Desain Rumah Modern Cocok untuk Para Milinieal

By | Desember 7, 2019

Menampilkan Desain Rumah Modern 2021

Artikel ini membahas seputar jasa desain rumah modern. Rumah yang selalu jadi impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang baru saja menikah dan membangun bahtera rumah tangga. Jika anda menganggap bahwa, membangun rumah modern dapat menghabiskan biaya yang besar maka hal tersebut merupakan anggapan yang kurang tepat.

Anda bisa merencanakan membangun sebuah rumah modern tanpa harus menggelontorkan dana yang besar. Bagaimana caranya? Rumah modern minimalis/sederhana bisa menjadi solusinya. Meskipun terlihat sederhana, namun tidak sedikitpun menghilangkan kesan yang nyaman.

Desain Rumah Modern Terbaik Cocok untuk Para Milinieal

Bagi anda kaum milinieal yang berencana akan membangun rumah baru, berikut ini saya berikan beberapa referensi model tempat tinggal modern namun nampak sederhana. Tidak lupa, saya sertakan juga gambar pendukungnya.

1. Desain Rumah Modern 2 Lantai

desain rumah modern

Rumah dengan tipe dua lantai sangat cocok untuk suami istri yang telah memiliki anak. Bila rumah satu lantai dirasa kurang luas, maka maka rumah dua lantai bisa menjadi alternatif yang tepat. Anda bisa membuat kamar lebih banyak jika memang mempunyai anak lebih dari 1. Gambar di atas merupakan salah satu contoh desainnya.

Lantai bawah bisa terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, beberapa kamar tidur, dan juga ruang makan. Sementara itu di lantai 2, bisa terdiri dari kamar tidur dan juga kamar mandi. Atau kamar mandi juga bisa berada di lantai satu. Silakan berkreasi sendiri sesuai dengan keinginan anda.

2. Desain Rumah Modern 1 Lantai

Rumah satu lantai mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun dengan akan terlihat indah dan menarik jika desainnya seperti pada gambar di atas. Rumah modern dengan tipe satu ini cocok untuk ditinggali keluarga kecil yang menginginkan hunian yang sederhana. Anda bisa memilih berbagi type rumah untuk yang berjumlah satu lantai.

Ada banyak pilihan type rumah satu lantai yang bisa Anda pilih seperti desain rumah type 36, type 45, Type 54, Type 60. Pilihan type rumah tersebut biasanya banyak mejadi type rumah di perumahan. Tentu saja pilihan type rumah harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai ruangan yang ada di rumah tidak memadai untuk menampung jumlah anggota keluarga yang ada.

3. Desain Rumah Modern Minimalis

Desain rumah modern minimalis seperti pada gambar di atas dapat anda bangun tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, biaya perawatannya pun juga bisa hemat seminimal mungkin. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat interior setiap ruang akan mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Suasana yang nyaman pun juga akan anda dapatkan.

Dengan konsep desain rumah minimalis, maka jumlah material yang digunakan untuk membangun rumah tentunya lebih sedikit. Sehingga biaya untuk membangun rumah bisa lebih murah. Salah satu trik yang bisa digunakan model desain rumah minimalis agar terlihat modern adalah dengan memberikn aksen atau hiasan dekoratif yang cukup mencolok. Hal itu bisa terlaksana dengan membuat jendela dengan tampilan yang lebar yang memberi kesan elegan dan bersih. Selain itu penambahan batualam pada fasad juga bisa menjadi alternatif.

4. Desain Rumah Modern Sederhana

Berencana membangun rumah modern namun sederhana, contoh desainnya bisa anda lihat pada gambar di atas. Desain arsitekturnya tidak membutuhkan banyak tempat dan bisa terbangun pada area yang terbatas. Bahkan rumah bergaya seperti ini telah hadir sejak abad ke 19 dan terus lestari hingga saat ini. Anda pun sangat mudah menemukan contohnya.

Meskipun mengangkat tema desain rumah sederhana, namun tetap harus memenuhi unsur kenyamanan dan keamanan bagi penghuni rumah. Menampilkan konsep sederhana untuk rumah bisa pada tampilan fasad rumah yang tidak memiliki banyak ornamen dekoratif. Biasanya hanya mengandalkan variasi warna cat pada fasad saja. Selain itu interior rumah sederhana juga tidak memiliki furnitur yang memilki dimensi besar. Furnitur atau perabot yang terpakai adalah perabot yang cukup fungsional.

