Desain Rumah Minimalis Elegan dengan Budget Terjangkau untuk Masyarakat Urban

By | Oktober 4, 2021

Mengingat perkembangan desain rumah minimalis elegan masa kini, tak heran jika kemudian banyak konsep bangunan tempat tinggal baru yang populer di kalangan masyarakat. Mulai dari rumah pintar, rumah ramah lingkungan, hingga rumah berkonsep minimalis.

Tentu saja, desain rumah minimalis elegan ini paling populer di kalangan millennial. Pasalnya, ada banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan. Tak sekadar menghemat tempat, dana yang anda butuhkan untuk membangun sebuah landed house berkonsep minimalis jauh lebih rendah daripada tipe hunian mewah. Bahkan, biaya perawatan bangunan semacam ini cenderung lebih terjangkau.

Aneka contoh dan konsep desain rumah minimalis elegan yang bisa Anda tiru

Dari sekian banyak desain rumah minimalis yang terpopuler, berikut ini konsep yang paling pas untuk diwujudkan bagi keluarga masa kini.

Hunian dengan konsep minimalis elegan terdiri dari satu lantai

Desain Rumah Minimalis Elegan

Desain Rumah Minimalis Elegan

Kendati tidak memiliki area halaman belakang, desain rumah minimalis elegan satu ini tetap bisa jadi inspirasi terbaik untuk Anda. Fungsikan saja teras depan rumah sebagai spot bersantai bersama keluarga dengan menggunakan parquet. Dijamin, area tersebut akan tampak memikat dan membuat semua penghuni rumah semakin betah.

Untuk menyiasati tampilan serba minimalis dari keseluruhan bangunan, Anda bisa menggunakan warna-warna monokrom yang memikat. Mulai dari putih, krem, ataupun abu-abu. Dengan begitu, hunian kesayangan Anda akan terlihat jauh lebih lapang dan kekinian.

Hunian konsep minimalis elegan tanpa teras

Perencanaan denah rumah berkonsep minimalis elegan satu ini sangat cocok untuk Anda yang hobi memasak. Sebab, bangunan memang dibuat dengan ruang dapur yang jauh lebih besar dari ruang lain. Dengan demikian, bakal tercipta keleluasaan saat Anda tengah memasak hidangan untuk keluarga tercinta.

Selain itu, landed house dengan konsep sederhana ini memiliki ruang tidur utama yang dilengkapi kamar mandi sendiri. Luas bangunannya jelas harus lebih besar daripada lahan yang tersedia secara keseluruhan. Namun sayangnya, untuk mengusung desain seperti ini Anda tidak akan memiliki teras depan maupun halaman belakang.

Hunian berkonsep minimalis elegan dengan nuansa asri

Sebagian masyarakat urban tidak memiliki lahan cukup luas untuk membangun hunian idaman. Jika Anda adalah salah satunya, maka coba siasati kondisi tersebut dengan membeli perabot multifungsi berwarna netral. Setiap ruang yang ada di dalam rumah kesayangan Anda akan terlihat jauh lebih luas.

Pastikan juga untuk menggunakan cat berwarna netral dan tambahkan beberapa pot tanaman di tiap sudut ruangan. Bukan hanya memberi kesan segar, kehadiran tanaman ini juga mampu menciptakan nuansa asri di dalam hunian.

Hunian dengan konsep minimalis elegan untuk keluarga besar

Apabila Anda memiliki lebih dari satu orang anak dan belum memiliki dana yang cukup untuk membuat rumah mewah nan luas, maka siasati saja dengan desain rumah minimalis elegan berikut. Gunakan single bed untuk tiap ruang tidur demi menampung lebih banyak anggota keluarga. Namun kekurangan dari desain satu ini jelas jadi agak sempit.

Hunian konsep minimalis elegan di atas lahan 105 m2

Bagi Anda memiliki lahan seluas 105 m2, maka coba saja atur layout desain rumah minimalis elegan dengan taman depan, taman belakang, dan juga carport. Bisa dipastikan, hunian Anda akan terasa lebih sejuk nan asri. Bukan hanya bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati teh atau kopi di sore hari bersama keluarga, kehadiran taman ini bisa digunakan sebagai tempat anak bereksplorasi.

