Tips Membuat Instalasi Listrik Desain Rumah Minimalis Sederhana 3 Kamar yang Aman

By | Oktober 19, 2021

 Desain Rumah Minimalis Sederhana 3 Kamar

Desain rumah minimalis sederhana 3 kamar – Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama untuk semua orang di dunia. Bagaimana tidak, listrik mampu menghidupkan lampu hingga digunakan mengisi daya peralatan elektronik seperti smartphone. Jadi, pastikan instalasi listrik di rumah Anda sudah dibuat secara aman supaya terhindar dari berbagai risiko kebakaran yang mengkhawatirkan.

Perlu Anda ingat, tugas PLN hanyalah menyediakan pasokan listrik beserta meteran yang memang dibuat secara khusus. Sementara Anda sebagai pemilik rumah bertanggung jawab dalam hal pemasangan instalasi, terutama saat membuat desain rumah minimalis sederhana 3 kamar.

Langkah tepat mempersiapkan instalasi listrik untuk denah rumah minimalis

Bila saat ini Anda tengah melakukan pembangunan atau renovasi desain rumah minimalis sederhana 3 kamar, coba ikuti panduan pemasangan instalasi listrik berikut ini. Tujuannya tentu saja agar pemasangan yang dilakukan tetap aman dan tidak menciptakan risiko bahaya.

Mengetahui secara detail denah instalasi listrik untuk rumah minimalis

Tips pertama untuk memasang instalasi pada desain rumah minimalis sederhana 3 kamar adalah penyesuaian penempatan MCB atau Miniature Circuit Breaker, dengan saklar, stopkontak, dan lampu yang ada di dalam hunian.

Bukan sekadar untuk memastikan ketersediaan stopkontak di dalam area rumah, penempatan ini harus menyesuaikan pula dengan kebutuhan Anda sebagai penghuni. Misalnya, saklar lampu yang berada tepat di samping pintu demi mengurangi kenyamanan maupun membahayakan seluruh penghuni.

Pastikan untuk menggunakan kabel berstandar SNI ketika memasang instalasi listrik

Ketika Anda hendak memasang instalasi listrik pada desain rumah minimalis sederhana 3 kamar, pastikan untuk menggunakan kabel berstandar SNI. Pasalnya, kabel ini telah terjamin keamanannya. Selain itu, kabel SNI tidak gampang terkelupas dan terkikis. Jangan lupa untuk membungkus tiap kabel listrik menggunakan pipa conduit yang lentur supaya lebih mudah anda ganti sekaligus menjamin kestabilan arus listrik meski kabel mengalami kerusakan.

Memperhatikan pembagian jalur setiap kabel

Idealnya, Anda harus membagi jalur setiap kabel sesuai dengan kebutuhan ketika memasang instalasi listrik pada rumah minimalis sederhana 3 kamar. Misalnya seperti, lampu, pompa air, stopkontak, AC, hingga MCB cadangan. Perlu kita ketahui, MCB adalah peralatan listrik yang berfungsi memutus atau menghentikan asupan aliran listrik di tiap grup saluran listrik ketika terjadi korsleting.

Menggunakan jalur khusus untuk perangkat dengan daya besar

Pada alat elektronik yang memiliki daya cukup besar, seperti AC, water heater, ataupun pompa air, sebaiknya gunakan jalur khusus agar lebih aman dan tidak berisiko mengganggu penggunaan arus listrik lainnya. Bukan itu saja, pembagian jalur ketika membuat instalasi listrik rumah minimalis sederhana 3 kamar ini juga bakal membuat kabel semakin awet. Sebab, tidak terjadi beban arus yang berlebihan.

Melakukan grounding ketika memasang instalasi listrik

Tahukah Anda, mekanisme grounding ternyata juga harus anda lakukan ketika pemasangan instalasi listrik pada desain rumah minimalis 3 kamar agar lebih aman. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari adanya sengatan listrik ketika daya membesar secara tiba-tiba.

Misalnya, ketika petir menyambar atau adanya perawatan dari pihak PLN. Dengan kata lain, penyaluran listrik yang berasal dari blok MCB untuk masuk ke dalam tanah bisa membuat arus listrik tidak meledak pada saluran listrik yang ada.

Pastikan untuk menggunakan steker berkualitas tinggi

Siapa sangka, steker dengan kualitas mumpuni ternyata memiliki peranan penting dalam instalasi listrik gambar rumah minimalis sederhana 3 kamar. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan steker yang tidak longgar dan stabil. Apalagi, ketika terjadi penumpukan pada satu titik. Sebab, hal ini bisa memicu lompatan arus sehingga perangkat elektronik di rumah Anda jadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Periksa kualitas instalasi listrik secara rutin

Jangan lupa untuk senantiasa memeriksa aliran arus instalasi listrik pada konsep rumah minimalis sederhana 3 kamar milik Anda, apalagi yang sudah anda pasang sejak beberapa tahun silam. Apabila Anda menemukan kabel yang bengkok, mengelupas, atau selubungnya mengalami pengerasan, sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru.

Demikian informasi seperti instalasi listrik yang perlu Anda terapkan lebih detail. Ketahuilah, panduan tersebut di atas bisa Anda lakukan supaya instalasi listrik pada desain rumah minimalis sederhana 3 kamar yang anda miliki semakin aman. Seluruh penghuni rumah beserta perabotan berharga di dalamnya pun bakal terhindar dari risiko korsleting yang membahayakan.

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751