5. Desain Rumah Modern Klasik

Desain arsitektur rumah klasik sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang baru. Bahkan desain rumah klasik telah ada sejak zaman Yunani Kuno, tepatnya pada pediode Helenistik dan kekaisaran Romawi. Ketika itu,  Marcus Vitruvius menjadi arsitek Populer dari Romawi yang menggunakan prinsip matematika dalam membangun sebuah kuil.

Seiring dengan berjalannya waktu, tempat tinggal dengan desain klasik terus mengalami perubahan sehingga lebih terlihat modern seperti pada foto di atas. Rumah klasik masa kini terlihat jauh lebih menarik dan tentu saja jauh lebih nyaman untuk ditinggali anda bersama dengan keluarga.

6. Desain Rumah Modern Tropis

Indonesia adalah wilayah yang memiliki iklim tropis. Maka dari itu untuk tempat tinggalnya membutuhkan desain yang cocok dibangun di wilayah dengan iklim yang sesuai. Sebagai contoh, wilayah Indonesia yang merupakan negara yang selalu tersinari sinar matahari maka haruslah memiliki ventilasi udara yang cukup banyak.

Tak cukup itu saja, Atap bangunan dengan teritis lebar juga bisa jadi solusi untuk melindungi tempias ketika hujan. Rumah modern tropis memberikan kesan yang rileks dan mampu menghadirkan suasana yang jauh lebih modern. Beberapa bangunan di Indonesia sudah menerapkannya salah satunya yaitu rumah-rumah yang berada pada kawasan Pantai Indah Kapuk. Gambar di atas merupakan salah satu contoh rumah yang berada di kawasan tropis dengan desain yang modern.

7. Desain Rumah Modern Mewah

Desain Rumah Modern Mewah

Desain rumah mewah akan memberikan prestise bagi pemilik rumah. Perpaduan antara desain eksterior yang mewah dengan konsep interior yang sesuai kebutuhan dan fungsi akan membuat rumah semakin nyaman untuk ditempati. selain itu adanya ruang terbukan di bagian depan dan belakang rumah juga akan membuat sirkulasi menjadi lebih baik. Baik untuk sirkulasi udara maupun sirkulasi cahaya.

Faktor lain yang juga harus menjadi perhatian adalah kemudahan pemeliharaan rumah. Jika ada kerusakan akan mudah melakukan perbaikan secara cepat dan juga jika mau membersihkan tidak akan begitu merepotkan. Karena semuanya sudah di desain secara baik dan berkualitas. Penggunaan material bangunan yang sesuai standar juga akan membuat rumah menjadi lebih kuat dan kokoh.

8. Desain Rumah Modern Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Modern Minimalis 1 Lantai

Pada model desain rumah yang memiliki kamar banyak hal penting yang harus menjadi perhatian adalah jumlah servis area yang cukup dengan jumlah anggota keluarga. Salah satu servis area yang harus menjadi perhatian seperti jumlah kamar mandi. Untuk rumah dengan jumlah kamar 3, minimal membutuhkan 2 buah kamar mandi.

Faktor penting lain yang perlu menjadi perhatian adalah faktor keamanan. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, maka membutuhkan lebih banyak perabot rumah tangga. Penataan furnitur dan perabot rumah tangga harus tertata dengan baik. Agar sirkulasi di dalam rumah menjadi baik sehingga aman dan nyaman bagi penghuni rumah.

9. Desain Rumah Modern Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Modern Minimalis 2 Lantai

Dan yang terakhir adalah desain rumah modern minimalis 2 lantai yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Berdasarkan tampilan tersebut, Anda bisa melihat bahwa hunian dibuat dengan bentuk sederhana tanpa terlalu banyak elemen dekorasi yang rumit. Hal ini tentu memberikan kesan modern sekaligus rapi dan bersih pada bagian fasad.

Selain itu, pemilihan warna cat putih dipadukan dengan abu-abu menambah kesan kekinian pada desain rumah modern minimalis 2 lantai satu ini. Menariknya, inspirasi desain ini menggunakan tekstur unsur alam yang menawan, yaitu batuan. Hal ini bisa Anda temukan pada bagian dinding pagar dan dinding depan bangunan. Inilah yang kemudian membuat tampilan rumah jauh dari kesan monoton.

