Desain Rumah Minimalis Terbaik Lengkap dengan Gambar

By | Desember 4, 2019

Definisi Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis sedang menjadi trend jasa desain rumah saat sekarang ini. Sudah sangat sering  kita mendengar istilah rumah minimalis. Namun sering kali kita keliru mendefinisikan kata rumah minimalis. Kita sering kali mendefinisikan rumah minimalis dengan bangunan rumah berbentuk kotak dan tanpa ornamen beraneka ragam. Padahal rumah minimalis lebih mengacu kepada fungsi pada ruang yang ada di dalam rumah.

Rumah minimalis adalah rumah dengan mengutamakan fungsi ruang dan interior rumah. Misalnya adalah furnitur seperti sofa dan kursi di ganti karpet agar lebih simpel dan mudah bongkar pasang. Rumah minimalis lebih menekan furnitur dan aksesoris rumah agar lebih sedikit namun fungsional. Filosofi dasar dari rumah minimalis adalah bahwa semakin sedikit barang yang terpakai di dalam rumah, maka rumah akan semakin nyaman.

Sebenarnya trend rumah minimalis bukan hanya terjadi pada saat sekarang ini saja. Namun sudah terjadi sejak jaman dahulu. Pada jaman dahulu konsep rumah minimalis menekankan kepada fungsi interior di dalam rumah. Furnitur yang ada pada rumah minimalis lebih banyak bersifat knock down atau bisa di bongkar pasang. Sehingga satu ruangan di dalam rumah bisa terpakai untuk beberapa aktivitas yang berbeda. Misalnya pada ruang tamu tidak ada kursi atau sofa namun hanya ada karpet dan meja. Meja tersebut nantinya bisa terpakai sebagai tempat laptop untuk bekerja. Dan juga pada kamar tidur tidak menggunakan spring bed atau pun dipan, namun menggunakan kasur yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari.

Kelebihan Konsep  Desain Rumah Minimalis

Memiliki rumah dengan desain minimalis adalah dambaan banyak orang. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ada banyak kelebihannya dibandingkan dengan rumah tipe lainnya. Salah satunya adalah suasana yang nyaman dan leluasa. Selain itu, rumah jenis ini juga tidak terlalu membutuhkan banyak biaya untuk proses pembangunannya.

Banyak orang yang mencari referensi desain rumah dengan konsep seperti ini sebagai tempat tinggal mereka. Dan artikel ini adalah referensi terbaik untuk anda yang sedang mencari ragam pilihan tempat tinggal dengan desain yang minimalis. Tentu saja rumah yang apik dan nyaman adalah dambaan setiap orang, dan rumah minimalis adalah salah satu yang memenuhi kriteria tersebut.

Pilihan Desain Rumah Minimalis + Gambarnya

Ada beragam pilihan desain tempat tinggal dengan gaya minimalis. Mulai dari bergaya sederhana, 2 lantai, 3 kamar, 2 kamar, type 36, 1 lantai, hingga ada juga yang modern. Berikut ini ulasannya untuk anda :

1. Desain Rumah Minimalis Modern

desain rumah minimalis modern

Rumah minimalis modern memiliki desain yang terlihat mengesankan dan tentu saja nyaman saat terlihat. Tak hanya itu saja, rumah tipe ini juga memiliki ciri bangunan berbentuk kubus, denah berbentuk kotak, sudut faced 90 derajat, dan berasal dari bahan yang terbuat dari baja, kaca, dan beton. Gambar rumah minimalis bertipe 60 di atas hanyalah satu contoh dari sebuah rumah dengan arsitektur bergaya modern.

Penggunaan batu alam dengan warna yang senada dengan cat dinding luar menambah kesan elegan pada rumah tersebut. Pemilihan atap berbentuk limasan juga memberi kesan elegan. Adany taman kecil di bagian depan rumah menambah kesan asri dan juga mencegah debu masuk ke dalam rumah. Penggunaan kusen warna putih menambah serasi tampilan fasad rumah

2. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

desain rumah minimalis

Pilihan kedua ada  rumah minimalis 2 lantai. Sesuai dengan namanya, rumah yang satu ini punya 2 lantai di dalamnya. Lantai atas dan juga lantai bawah. Rumah minimalis 2 lantai terdiri atas berbagai pilihan tipe dan ukuran  antar lain tipe 80, tipe 100, ukuran 6×9, ukuran 6×12, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rumah ini cocok ditinggali oleh keluarga besar yang tidak ingin tinggal di tempat yang terlalu luas.

