Inspirasi Mushola dalam Desain Rumah Minimalis 6×12 Agar Ibadah Semakin Khusyuk

By | Oktober 28, 2021

Desain Rumah Minimalis 6x12

Desain Rumah Minimalis 6×12 – Setiap hunian idaman, rasanya tak lengkap jika dibangun tanpa mushola. Apapun jenis dan konsep properti yang Anda buat, pasti selalu ada banyak cara menyisakan sedikit ruang untuk membangun mushola di dalam rumah. Melalui ruangan khusus seperti ini, niscaya kegiatan beribadah bersama keluarga bisa semakin khusyuk.

Tips menghadirkan mushola di dalam denah rumah minimalis berukuran 6×12

Berikut ulasan lengkap untuk menghadirkan ruang beribadah di dalam desain rumah minimalis 6×12.

Memperhatikan ketersediaan luas ruangan

Demi menghadirkan ruang mushola di dalam desain rumah minimalis 6×12, And harus membuat ukuran yang memang benar-benar sesuai. Tujuannya agar ruangan tersebut layak kita jadikan tempat untuk salat berjamaah bersama keluarga maupun para tamu yang datang berkunjung.

Oleh sebab itu, poin utama yang patut kita perhatikan adalah luas ruang mushola tersebut. biasanya, ukuran minimum untuk tiga orang di tiap saf adalah 2,5 x 4 meter. Dengan begitu, ketika ada tamu dan hendak menunaikan kewajiban beribadahnya, Anda tak perlu repot mempersilakan mereka untuk masuk ke kamar atau ruang lainnya.

Memperhatikan arah kiblat dengan seksama

Bukan hanya memikirkan soal ukuran ruangan mushola di dalam desain rumah minimalis 6×12, Anda pun wajib menemukan arah kiblat yang sesuai untuk ruangan tersebut. Apabila sudah menemukan arah yang tepat, tutup ruangan tersebut dengan dinding permanen. Anda juga bisa menggunakan partisi atau sekat supaya aktivitas salat dan ibadah lainnya bisa berlangsung dengan khusyuk.

Jika ternyata Anda tidak memungkinkan untuk membangun dinding khusus atau memberi sekat ruangan, manfaatkan saja ruang kosong yang ada di bawah tangga. Tentu saja, hal ini berlaku untuk desain rumah minimalis 6×12 2 lantai. Dengan demikian, Anda tak perlu repot membangun ruang baru untuk mushola idaman.

Memilih perabot yang memang Anda butuhkan di dalam mushola

Ketika membangun mushola di dalam desain rumah minimalis 6×12, ada baiknya jika Anda tidak terlalu memaksakan untuk mengisi ruangan tersebut dengan perabotan. Anda sangat kami sarankan untuk menggunakan perabotan paling esensial yang benar-benar anda butuhkan di dalam ruangan tersebut.

Alangkah lebih baik lagi, jika Anda mendesain mushola dengan meletakkan lemari atau rak minimalis sebagai penyimpanan berbagai peralatan ibadah. Tempatkan perabotan tersebut di area terjangkau. Tak lupa pula, tambahkan elemen dekorasi bernuansa Islami. Misalnya seperti ukiran atau kaligrafi berwarna emas yang elegan.

Mempercantik ruangan mushola dengan karpet

Demi menghadirkan ruang beribadah yang nyaman dan cantik, kami sarankan juga untuk menambah kenyamanan di dalam ruangan. Cara paling mudah adalah menempatkan karpet khusus yang juga bisa anda jadikan alas sajadah. Pastinya, karpet semacam ini bisa jadi bagian paling penting dalam setiap mushola. Selain itu, estetika ruangan tersebut bisa kian meningkat.

Pilih sajadah yang memiliki tekstur halus dan tebal supaya siapapun yang beribadah di dalam ruangan tersebut merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pemilikan warna sekaligus motifnya dengan interior desain rumah minimalis 6×12 yang Anda miliki. Bisa juga menggunakan dominasi warna-warna netral, seperti biru, merah, dan hijau.

Memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan

Tak bisa dipungkiri jika memiliki ruang beribadah pribadi di dalam desain rumah minimalis 6×12 adalah dambaan setiap umat Muslim. Dengan segala fasilitas yang ada untuk sebuah ruangan beribadah, tak ada salahnya jika Anda memaksimalkan pencahayaan ruangan tersebut di siang hari. Begitu juga dengan sirkulasi udara di dalamnya sehingga mushola jauh dari kesan pengap.

