Desain Rumah Tropis Minimalis Berbagai Type Dan Tips Mewujudkannya Dengan Budget Terbatas

By | April 17, 2021

Belakangan ini, desain rumah tropis minimalis jauh lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab desainnya terbilang sangat simple, tanpa ada banyak hiasan-hiasan yang membuat rumah terlalu ramai dan cenderung menjadi terlalu mencolok. Tak heran, bila kebanyakan anak muda yang ingin memiliki rumah sendiri, lebih memilih desain rumah yang tropis minimalis dibandingkan desain lainnya.

Beragam Tipe Desain Rumah Tropis Minimalis

Desain rumah tropis minimalis memiliki banyak tipe, mulai dari tipe 36, 60,54, dan 70. Dan tiap ragamnya, memiliki ukuran lahan yang berbeda serta bisa didesain berbeda – beda pula. Oleh karena itu, kali ini kita akan memberi beberapa referensi dalam membuat desain rumah tropis minimalis dalam berbagai tipe dan bentuk sesuai kebutuhan Anda.

  1. Desain Rumah Tropis Minimalis Type 36

Desain Rumah Tropis Minimalis

Desain rumah yang pertama adalah rumah tropis minimalis type 36. Bisa dibilang, ukuran rumah satu ini adalah yang paling kecil dibandingkan yang lainnya. Sehingga Anda harus cermat dalam membuat ruangan yang ada di dalam rumah.

Pertama, Anda bisa membangun 2 kamar dengan 1 kamar mandi yang terpisah dengan kamar tidur, dapur, dan ruang makan sekaligus ruang keluarga. Bila dirasa terlalu sempit atau Anda memiliki 2 buah hati, Anda bisa membangun satu kamar lagi dengan membuat rumah menjadi 2 lantai.

Di dalam rumah, Anda bisa mengisi ruang keluarga dengan 1 meja makan beserta kursi sesuai jumlah penghuni rumah, TV sebagai hiburan, serta radio atau elektronik lain. Dan untuk di kamar tidur, Anda bisa mengisinya dengan kasur, lemari, serta meja kecil untuk tempat menyimpan barang sementara di dalam kamar.

  1. Desain Rumah Tropis Minimalis Type 60

Desain Rumah Tropis Minimalis Type 60

Berikutnya ada desain rumah dengan ukuran yang lebih besar, yaitu rumah tropis minimalis type 60. Rumah dengan ukuran seperti ini sangat cocok untuk Anda yang sudah lama berkeluarga dan memiliki buah hati yang beranjak dewasa.

Sebab rumah tropis minimalis type 60 memiliki ukuran yang cukup luas dibandingkan rumah pada umumnya. Sehingga, rumah ini cukup untuk diisi 2 hingga 3 kamar dalam satu lantai dan tetap memiliki ruang makan, ruang keluarga, serta dapur yang saling terpisah.

Anda juga bisa memiliki halaman depan rumah serta car port yang cukup luas. Sehingga, Anda bisa mendesain halaman rumah dengan lebih leluasa dengan apa yang menjadi keinginan. Contohnya seperti menanamkan rumput di halaman agar rumah terlihat lebih hijau dan asri.

  1. Desain Rumah Tropis Minimalis Type 54

Desain Rumah Tropis Minimalis Type 54

Desain rumah yang berikutnya memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari type 60, namun Anda tetap bisa memiliki rumah dengan 3 kamar dalam 1 lantai. Hanya saja Anda harus mengorbankan beberapa ruangan baik ruang keluarga, ruang makan, atau dapur yang menjadi lebih kecil.

Bila Anda ingin memiliki 3 kamar, ukuran tiap kamar juga tidak bisa begitu luas. Kira-kira tiap kamar bisa memiliki ukuran ruang 3×2 dengan kamar mandi di dalamnya. Dan sisa lahannya, bisa Anda gunakan untuk membangun ruang keluarga, dapur dan ruang makan yang menyatu.

Di halaman depan, Anda bisa membuat teras kecil di samping car port. Teras ini berfungsi hanya sebagai hiasan kecil saja. Sehingga Anda tidak perlu menempatkan meja dan kursi untuk duduk di teras rumah.

  1. Desain Rumah Tropis Minimalis Type 70

Dan desain rumah yang terakhir adalah rumah tropis minimalis type 70. Desain rumah yang satu ini adalah yang paling luas dibandingkan type rumah tropis minimalis sebelumnya. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang masih ingin tinggal bersama orang tua meskipun sudah menikah.