Adanya aksen pilar yang menjulang tinggi dari lantai satu sampai ke lantai dua, membuat kesan gagah pada tampilan fasad rumah.

3. Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

desain rumah minimalis 3 kamar

Rumah minimalis dengan kamar berjumlah 3, sangat cocok untuk keluarga kecil yang sudah memiliki 2  anak yang sudah agak dewasa. Kamar 1 bisa menjadi milik ayah dan ibu, sedangkan untuk kamar 2 dan 3 bisa ditempati oleh kedua anak tersebut. Selain itu, sebagai pilihan alternatif anda juga bisa menghapus ruang keluarga supaya kamar tidur bisa memberikan rasa nyaman. Salah satu tipe rumah yang cocok untuk rumah minimalis 3 kamar biasanya berukuran 75m2 atau 120m2.

4. Desain Rumah Minimalis 2 Kamar

Bagi anda keluarga yang baru memiliki satu anak, dan membutuhkan tempat tinggal rumah minimalis 2 kamar bisa menjadi pilihan. Mengenai gambar desain rumah dengan dua kamar bisa anda lihat contohnya pada gambar di atas. Dengan desain yang benar-benar simple, membuat anda dan keluarga semakin nyaman untuk tinggal di tempat ini. Rumah tipe 65  sangat cocok jika mempunyai 2 kamar.

5. Desain Rumah Minimalis Sederhana

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh gambar desain minimalis dengan bentuk yang simple (sederhana). Jangan salah, meskipun sederhana tapi interior maupun eksteriornya punya desain yang begitu memukau. Anda pun pasti merasa nyaman tinggal di rumah dengan tipe tersebut.

6. Desain Rumah Minimalis Kecil

Rumah minimalis tipe 36 adalah rumah yang memiliki luas bangunan yang tidak terlalu besar hanya 36m2. Selain itu, bentuknya sederhana namun tetap nyaman bagi penghuninya. Desainnya mengedepankan konsep minimalis, simpel, namun tetap terlihat elegan. Membuat siapapun pasti merasa nyaman tinggal di rumah tersebut.

7. Rumah Minimalis Elegan

Ada banyak pilihan model desain rumah  terbaru 2019. Salah satunya bisa anda lihat pada gambar di atas. Rumah minimalis terbaru bisa terdiri atas 2 kamar ataupun 2 lantai. Selain itu, anda juga dapat mengusung tema sederhana maupun modern. Semua kembali kepada selera anda.

8. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Berbicara soal rancangan rumah minimalis 1 lantai, tak bisa terlepas dari unsur kesederhanaan. Selain itu, rumah yang memiliki jumlah satu lantai saja biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan rumah dua lantai. Baik di desa maupun di kota, anda sangat mudah menemukannya. Terkait desain, ada beberapa tipe pilihan seperti tipe 36, 45, 70, 90, 150, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Desain Rumah Minimalis 6×10

Desain Rumah Minimalis Tampak Depan

Ciri utama dari tampak depan rumah minimalis adalah sedikitnya ornamen dan variasi model yang ada. Pada desain rumah dengan konsep seperti ini lebih banyak menggunakan variasi garis baik horisontal maupun vertikal. Selain itu permainan warna juga cenderung tidak begitu banyak. Dan seringkali menggunakan warna – warna yang soft untuk tampilan utama. Dengan tambahan warna yang mencolok pada bagian garis, seperti pada topi – topi atau kolom teras. Bentuk atap juga cenderung sederhana, pada umumnya menggunakan atap model pelana bukan limasan.