Ketahuilah, pencahayaan yang baik dan cukup bisa membuat mushola di dalam hunian tersebut terasa lebih segar. Sebab, sirkulasi udara di dalamnya terbilang lancar.

Mushola minimalis untuk rumah berkonsep sederhana

Jika Anda menginginkan ruang beribadah di dalam desain rumah minimalis 6×12 tapi ternyata tidak terlalu banyak ruang yang tersisa, maka mushola minimalis bisa jadi pilihan terbaik. Dengan konsep elegan tapi terlihat mewah dan terkesan plong, Anda bisa membuat mushola dengan permainan dinding dekoratif.

Anda bisa menempatkan rak penyimpanan dan laci di area depan ruangan guna menyimpan berbagai perlengkapan salat. Bukan itu saja, pengaturan cahaya yang strategi bisa memberi kesan kian damai. Cukup gelar sajadah, Anda dan keluarga sudah bisa beribadah dengan khusyuk di dalam sana.

Mushola bergaya kekinian nan estetik

Apabila Anda ingin menghadirkan mushola yang tampak estetik dan kekinian, maka pilih saja aksen kayu untuk mempercantik ruangan tersebut. Berikan juga dominasi warna cokelat yang natural supaya mushola di dalam desain rumah minimalis 6×12 tersebut terasa lebih hangat.

Perlu diketahui, ide desain satu ini terbilang cocok untuk Anda yang hendak mengusung konsep desain hunian Japandi. Tambahkan juga motif berpola di area lantai dan pilih elemen dekorasi yang sesuai, maka mushola tersebut akan terlihat estetika sekaligus matching.

Ruang ibadah bernuansa mewah

Bisa jadi, hanya sebagian orang saja yang bisa memiliki mushola di dalam desain rumah minimalis 6×12 yang megah dan mewah. Akan tetapi, ada beberapa trik khusus yang bisa Anda terapkan untuk menjadikan ruangan tersebut semakin mewah tetapi tetap membuat siapapun jadi teringat pada Allah saat berada di dalamnya.

Caranya dengan memilih material batu alam yang nantinya diaplikasikan pada bagian dinding. Pilih saja material marmer atau keramik batu yang bercorak cantik lainnya. Kemudian, Anda bisa memaksimalkan area plafon menggunakan permainan warna-warna elegan, seperti emas. Trik terakhir adalah penggunaan karpet bermotif indah supaya makin menawan.

Bergaya sederhana tetapi penataan mushola tetap terlihat modern

Konsep mushola dalam desain rumah minimalis 6×12 satu ini terbilang simple karena mengusung gaya space-saving tetapi bisa jadi pengingat untuk selalu taat shalat di setiap harinya. Anda hanya perlu menghadirkan elemen dekorasi Islami. Baik itu berupa kaligrafi yang cantik, perabotan modern minimalis, hingga lampu temaram untuk menemani setiap kegiatan beribadah Anda.

Manfaatkan juga cermin yang ada di sisi dinding mushola agar ruangan terkesan lapang. Ketahuilah bahwa mushola di rumah baru tak perlu dibuat terlalu megah, sepanjang umatnya tetap setia dalam menunaikan setiap kewajibannya.

Mushola mungil dengan konsep open plan

Ketika adzan maghrib berkumandang, rasanya tak ada lagi yang terasa tenteram selain duduk sekaligus berdzikir di dalam mushola desain rumah minimalis 6×12. Melalui konsep open plan, ruangan kecil tersebut bisa jadi pengingat supaya Anda tetap meluangkan waktu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Alam.

Tak perlu banyak dekorasi di dalam ruangan tersebut. Cukup fokus pada material kayu yang tersebar di seluruh area lantai diikuti partisi serba minimalis dengan lubang dan pola belah ketupat. Dijamin, tampilan hunian dan mushola tersebut bakal jadi pemikat utama.

Bagaimana, begitu cantik konsep mushola dalam desain rumah minimalis 6×12 di atas bukan? Satu hal yang pasti, Anda harus mampu menjauhkan kesan kaku nan membosankan supaya tetap semangat beribadah di rumah. Jangan lupa pula untuk menciptakan suasana khusyuk agar sholat tak sekadar jadi rutinitas belaka, tetapi memiliki makna mendalam. Jadi, selamat berkreasi, ya!

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751