Sebab dengan rumah tropis minimalis type 70, Anda bisa memiliki 4 kamar atau 5 kamar bila Anda membuat rumah dengan 2 lantai. Kamar ini bisa terbagi untuk Anda dan pasangan, buah hati Anda, serta orang tua bila atau tamu yang ingin menginap di rumah.

Atau, Anda bisa memanfaatkan kamar yang kosong untuk tempat berolahraga, bermain, atau bersantai sendirian selain di ruang keluarga. Bila Anda orang yang bekerja di rumah alias freelance, Anda juga bisa memanfaatkan satu ruangan khusus untuk tempat Anda bekerja agar tidak terganggu.

Trik Mewujudkan Desain Rumah Tropis Minimalis Dengan Budget Terbatas

Dalam dunia arsitektur, desain rumah tropis ini terkenal dengan bentuk geometris tanpa mengandalkan banyak dekorasi. Selain itu, rumah semacam ini juga memanfaatkan material bangunan yang lebih sederhana tapi tetap fungsional.

Perlu Anda ketahui, membangun sebuah hunian bukan sekadar memikirkan soal ukuran ataupun tampilan, tapi juga kenyamanannya.  Berikut ini beberapa tips penting untuk menjadikan desain rumah tropis ini Anda tampak semakin elegan dan nyaman dengan budget terbatas.

  • Meminimalkan Penggunaan Sekat Di Tiap Ruang

Anda harus ingat, jangan pernah membuat pembatas ruang secara berlebihan saat mendesain hunian berkonsep tropis minimalis. Pasalnya, penggunaan sekat semacam ini justru menjadikan rumah terasa lebih sempit dan sesak. Sebaiknya, manfaatkan saja perabotan yang ada sebagai pembatas ruangan, seperti lemari atau rak multifungsi.

  • Memanfaatkan Cermin Sebagai Dekorasi Ruang

Cermin memiliki sifat memantulkan bayangan sehingga terciptalah sebuah ilusi yang bisa membuat rumah terlihat lebih besar dari aslinya. Dengan demikian, tak ada salahnya jika Anda menggunakan cermin berukuran super besar untuk dekorasi penghias ruang.

Bukan hanya dinding, Anda juga bisa memanfaatkan lemari dengan pintu yang memiliki cermin supaya menghasilkan efek serupa.

  • Menambahkan Unsur Natural

Pemilihan beberapa furnitur dengan motif atau material yang terbuat dari kayu dan batu alam bisa menambah kesan hangat di dalam rumah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa pot tanaman hias untuk ditempel di dinding agar ruangan terlihat kian cantik dan terkesan alami.

Anda kami sarankan untuk memilih tanaman yang mampu beradaptasi dengan kondisi di dalam ruangan. Pilih juga tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus, seperti misalnya kaktus ataupun lidah buaya.

Beberapa tanaman ini umumnya tahan tidak terkena sinar matahari secara langsung selama satu hingga tiga minggu sehingga Anda hanya perlu mengeluarkannya sesekali saja. Alangkah lebih baik lagi jika tanaman tersebut memiliki kemampuan membersihkan udara.

  • Memastikan Sirkulasi Dan Penerangan Di Dalam Ruang Memadai

Tak jarang, desain rumah tropis ini berdiri di atas lahan sempit yang terhimpit bangunan lain. Jadi sebaiknya Anda memastikan sirkulasi dan juga penerangan di dalamnya memadai agar rumah tidak pengap dan lembap.

Lebih baik lagi jika rumah tersebut menghadap ke arah timur alias arah terbit matahari agar sinarnya mampu mengurangi kelembapan di dalam ruangan. Jika tidak memungkinkan, manfaatkan saja jendela yang lebar pada salah satu dindingnya.

Alternatif lainnya Anda bisa memaksimalkan penggunaan ventilasi untuk mengurangi penggunaan AC atau pendingin ruangan. Dengan penerangan yang cukup dan sirkulasi memadai bakal membuat suatu ruangan terasa lebih lega dan jauh dari kesan suram.

Demikian beberapa desain rumah tropis ini dari berbagai macam tipe beserta tips mewujudkannya dengan budget terbatas yang bisa menjadi referensi terkini. Tentu saja, desain tersebut masih bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan masing-masing.

Konsultasi layanan jasa desain rumah tropis minimalis bisa WA 081229418751

Portofolio desain rumah bisa kunjungi halaman GALERY KARYA