10. Desain Rumah Minimalis 6×12

 

Pada desain rumah model ini,tidak banyak ornamen serta variasi bentuk yang digunakan. Model ini lebih mengutamakan kepada permainan warna. Seperti rumah ini warna cream menjadi warna utama, yang diberi aksen warna coklat pada sedikit bagian fasad agar tidak terkesan monoton. Dengan hanya bermain pada variasi pilhan warna fasad, maka desain rumah dengan konsep ini cukup murah.

Bentuk atap variasi antara limasan dengan pelana membuat tampilan rumah ini menjadi lebih elegan. Karena dengan lebar 6 meter jika menggunakan atap pelana saja, maka posisi gunung – gunung rumah akan cukup tinggi. Adanya batu alam pada bagian fasad dan aksen kolom variasi yang bercat merah menambah kesan modern rumah ini.

Tips membuat desain rumah minimalis yang nyaman

Di era serba modern seperti saat ini, desain rumah minimalis tengah menjadi trend banyak kalangan. Pasalnya, selain mengutamakan soal fungsional dan kesederhanaan, konsep satu ini membawa pengaruh cukup signifikan terhadap penghematan lahan dan juga biaya sehingga dianggap lebih efisien. Bukan itu saja, biaya perawatannya pun terbilang sangat murah.

Apabila Anda termasuk orang yang sangat mengidamkan untuk memiliki desain rumah minimalis, tak ada salahnya untuk memahami beberapa tips berikut ini.

    1. Minimalis sama dengan bersih sekaligus rapi

Perlu Anda ketahui, salah satu syarat wajib untuk menjadikan tren minimalis sebagai gaya hidup adalah menjaga kebersihan sekaligus kerapian rumah. Selain membuat desain yang tampak sederhana dan jauh dari kesan rumit, Anda juga disarankan untuk melengkapinya dengan rancangan tempat penyimpanan multifungsi di berbagai sudut ruangan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat terlalu banyak dinding sebagai pembatas ruang. Akan jauh lebih baik lagi, jika ada beberapa ruangan yang sengaja menjadi satu. Misalnya saja, ruang makan yang terhubung dengan dapur atau ruangan lain yang menurut Anda memungkinkan.

  1. Desain rumah minimalis menganut paham geometris

Seperti makna yang tersirat di balik namanya, minimalis bisa diartikan kurang atau paling sedikit sehingga umumnya rumah minimalis ini memiliki bentuk geometris. Mulai dari kotak tanpa pelana, kubus, hingga perisai.

Konsep arsitektur yang tercetus pada tahun 1920-an ini adalah bagian dari bentuk dasar rumah atau bangunan yang mengutamakan soal abstraksi. Bahkan, rumah minimalis cenderung wajib mengurangi elemen dekorasi supaya bisa kembali pada esensi warna dan bentuknya.

Bentuk geometris yang dimaksud, biasanya dapat Anda lihat dari bentuk dasar bangunan. Salah satunya adalah atap datar yang bertujuan agar lebih cepat dibuat karena dibutuhkan secara massal.

  1. Minimalis berarti memaksimalkan keadaan

Sebenarnya, masalah keterbatasan lahan bisa teratasi dengan baik meski Anda ingin memiliki rumah berkonsep minimalis. Namun ingat, Anda tetap membutuhkan jasa arsitek profesional seperti Desain Rumah Kita untuk mengatasi permasalahan satu ini. Sebab, keterbatasan lahan tentu memengaruhi bentuk dan ruang hunian nantinya sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, desain rumah minimalis memiliki karakter geometris yang justru memberikan keuntungan bagi Anda. Salah satu di antaranya adalah keragaman fungsi yang berada di bagian atap datar. Anda bisa menjadikan bagian itu sebagai taman ataupun kolam mungil untuk berendam.

  1. Perhatikan soal kohesivitas

Salah satu poin penting ketika Anda ingin membuat desain rumah minimalis adalah kohesivitas yang memengaruhi kesinambungan antar elemen meski dilakukan secara sederhana. Melalui konsep satu ini, biasanya arsitek bakal membuat potongan elemen di setiap ruangan rumah tidak terlihat kacau atau saling tumpang tindih.

