Trik Jitu Membuat Desain Rumah Minimalis Kecil Agar Terlihat Lebih Luas

By | Oktober 7, 2021

Desain Rumah Minimalis kecil

Sebagian besar masyarakat yang hidup di kawasan perkotaan, terutama di area padat penduduk sudah pasti mengalami sejumlah permasalahan terkait tempat tinggal. Biasanya, masalah semacam ini diatasi dengan cara membeli maupun membangun desain rumah minimalis kecil yang sesuai dengan ketersediaan anggaran pribadi.

Sebenarnya, membangun ataupun membeli desain rumah minimalis kecil tak masalah. Apalagi bagi generasi millennial yang mulai membangun keluarga ataupun tinggal sendiri. Tentu memiliki hunian berukuran kecil dengan ruangan terbatas tak akan jadi masalah berarti.

Lagipula, desain rumah minimalis berukuran kecil dengan ruang yang terbatas tetap bisa terlihat luas. Asal, Anda sebagai pemiliknya tahu seperti apa cara terbaik untuk menata interior di setiap ruang yang ada secara tepat.

Langkah tepat membuat desain rumah minimalis kecil terasa nyaman dan lapang

Demi menjawab berbagai permasalahan terkait denah rumah berkonsep minimalis dengan ukuran kecil, berikut ada beberapa trik untuk memaksimalkan ruang sekaligus lahan agar terasa luas.

Menggunakan cat berwarna cerah untuk dinding

Anda pasti sering membaca ataupun mendengar mengenai pemilihan cat berwarna cerah bisa membuat ruangan yang kecil jadi terasa lebih luas. Faktanya, cara klasik satu ini memang mampu bekerja secara efektif. Itulah sebabnya, banyak ahli arsitektur maupun desainer interior yang merekomendasikan warna-warna cerah sekaligus netral seperti putih untuk diaplikasikan di ruangan maupun rumah berukuran kecil.

Melalui sentuhan warna-warna cerah, dijamin ruangan pada desain rumah minimalis kecil terasa semakin terang, segar, dan lapang. Meski mengaplikasikan warna cat gelap di beberapa ruangan bisa membuat rumah berukuran kecil terasa lebih nyaman, tetapi kesan yang diciptakan justru semakin sesak dan berantakan. Hal ini disebabkan, warna cat yang gelap cenderung menyerap cahaya bukannya memantulkan. Alhasil, tampilan hunian Anda bakal tampak jauh lebih suram.

Hindari meletakkan perabot terlalu mepet ke sisi dinding

Terkadang, sebagian orang terbiasa meletakkan atau menata perabotnya mepet ke sisi dinding. Pasalnya, mereka percaya dengan penataan seperti itu bisa memberi kesan lapang pada ruangan di desain rumah minimalis kecil. Padahal, persepsi semacam itu tak sepenuhnya benar.

Apabila Anda menempatkan set sofa minimalis pada ruang tamu berukuran kecil, coba geser sedikit sofa tersebut dari dinding. Ketika melakukan trik ini, maka secara tidak langsung Anda telah memberi celah bernapas antara sofa dan dinding. Jadi, saat cahaya masuk akan timbul semacam bayangan yang tercipta dari sofa tersebut. Nah, bayangan ini yang kemudian menciptakan ilusi maupun persepsi ruang jadi lebih besar.

Memanfaatkan penggunaan cermin yang digantung pada dinding

Apabila Anda berkunjung ke toko ataupun restoran berukuran sempit, coba perhatikan ke sekeliling dinding ruang tersebut. Pasti sang pemilik memasang sebuah cermin di salah satu sisi dinding demi menciptakan kesan luas pada ruangan yang dimaksud. Nah, trik semacam ini memang benar-benar efektif untuk diaplikasikan pada desain rumah minimalis kecil.

Coba gantung saja beberapa cermin berukuran sedang di ruangan sempit yang ada di rumah. Tak ada salahnya pula untuk mengkreasikan tiap bingkai cermin tersebut dengan warna senada sehingga dekorasi ruangan terlihat semakin cantik. Dengan demikian ruangan di dalam hunian kesayangan Anda bakal terlihat lebih lapang dari ukuran aslinya.

Memilih perabot multifungsi

Meletakkan meja ataupun lemari berukuran kecil di sebuah ruang yang sempit pada desain rumah minimalis kecil justru membuat hunian Anda terasa sesak dan penuh. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan kabinet multifungsi untuk menghemat tempat. Apalagi saat ini tersedia beraneka jenis dan tipe perabot semacam ini di pasaran yang memiliki harga jual beragam.