Mengulik Cara Paling Tepat Membangun Desain Rumah Modern

Perlu Anda ketahui, sebelum pembangunan desain rumah modern dilakukan, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

  1. Memastikan pilihan material sesuai dengan konsep desain rumah modern

Cara pertama untuk membangun desain rumah modern adalah memperhatikan dengan detail penggunaan material. Apalagi, harga material di pasaran saat ini terbilang tinggi sehingga harus Anda pikirkan secara matang.

Salah satu alternatif material yang cocok untuk desain rumah modern adalah keramik granit ataupun marmer yang memiliki banyak warna. Jika Anda ingin rumah terlihat lebih sederhana, pilih saja jenis lantai kayu yang mampu memberikan efek ruangan yang lebih lapang dan kekinian.

  1. Pilih tukang bangunan yang berpengalaman

Demi mendapatkan rumah modern yang sesuai harapan, Anda harus memilih tukang bangunan yang berpengalaman. Sebab, tukang adalah orang yang bertugas mengolah segala jenis material hingga menjadi sebuah bangunan rumah yang kokoh sekaligus berkualitas. Jadi jangan heran, jika biaya yang Anda keluarkan nantinya terbilang cukup besar untuk jasa tukang seperti ini.

  1. Tentukan desain yang sesuai dengan filosofi arsitektur modern

Secara garis besar, rumah modern selalu memiliki hiasan aneka permainan warna seperti, putih, abu-abu, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak ingin rumah tersebut terkesan monoton, lengkapi saja dengan berbagai perabot atau elemen dekorasi yang kekinian. Bahkan, Anda bisa menggunakan aneka peralatan canggih untuk memperkuat kesan modern yang diusungnya.

  1. Memastikan ketersediaan lahan

Selain ketiga poin sebelumnya, Anda juga wajib memperhatikan soal lahan yang tersedia. Perlu Anda ketahui, saat ini ternyata ada banyak jenis rumah modern yang berdiri di atas lahan berukuran kecil.

Tentu saja, hal ini bisa Anda jadikan acuan sehingga mengurangi anggaran biaya yang terpakai. Apalagi, sebagian besar arsitek biasanya memberi ide desain rumah modern yang memiliki bentuk bangunan lebih tinggi untuk memperkuat konsep tersebut.

  1. Rumah modern identik dengan ruangan multifungsi

Pada dasarnya, desain rumah modern identik dengan ruangan yang memiliki banyak fungsi. Bukan hanya menghemat anggaran, tapi konsep seperti inilah yang justru menonjolkan kesan modern. Misalnya, ruang makan yang dipadukan dengan ruang keluarga atau Anda juga bisa menambahkannya dengan fungsi dapur bersih sehingga rumah terlihat lebih lapang.

  1. Sistem pencahayaan berteknologi modern

Bukan hanya memberi bukaan yang super besar untuk memudahkan cahaya masuk ke seluruh penjuru rumah, Anda juga bisa menggunakan sistem pencahayaan berteknologi modern seperti accent lighting. Pada dasarnya, accent lighting ini adalah suatu sistem pencahayaan bangunan yang memanfaatkan lampu bervoltase rendah sehingga detail desain interiornya tampak menonjol.

Ciri Khas Desain Rumah Modern

Sulit memungkiri bahwa konsep minimalis telah menjadi konsep paling populer selama beberapa tahun belakangan. Sebenarnya, desain rumah minimalis merupakan gaya desain hunian dengan ciri kesederhanaan bentuk, detail, material, hingga warna yang diterapkan.

Sejak zaman dahulu kala, prinsip ruang terbuka sekaligus bersih selalu ada pada desain rumah modern ataupun minimalis. Bukan hanya untuk mempercantik tampilannya, tapi juga memiliki tujuan agar ruangan bisa tertata dengan lebih mudah.

Dari pedoman tersebut, apa sih sebenarnya ciri khas desain rumah modern yang sedang menjadi trend oleh masyarakat urban masa kini?

  • Realisasi kesederhanaan pada bentuk dan fungsi bangunan

Bisa dipastikan, hampir semua hunian yang mengusung desain rumah modern memiliki denah yang efisien tapi tetap sederhana. Hal ini dilakukan demi ketepatan dalam perencanaan tata ruang di dalamnya. Ciri khas satu ini bisa Anda temukan pada bagian dinding interior, tempat penyimpanan multifungsi, hingga denah lantai terbuka.

