Trik Membuat Desain Rumah Minimalis Modern Type 70 Anti Gempa

By | Oktober 17, 2021

Desain Rumah Minimalis Modern Type 70

Indonesia merupakan salah satu wilayah kepulauan yang cukup sering mengalami musibah gempa bumi. Pasalnya, negara kita ini terletak di tengah Lingkaran Api Pasifik. Setidaknya telah terjadi bencana gempa bumi terbesar di Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Jadi jangan heran, bila pembangunan desain rumah minimalis modern type 70 anti gempa sangat diprioritaskan.

Perlu Anda ketahui, hunian anti gempa seperti ini sangat diandalkan supaya tidak gampang roboh saat terjadi bencana gempa bumi. Dengan begitu, para penghuni di dalamnya pun bisa lebih aman.

Poin penting yang harus kita perhatikan saat membuat desain rumah minimalis anti gempa tipe 70

Pada dasarnya, rumah tahan guncangan gempa telah jadi standar bangunan untuk negara Jepang. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebelum membangun hunian anti gempa layaknya rumah-rumah di Jepang tersebut.

Perhatikan struktur bangunan anti gempa

Ketika Anda hendak membuat desain rumah minimalis modern type 70 anti gempa, pastikan telah memenuhi standar untuk struktur anti guncangan atau seismik terbaru. Standar satu ini sudah digunakan sejak 1981 silam di Jepang. Tujuannya supaya setiap bangunan yang ada memiliki struktur resistan tahan gempa bumi.

Secara garis besar, struktur bangunan yang tahan terhadap guncangan gempa ini terdiri atas dinding, lantai, dan tiang. Struktur tersebut berguna untuk menyerap tiap guncangan gempa bumi.

Pada struktur bangunan yang dimaksud, standar bangunan ini terbagi lagi menjadi dua hal yang berbeda. Pertama adalah struktur keras supaya rumah tidak roboh sehingga membahayakan penghuni ketika terjadi gempa. Sementara yang kedua adalah struktur fleksibel. Artinya, struktur utama tersebut mampu menekuk secara fleksibel sehingga menyerap shocking effect dan menstabilkan bangunan secara seketika saat terjadi guncangan gempa cukup kuat.

Memilih material infrastruktur yang berkualitas unggulan

Hal yang patut kita perhatikan sebelum membuat desain rumah minimalis modern type 70 yang selanjutnya adalah infrastruktur bangunan tersebut. Pasalnya, infrastruktur hunian tersebut sangat memengaruhi fleksibilitas berdasarkan material dan struktur bangunan yang Anda gunakan.

Infrastruktur yang kami maksud terdiri atas pemilihan beton, pondasi, dan juga material yang serba tepat supaya efek gempa yang terjadi pada hunian anti gempa tersebut bisa tereduksi. Bukan itu saja, sebelum Anda memproyeksikan konstruksi yang tahan gempa, ketahui juga secara detail seperti apa kualitas tanah atau lahan yang hendak mendukungnya.

Tanah yang berasal dari komponen tebal, seperti misalnya pasir jenis tanah liat yang cenderung padat dan keras ataupun kerikil berpasir sangat cocok kita jadikan lahan untuk hunian anti gempa. Apabila tanah yang kita bangun hunian semacam ini ternyata kurang ideal secara karakteristik, coba akali saja dengan merancang atau membuat fondasi khusus.

Memilih bahan material ringan

Setelah Anda tahu secara detail material apa saja yang anda butuhkan, selanjutnya memilih material bangunan anti gempa paling tepat. Caranya meminimalisir material yang sekiranya bakal menambah beban keseluruhan bangunan tersebut ketika gempa terjadi.

Di zaman nenek moyang dulu, mereka membuat desain rumah dengan struktur berbahan dasar bambu dan kayu. Kedua material tersebut ternyata lebih kuat dan kokoh saat terjadi goncangan gempa.

Pada rumah di masa modern seperti saat ini, Anda bisa mengganti material tersebut dengan bata ringan ataupun beton aerasi. Tentu saja, kedua material ini jauh lebih baik daripada batako yang umum kita gunakan di Indonesia. Sementara di bagian atap, kami sarankan untuk menggunakan GRC dan baja ringan. Dengan begitu, massa rumah bisa jadi lebih ringan.

Bangunan rumah minimalis tipe 70 anti gempa harus bisa menyerap energi gempa bumi

Satu hal paling penting yang harus Anda perhatikan saat membuat desain rumah minimalis modern type 70 anti gempa adalah struktur redaman atau damping structure. Artinya, rumah tersebut harus memiliki kemampuan untuk menyerap energi gempa bumi supaya mengurangi efek yang akan timbul dari bencana tersebut.

Salah satu material paling tepat adalah beton bertulang. Pasalnya, material ini terbilang cukup fleksibel dan tahan akan goncangan apapun. Akan tetapi, baja tersebut harus memiliki perhitungan dan campuran yang tepat sesuai dimensi sekaligus presisinya. Menariknya lagi, struktur redaman ini lebih mampu mengurangi intensitas goncangan hingga 80 persen.

Itu tadi beberapa poin yang patut Anda perhatikan sebelum membuat desain rumah minimalis modern type 70 yang anti terhadap goncangan gempa bumi. Setelah membacanya, apakah Anda siap membuat hunian idaman anti gempa untuk keluarga tercinta?

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA
KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751