Ketika Anda memanfaatkan aneka perabot multifungsi, maka secara tidak langsung Anda sudah menghemat ruang. Apabila ruang tidur terasa sempit dan Anda membutuhkan ruang ekstra untuk sekadar menyimpan berbagai peralatan yang anda miliki, coba saja membeli kasur dengan ranjang memiliki laci tepat di bagian bawahnya.

Pilihan lainnya adalah meja kantor dengan lemari penyimpanan. Bisa juga perabot seperti meja belajar untuk anak yang memiliki banyak laci sehingga bisa digunakan menyimpan pernak-pernik supaya tidak berantak di dalam rumah kecil Anda.

Meletakkan karpet bermotif di tengah ruangan

Jika Anda berencana untuk membeli karpet, pastikan untuk membeli karpet bermotif pola yang berulang tetapi ukuran motifnya tidak terlalu besar. Sebab, karpet seperti ini bisa memberi kesan luas pada suatu ruangan desain rumah minimalis kecil.

Letakkan saja karpet tersebut tepat di bagian bawah meja, baik itu ruang tamu maupun ruang bersantai keluarga. Bisa juga dengan menempatkan karpet ini di beberapa perabot lain seperti sofa maupun lemari. Percayalah, trik ini kerap menjadi ilusi mata terbaik agar hunian tidak terlihat sesak.

Tambahkan perabot dinding

Apabila Anda memiliki ruang keluarga yang tergolong sempit, coba letakkan beberapa peralatan elektronik pada sisi dinding. Misalnya, menggantung televisi, meletakkan konsol game, pemutar DVD, maupun speaker untuk menciptakan ruang terbuka di area lantai desain rumah minimalis kecil.

Menerapkan pola strip pada lantai

Anda pasti pernah dengar, bahwa pakaian yang memiliki pola berupa strip seperti garis vertikal bisa membuat tampilan seseorang jadi lebih tinggi. Sementara pola berbentuk garis horizontal membuat seseorang tampak lebih lebar. Nah, pola seperti ini juga bisa kita aplikasikan pada desain rumah minimalis kecil melalui karpet maupun lantai supaya ruangan terlihat lebih panjang.

Menggunakan jendela bertirai besar

Tak bisa kita pungkiri, jika jendela berukuran besar bisa membuat intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan lebih berlimpah. Dengan begitu, trik ini secara tidak langsung mengubah kesan pada desain rumah minimalis kecil menjadi semakin terbuka, terang, dan juga luas. Melalui penggunaan tirai yang tinggi dan besar pula, langit-langit rumah akan terlihat lebih tinggi. Alhasil, hunian mungil Anda bakal terlihat semakin luas jika kita lihat secara vertikal.

Menghilangkan pintu

Trik berikutnya adalah menghilangkan pintu pemisah di antara ruang satu dan lainnya. Apabila desain rumah minimalis kecil memiliki ruang makan dan ruang untuk keluarga yang terpisah oleh pintu, maka sebaiknya ganti pintu tersebut dengan partisi atau sekat ruangan.

Jika Anda tidak ingin koridor rumah terlihat kaku, sebaiknya tambahkan elemen dekorasi berupa lukisan maupun pigura foto. Manfaatkan juga ruang kosong yang ada di rumah dengan cara mengaplikasikan ambalan bermaterial kayu di area dinding untuk dijadikan rak gantung serbaguna.

Menghiasi plafon menggunakan stiker ataupun wall art

Ada alasan mengapa Anda harus menghias plafon menggunakan stiker dinding. Salah satunya adalah memicu agar mata terdistraksi sehingga melihat ke arah atas sekaligus menciptakan sebuah ilusi akan ruang vertikal yang jauh lebih tinggi. Dengan begitu, desain rumah minimalis Anda bakal terlihat lebih luas.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai trik membuat desain rumah minimalis kecil yang bisa Anda terapkan. Ketahuilah, menata ataupun memilih penataan interior untuk hunian berukuran mungil harus anda lakukan secara hati-hati agar tidak meninggalkan kesan sesak. Oleh sebab itu, Anda harus bijak dalam memilih perabot ataupun warna yang hendak anda gunakan. Jadi, selamat berkreasi!

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751