Desain rumah minimalis sedang menjadi trend desain rumah saat sekarang ini. Sudah sangat sering  kita mendengar istilah rumah minimalis. Namun sering kali kita keliru mendefinisikan kata rumah minimalis. Kita sering kali mendefinisikan rumah minimalis dengan bangunan rumah berbentuk kotak dan tanpa ornamen beraneka ragam. Padahala rumah minimalis lebih mengacu kepada fungsi pada ruang yang ada di dalam rumah. Rumah minimalis adalah rumah dengan mengutamakan fungsi ruang dan interior rumah, jadi pada rumah minimalis menekankan kepada fungsi. Misalnya adalah furnitur seperti sofa dan kursi di ganti karpet agar lebih simpel dan mudah bongkar pasang. Rumah minimalis lebih menekan furnitur dan aksesoris rumah agar lebih sedikit namun fungsional. Filosofi dasar dari rumah minimalis adalah bahwa semakin sedikit barang yang digunakan di dalam rumah, maka rumah akan semakin nyaman di gunakan.

Pada tampilan fasad rumah minimalis tidak banyak ornamen yang digunakan. Ornamen yang digunakan hanya berupa permainan garis dan sedikit warna. Tidak banyak variasi fasad berbentuk lengkung atau ornamen klasik pada fasad rumah minimalis. Bahkan fasad rumah minimalis cenderung kotak dan tidak banyak warna yang di pakai. Atap pada rumah minimalis cenderung menggunakan atap limasan bukan menggunakan atap limasan. Selain atap berbetuk pelana, atap cor dak beton pun banyak digunakan pada fasad rumah minimalis.  Selain itu fasad rumah minimalis juga sedikit menggunakan ornamen batu alam.

Sebenarnya trend rumah minimalis bukan hanya terjadi pada saat sekarang ini saja. Namun sudah terjadi sejak jaman dahulu. Pada jaman dahulu konsep rumah minimalis menekankan kepada fungsi interior di dalam rumah. Furnitur yang digunakan pada rumah minimalis lebih banyak bersifat knock down atau bisa dibongkar pasang. Sehingga satu ruangan di dalam rumah bisa digunakan untuk beberapa aktivitas yang berbeda. Misalnya pada ruang tamu tidak disediakan kursi atau sofa namun hanya ada karpet dan meja. Dimana meja tersebut nantinya bisa digunakan sebagai tempat laptop untuk bekerja. Dan juga pada kamar tidur tidak menggunakan spring bed atau pun dipan, namun menggunakan kasur yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari.

bagikan ini