Mengenal Kelebihan Kekurangan Epoxy Lantai Desain Rumah Minimalis 6×12 3D

By | Oktober 29, 2021

Desain Rumah Minimalis 6x12 3D

Epoxy lantai merupakan bentuk solusi pada lantai yang cukup sering kita gunakan pada area komersial ataupun fasilitas industri. Akan tetapi, saat ini epoxy lantai mulai dilirik untuk pelapis lantai perumahan maupun residensial seperti desain rumah minimalis 6×12 3D. Akan tetapi, epoxy lantai juga tak selamanya sempurna karena ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan di setiap pengaplikasiannya.

Jika Anda ingin menggunakan epoxy pada lantai desain rumah minimalis 6×12 3D, sebaiknya ketahui dulu berbagai kelebihan maupun kekurangannya. Dengan begitu, Anda tidak akan membuat keputusan salah yang berujung kecewa.

Apa itu epoxy lantai pada desain rumah minimalis 6×12 3D?

Sebelum Anda mengaplikasikan prosedur satu ini, pastikan dulu Anda tahu mengenai epoxy lantai. Pada dasarnya, epoxy merupakan material yang berperan sebagai pelapis pada lantai beton. Umumnya, komposisi epoxy ini terdiri dari resin yang bertindak sebagai cat epoxy dan pengeras. Kedua komponen tersebut dicampur hingga jadi cat lantai dengan penampilan yang menyerupai plastik kaku, baik berwarna ataupun transparan.

Berkat teknologi epoxy, desain rumah minimalis 6×12 3D akan memiliki lantai yang selalu tampak licin dan berkilau. Itulah sebabnya, epoxy lantai kerap digunakan pada jenis bangunan umum, seperti bandara, restoran, hingga pabrik agar selalu tampak bersih.

Namun tak sekadar untuk lantai, epoxy ini juga sering digunakan pada setiap sudut bangunan beton. Mulai dari rangka hingga dinding bangunan.

Kelebihan epoxy untuk lantai denah rumah minimalis 3D ukuran 6×12

Adapun kelebihan dari epoxy lantai untuk dijadikan bahan pertimbangan saat membuat desain rumah minimalis 6×12 3D.

Meningkatkan nilai estetika

Jika Anda membandingkan dengan tampilan lantai biasa, epoxy lantai ini memberi kesan rumah yang tampak lebih terang. Alasan inilah yang akhirnya membuat epoxy jadi favorit banyak orang. Sebab, lantai hunian jadi terlihat rata dan lebih licin. Alhasil, perawatan seluruh bagian lantai rumah jadi lebih mudah karena Anda hanya perlu menyapu dan mengepel seperti biasa.

Harga terjangkau

Harga penggunaan epoxy lantai ini lebih terjangkau daripada jenis lantai lainnya. Apalagi, epoxy bisa kita aplikasikan secara langsung sehingga Anda tidak perlu repot.

Lebih awet

Epoxy lantai juga memiliki resistensi cukup tinggi terhadap paparan zat cair. Bukan hanya itu, epoxy mampu melindungi lantai desain rumah minimalis 6×12 3D dari minyak, cairan pembersih, ataupun peluntur. Inilah yang membuatnya juga sering terpilih untuk pelapis pada lantai industri otomotif seperti, bengkel. Di samping tahan terhadap zat-zat kimia, epoxy juga tahan panas.

Memiliki durabilitas yang cukup baik

Selain material semen konkret, ternyata epoxy lantai juga memiliki masa pemakaian lebih lama daripada jenis lantai lain. Apabila pengerjaan epoxy ini kita lakukan dengan rapi dan sempurna sejak awal, bisa kita pastikan penggunaannya bakal awet dalam jangka waktu lama. Bahkan, Anda tak perlu repot melakukan touch up apapun.

Mampu memberikan proteksi menyeluruh pada lantai rumah

Biasanya, tepat di bagian bawah lapisan cat epoxy terdapat lantai semen yang gampang retak, pecah, dan lembap. Ketika Anda menggunakan epoxy pada lantai desain rumah minimalis 6×12 3D, maka berbagai masalah tersebut secara otomatis teratasi.

Kekurangan epoxy untuk lantai denah rumah minimalis 3D ukuran 6×12

Meski memiliki segudang kelebihan, ternyata epoxy lantai pada desain rumah minimalis juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

Tingkat kelicinan cukup tinggi

Mengingat teksturnya yang serba mengilap, tak heran jika epoxy ini cenderung licin apalagi bahan berbasis minyak. Apabila lantai hunian Anda basah, bisa kita pastikan kondisi lantai semakin berbahaya. Jadi sebaiknya Anda menghindari penggunaannya di daerah yang rentan basah seperti dapur ataupun teras rumah.

Membutuhkan waktu persiapan pengerjaan

Ketahuilah, bahwa proses epoxy pada lantai hunian tak bisa kita aplikasikan secara langsung pada semen karena harus kita bersihkan terlebih dulu. Bahkan sebaiknya, area yang mengalami pecah atau keretakan harus kita benahi terlebih dulu. Bukan itu saja, lantai konkrit juga tak boleh basah ataupun lembap agar tak ada sisa udara terperangkap di dalamnya sehingga kondisi jadi kurang ideal.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai epoxy lantai yang bisa Anda terapkan pada desain rumah minimalis 6×12 3D beserta segala kelebihan juga kekurangannya. Pastikan Anda sudah mantap menggunakannya agar tidak merasa kecewa di kemudian hari.

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751