Di samping itu, sistem ventilasi bangunan bakal memiliki konsep sesederhana mungkin. Namun jika kita lihat secara seksama, bangunan seperti ini tidak memiliki bentuk yang kompleks dengan atap sederhana yang sudah menjadi karakteristik utamanya.

  • Elemen dekorasi terbatas

Selain memikirkan soal bentuk dan fungsinya, desain rumah modern juga menggunakan rancangan interior yang terkesan polos dan bersih. Sistem bukaan seperti jendela dan pintu pasti dirancang tanpa detail rumit. Meski terkadang ada beberapa arsitek yang tetap menambahkan sedikit motif pada kedua bagian ini supaya tidak terlihat terlalu polos.

Jika ingin lebih menghemat biaya, Anda boleh memangkas bagian jendela ataupun pintu menggunakan flat stock trim. Dengan metode satu ini, maka Anda tetap bisa mempertahankan tampilan konsep minimalis modern pada bangunan tersebut.

  • Kotak atau kubus selalu jadi bentuk andalan

Salah satu ciri khas desain rumah modern adalah bentuk kubus dan memiliki jendela berderet secara horizontal. Berdasarkan luas bangunannya, rumah seperti ini memang selalu memiliki bentuk geometris yang unik. Atapnya pun terlihat datar tak seperti kebanyakan rumah yang memiliki atap segitiga.

Desain inilah yang kemudian melengkapi tampilan bangunan secara keseluruhan sehingga terlihat sederhana, tapi tetap elegan dan kekinian. Di samping itu, beberapa desain rumah modern dibuat tanpa elemen dekorasi apapun sehingga tidak terkesan rumit.

  • Tidak memiliki sekat ruangan sehingga terkesan lapang

Menghindari sekat ruangan dalam pembuatan desain rumah modern sehingga setiap ruangan di dalamnya terkesan lebih luas dan terang. Seperti misalnya ruang keluarga dan ruang makan atau ruang makan dan dapur. Sekat hanya berlaku pada dua ruangan saja, yaitu kamar tidur dan kamar mandi. Sementara ruangan lain biasanya terpisah oleh partisi, baik itu lemari, rak, ataupun meja.

  • Menggunakan bahan material sederhana tapi berkualitas

Sebagaimana konsep yang ingin ditonjolkan, desain rumah modern dibuat dengan pesan penuh kesederhanaan. Mulai dari penggunaan material sederhana, minimnya elemen dekorasi, hingga bentuk dasar geometris yang khas. Sebenarnya, hunian semacam ini memiliki motto listen to figure atau mencari esensi dari arti kesederhanaan dengan cara menemukan kualitas di balik bahan yang terbilang sederhana.

Inilah alasan, mengapa rumah modern selalu mengutamakan penggunaan bahan material sederhana yang gampang ada di pasaran. Di antaranya seperti material fabrikasi yang terdiri dari beton, baja, hingga kaca. Menariknya, material semacam ini bukan menjadikan tampilan bangunan terlihat murahan, tapi justru memancarkan daya tarik tersendiri yang menguatkan sifat asli dari material tersebut.

  • Fungsi adalah fokus utama desain rumah modern

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, rumah modern selalu dibuat dengan tata letak super sederhana, tapi selalu efisien. Perabotannya pun sudah pasti simple dan multifungsi. Bahkan, setiap ruangan didesain jauh dari kesan rumit sehingga tidak tampak berantakan dan kacau.

Penggunaan perabot yang tidak terlalu banyak pada interior desain rumah modern juga bisa menjadikan ruangan tersebut terasa luas, meski kenyataannya berada pada lahan yang sempit. Alasan inilah yang membuat banyak masyarakat di kota-kota besar dengan keterbatasan lahan lebih menyukai konsep minimalis modern.

  • Taman minimalis jadi poin yang tak boleh terlupakan

Demi mendapatkan kesan asri dan sejuk di tengah hiruk-pikuk perkotaan, desain rumah modern juga memiliki taman minimalis yang sederhana. Umumnya, tanaman yang terpilih berukuran tidak terlalu besar dengan tanah tertutup rumput atau batuan sehingga tetap rapi dan bersih.

Itulah beberapa gambaran desain rumah modern berbagai tipe yang bisa anda jadikan referensi mencari tempat tinggal dengan konsep sederhana namun terlihat menarik. Sekian dan semoga bermanfaat

Jika membutuhkan layanan jasa desain rumah anda bisa menghubungi wa/telp 081229418751

untuk melihat desain rumah yang lain,silahkan klik gambar di bawah ini