang memiliki desain rumah tropis adalah membuat dekorasi bertemakan hutan pada bagian dinding. Tentu saja, ide satu ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di tengah ingar-bingar perkotaan.

Namun perlu Anda ketahui, menjadikan rumah tampak seperti oasis di tengah hutan tropis tak sekadar menambahkan beberapa jenis tanaman di dalam rumah. Anda juga harus memilih warna beserta aksen yang tepat supaya tetap terlihat serasi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mendekor rumah bergaya tropis yang kekinian.

  1. Berkreasi tanpa batas

Apabila Anda pernah mengunjungi taman yang mengusung konsep tropis, jelas tidak ada cara bagaimana membatasi warna dengan dedaunan di sekitarnya. Apabila Anda ingin menerapkan konsep yang sama, sebaiknya tumpuk warna demi warna sekaligus tekstur demi tekstur.

Selain itu, pilih meja konsol yang terbuat dari rotan, ubin tebal, dan dinding berwarna abu-abu dengan garis putih serta dedaunan lain supaya teras semakin bernuansa tropis. Jika Anda ingin menambahkan nuansa yang lebih ceria, hadirkan saja obyek berupa burung flamingo di antaranya.

  1. Dekorasi dengan aksen serba minimalis

Tentu tidak semua dari Anda bisa menikmati tampilan yang terlalu maksimal. Nuansa hutan masih bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan warna cerah dan pola bunga rampai. Salah satunya dengan memilih aksen secara tepat, seperti tanaman tunggal yang berdaun lebat.

  1. Penerangan yang memadai

Siapa sangka, ada cara mudah mengubah ruangan yang cerah menjadi tampak layaknya surga tropis. Seperti yang kita ketahui, hampir semua tanaman membutuhkan cahaya matahari. Namun jika ruangan yang hendak Anda ubah tidak memiliki bukaan seperti jendela, maka tempatkan saja sebuah cermin bundar berukuran besar supaya cahaya kembali terpantul dan ruangan terlihat lebih cerah.

  1. Menggunakan dekorasi warna biru

Sebaiknya, pilih satu warna yang paling menggambarkan kesan ruangan tropis yaitu biru. Apalagi, kita bisa memasangkan warna biru dengan beberapa jenis tanaman, warna interior netral, kayu gelap sehingga tampilannya seperti pesisir hutan nan sejuk.

  1. Memastikan aksen arsitektur yang sesuai konsep

Salah satu konsep terbaik dari desain rumah tropis adalah pemahaman soal kayu gelap yang bisa sinergi dengan ruangan terang di sekitarnya. Untuk mendapatkan kesan tersebut, Anda gunakan saja beberapa aksen arsitektur pendukungnya, seperti misalnya kursi rotan.

  1. Tambahkan dekorasi wallpaper dan pajangan hewan

Wallpaper dinding bertemakan dedaunan bisa jadi kunci terbaik jika Anda ingin hunian yang sejuk seperti di tengah hutan. Apalagi, elemen dekorasi semacam ini sangat mudah penerapannya. Selain gambar botani yang besar, Anda juga bisa menempatkan beberapa karya seni berkualitas tinggi untuk melengkapi dekorasi di dalam rumah tropis tersebut seperti pajangan hewan. Letakkan saja di bagian dinding yang tertutup dedaunan untuk menambah kesan artistik.

  1. Pilih tanaman tunggal berukuran besar

Meski memiliki budget yang terbatas, Anda tetap bisa mendekorasi desain rumah konsep ini tersebut dengan cantik. Caranya, gunakan saja tanaman tunggal berukuran besar seperti, pakis atau pohon pisang mini. Apalagi jika Anda memiliki ruangan yang memiliki bukaan jendela super besar.

Tips merancang desain rumah tropis di Indonesia

Hunian tapak di Indonesia memang sangat unik karena hanya sebagian yang menerapkan konsep tropis padahal memiliki dua musim. Padahal, ketika zaman Belanda menjajah Indonesia, arsitek asal negeri kincir angin tersebut kerap mendesain bangunan yang benar-benar sesuai untuk alam Indonesia.

Hal ini bisa Anda lihat melalui beberapa bangunan peninggalan Belanda yang memiliki karakter langit-langit tinggi, berukuran besar, dan memilki jendela melimpah. Namun anehnya, kebanyakan desain hunian di Indonesia saat ini justru tidak memiliki konsep tropis untuk menyiasati iklim yang terjadi di sepanjang tahun.

Nah, jika Anda mulai menyadari hal tersebut dan ingin memiliki desain rumah konsep ini, coba perhatikan dulu tips di bawah ini.

  • Pastikan luas volume atap

Salah satu ciri desain rumah type ini yang tepat adalah volume atap yang terbilang luas. Jika kita lihat tren hunian saa ini, sebagian besar sudah memiliki atap yang berbentuk rata sehingga ketinggian dari lantai dasar optimal.

  • Penerapan konsep serba terbuka

Anda tak perlu khawatir jika arsitek menawarkan layout yang menyajikan konsep rumah tropis serba terbuka atau open space. Ketahuilah, konsep satu ini telah menjadi esensi paling penting dalam sebuah hunian tropis. Adapun tujuan dari metode open space ini untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruang sehingga kelembapannya tetap terjaga di kondisi apapun.

  • Menghadirkan ventilasi alami dan kantung udara

Udara merupakan faktor paling penting yang wajib jadi perhatian semua arsitek ketika merancang desain rumah model ini. Salah satunya mengatur susunan ruang dan void yang mampu mengalirkan udara, baik di dalam ataupun di luar rumah.

Jika Anda memiliki kelebihan lahan, manfaatkan saja sebagai ventilasi alami ataupun kantung udara yang bakal berhembus ke seluruh penjuru rumah. Dengan demikian, seluruh penghuni rumah tersebut bisa merasakan kesegaran sepanjang hari dan lebih menghemat energi.

  • Melengkapi desain rumah tropis dengan unsur air

Trend arsitektur masa kini sedang mengacu pada segala hal yang tak jauh dari kesan tropis. Hal ini kita lihat dengan adanya permainan warna-warna cerita sampai pembuatan plunge pool di dalam rumah. Apabila Anda memiliki lahan yang terbatas, maka unsur air seperti ini bisa terwujud melalui pembuatan kolam kecil. Di dalam rumah tetapi tertutup lantai kaca yang memiliki lighting dramatis.

  • Menata taman dengan tanaman jenis tertentu

Secara garis besar, nuansa tropis pada sebuah rumah bisa lebih jelas terasa melalui penataan taman sekaligus tanaman di dalamnya. Jika lahan Anda terbatas, hiasi saja desain rumah ini tersebut dengan konsep taman vertikal maupun gantung. Bukan itu saja, tempatkan jenis tanaman tertentu yang kekinian, seperti anturium, monstera, ataupun succulent sehingga nuansa tropis terasa kental di setiap sudut ruangan.

Demikian tadi beberapa informasi seputar desain rumah tropis yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Untuk konsultasi layanan jasa desain rumah tropis bisa menghubungi wa 081229418751

Untuk melihat contoh desain rumah yang silahkan klik Galery Karya