  1. Pilih perabotan terbaik

Terkadang, banyak orang yang merasa kalap ketika hendak membeli perabotan untuk rumah kesayangan. Jika Anda adalah salah satunya, maka coba pahami sekali lagi apa sebenarnya prinsip dari desain rumah minimalis. Pilih perabot secara matang sebagaimana fungsi dan kebutuhannya. Pastikan juga ukuran yang Anda pilih sesuai dengan ketersediaan ruang di rumah.

Sebaiknya, pilih jenis perabotan yang memang memiliki model abadi alias bisa tepat terlihat apik di tengah banyak tren yang tak akan ada habisnya. Selain itu, pilih bahan yang awet sehingga tidak repot memindahkan suatu saat nanti.

Seperti misalnya, kursi berwarna kuning terang dengan model simple tetapi bisa berada di ruang makan ataupun ruang tengah. Bukan hanya sekadar menjadi hiasan, akan tetapi kursi semacam ini jelas berfungsi ketika Anda membutuhkannya di waktu-waktu tertentu.

  1. Jangan ragu untuk bermain pola

Mengingat kesederhanaan merupakan salah satu prinsip utama dari konsep minimalis, bukanberarti Anda tidak boleh memberi sentuhan pola yang cantik ke dalam desain satu ini. Bahkan, Anda bebas mengaplikasikan pola apa saja tanpa ragu untuk perabot, elemen dekorasi, dan lain sebagainya.

Meski begitu, pemilihan pola tidak boleh asal-asalan. Ketahuilah, pola yang paling sesuai untuk hunian berkonsep minimalis adalah pola yang jauh dari kesan rumit, tidak terlalu mendominasi ruangan, dan berwarna senada.

  1. Pastikan desain rumah tidak terlihat mencolok

Sekali lagi, minimalis merupakan konsep yang tak jauh dari kesan kesederhanaan. Oleh sebab itu, Anda tak boleh melanggar filosofi satu ini ketika ingin membangun desain rumah minimalis. Supaya tidak terlihat terlalu mencolok, pilih cat dinding berwarna putih sebagai warna utama untuk interior rumah tersebut. Begitu juga untuk lantai, atap, hingga sebagian besar perabot di dalamnya.

Hal ini karena warna putih kerap identik dengan kebersihan dan kesucian. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir bakal merasa jenuh karena pengaplikasian warna tersebut secara penuh di seluruh bagian sudut rumah.

Jika Anda masih ragu, tak ada salahnya menambahkan obyek berupa elemen dekorasi berwarna kontras untuk mempermanis tampilan interiornya. Akan tetapi, jangan lupa memperhatikan prinsip dasar dari konsep tersebut. Pastikan juga, obyek yang dimaksud bersifat fungsional bukan hanya sekadar dijadikan pemanis ruangan.

  1. Mempercantik tampilan desain rumah minimalis dengan keragaman tekstur

Bagaimana jika ternyata Anda tidak suka dengan warna putih? Tenang saja, Anda masih bisa memadukan beberapa ornamen lain di dalam konsep tersebut sehingga menghasilkan banyak tekstur yang jauh dari kesan monoton. Misalnya, perpaduan tekstur batuan dan kayu di dalam satu ruangan yang sama tetapi memiliki warna senada.

  1. Memastikan setiap sudut rumah mendapat pencahayaan yang cukup

Secantik apapun penataan ruang hunian Anda, pastikan pencahayaan di dalamnya sempurna. Bukan hanya pencahayaan dari lampu saja, tapi juga celah supaya sinar matahari dari luar bisa masuk ke segala penjuru ruangan.

Kami juga menyarankan untuk memasang bukaan, seperti pintu, jendela, dan ventilasi supaya sirkulasi udara tetap bergerak sempurna. Melalui cara tersebut, tingkat kelembapan di dalam rumah pun bisa jauh lebih baik.

Nah, itu tadi definisi dari desain rumah minimalis beserta contoh desain yang bisa Anda jadikan referensi terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Jika anda berencana mendesain sebuah rumah bergaya minimalis, dan anda membutuhkan bantuan kami anda bisa menghubungi kami di wa 081229418751.

selain itu anda bisa melihat desain rumah lainnya di Galery Karya kami