Hunian minimalis elegan dua lantai dengan tanah melebar ke samping

Ketersediaan tanah yang berbentuk melebar ke arah samping, sudah pasti cocok menggunakan desain rumah minimalis elegan satu ini. Ketahuilah, salah satu keunggulan memiliki lahan seperti ini adalah bisa anda gunakan untuk carport atau tempat parkir kendaraan kesayangan. Jika hunian lain hanya mampu menampung sekitar dua mobil saja, maka hunian Anda jelas bisa menampung hingga tiga mobil dan dua sepeda motor.

Hunian berkonsep minimalis elegan dengan kolam renang mini di belakang rumah

Sebagian orang beranggapan, bahwa membuat kolam renang berukuran mini di area halaman belakang rumah bisa jadi ide brilian. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Jika ingin hasilnya semakin memukau, gunakan material kaca di beberapa sudut desain rumah minimalis elegan tersebut agar tampak seperti vila. Dengan demikian tempat tinggal seperti ini bakal membuat Anda merasa seperti sedang liburan di tempat favorit.

Penataan ruangnya pun harus kita perhatikan secara cermat supaya Anda dan anggota keluarga lainnya merasa semakin betah. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi repot keluar rumah ketika akhir pekan. Tentu saja, konsep hunian semacam ini bisa jadi inspirasi terbaik. Apalagi saat ini ada banyak sekali rumah tinggal yang hanya berperan layaknya tempat tidur tanpa mempedulikan soal kehangatan antar anggota keluarga.

Trik jitu membuat desain rumah minimalis elegan yang multifungsi

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah hunian berkonsep minimalis elegan sekaligus kekinian. Berikut di antaranya.

Jangan ragu untuk memaksimalkan fungsi dari ruang tamu

Jika memungkinkan, buat ruang tamu dengan ukuran yang jauh lebih luas daripada ruang lain di dalam rumah. Sebab, ruangan ini tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu saja, tetapi juga anda gunakan untuk ruang bersantai bersama keluarga.

Jadi, pastikan Anda memilih jenis sofa yang empuk dan nyaman. Kemudian, tempatkan TV di sisi dinding supaya tidak menghabiskan banyak tempat dan beri elemen dekorasi yang tepat, seperti pigura ataupun lukisan sederhana.

Dengan begitu, Anda akan merasakan nuansa serba modern di dalam ruangan. Apalagi jika menempatkan bukaan jendela bermaterial kaca penuh dengan tirai supaya cahaya matahari bisa leluasa menyinari area tersebut.

Menyingkirkan aneka barang yang tak kita perlukan

Anda patut menyadari jika memang ruangan di area dalam rumah Anda terasa sesak dan sempit. Jadi, pastikan untuk menyingkirkan berbagai barang tak terpakai dari dalam ruangan tersebut. Apabila ada barang yang ternyata sudah tidak bisa anda gunakan, tetapi masih hendak anda fungsikan lagi suatu hari nanti, sebaiknya simpan di lemari atau wadah penyimpanan khusus. Jangan pernah membiarkan barang-barang Anda berserakan di ruangan ataupun tergeletak begitu saja.

Jika Anda memutuskan bahwa barang tersebut memang tak akan anda gunakan lagi, segera buang sejauh mungkin. Artinya, desain rumah minimalis elegan memang harus selalu tampak bersih.

Memilih elemen dekorasi yang tepat

Tentu saja, ruangan di dalam sebuah rumah bakal terasa kian sempit apabila dinding dipenuhi elemen dekorasi secara berlebihan. Oleh sebab itu, Anda kami sarankan untuk menggunakan ornamen maupun dekorasi secukupnya. Termasuk di antaranya foto maupun lukisan yang anda gantung di area dinding.

Anda tetap diperbolehkan untuk menempatkan perabotan seperti bufet untuk properti dekorasi ruangan yang ditambah pernak-pernik di bagian atas. Namun ingat sekali lagi, jangan pernah berlebihan saat menghiasnya. Sebab, kesan yang timbul nantinya bukan mempercantik justru menjadikan ruangan sesak dan terkesan kumuh.

Itu tadi sekilas informasi mengenai desain rumah minimalis elegan yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum membangun hunian idaman. Semoga bisa membantu ya!

Untuk melihat contoh desain rumah minimalis yang lain silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, BISA MELALUI WA 081229418751