Kebiasaan Buruk yang Jadi Penyebab Polusi Pada Desain Rumah Minimalis 6×12 2 Kamar

By | Oktober 30, 2021

Desain Rumah Minimalis 6x12 2 Kamar

Sejatinya, sebuah hunian seperti desain rumah minimalis 6×12 2 kamar harus jadi tempat perlindungan untuk semua penghuni dari berbagai ancaman. Termasuk di antaranya kuman maupun polusi yang membawa penyakit. Akan tetapi teramat kita sayangkan, karena pada kenyataannya lingkungan tempat tinggal justru berpotensi menciptakan pencemaran hingga lima kali lebih besar ketimbang lingkungan di area luar rumah.

Tahukah Anda, kondisi desain rumah minimalis 6×12 2 kamar yang seringkali terlihat bersih ternyata membuat kita kurang menyadari akan potensi polusi berbahaya. Bahkan, ada beberapa polusi yang ternyata timbul akibat rutinitas ataupun kebiasaan dari penghuni rumah itu sendiri.

Berbagai kebiasaan buruk yang berpotensi menciptakan polusi di dalam rumah minimalis 6×12

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa jadi penyebab hadirnya polusi pada desain rumah minimalis 6×12 2 kamar Anda.

Malas membuka jendela rumah

Ketika pulang dari bepergian, Anda secara tidak langsung telah membawa polusi di dalam rumah. Alhasil, polusi terperangkap di dalam hunian Anda. Bahkan, hal ini jadi lebih parah saat penghuni rumah tersebut memiliki sejumlah kebiasaan buruk, seperti malas membuka jendela. Alhasil, sirkulasi udara di dalam desain rumah minimalis 6×12 2 kamar jadi kurang lancar. Kondisi di dalam bangunan tempat tinggal pun jadi lebih lembap sehingga kuman gampang berkembang.

Oleh sebab itu, Anda harus mulai rutin membuka setiap jendela yang ada di dalam rumah agar sirkulasi jadi lebih lancar. Dengan begitu, debu ataupun kuman bisa terbawa keluar. Namun jika Anda ingin menghindari masuknya debu dari luar rumah, coba gunakan exhaust fan yang ditempatkan di beberapa sudut rumah.

Tidak pernah membersihkan karpet

Sebagian orang sangat menyukai karpet di dalam huniannya. Bukan hanya menjadikan ruangan pada desain rumah minimalis 6×12 2 kamar jadi lebih cantik, hunian pun terasa lebih nyaman. Akan tetapi, karpet yang tidak pernah dibersihkan justru jadi sarang bakteri dan penyakit sehingga tercipta polusi berbahaya.

Debu yang mengendap pada karpet pun menyebar ke seluruh penjuru ruangan saat terinjak. Alhasil, seluruh penghuni rumah berisiko mengalami gangguan pada pernapasan. Apalagi jika Anda memiliki alergi. Jadi pastikan agar Anda membersihkan karpet tersebut secara berkala. Baik itu mencucinya atau sekadar membersihkan dengan vacuum cleaner.

Jarang membersihkan sofa dan kasur

Ada beberapa orang yang sangat menyukai penggunaan sofa dan kasur busa sebagai pelengkap perabotan desain rumah minimalis 6×12 2 kamar miliknya. Saking nyamannya, tak sedikit pula yang akhirnya lupa untuk membersihkan kedua perabotan tersebut. Apalagi jika pelapisnya tampak bersih. Padahal, debu bisa saja terserap dengan mudah ke dalamnya.

Tanpa Anda sadari, debu yang menempel memicu reaksi alergi. Belum lagi jika di dalamnya ternyata sudah dipenuhi tungau. Jadi pastikan Anda membersihkan polusi yang masuk hingga ke dalam sofa dan kasur dengan alat vakum khusus. Jika perlu, panggil saja tenaga profesional agar kedua perabotan tersebut dibersihkan secara menyeluruh.

Mengabaikan kebersihan hewan peliharaan

Tak bisa kita pungkiri jika memelihara beberapa ekor hewan peliharaan bisa mengurangi stres. Akan tetapi, Anda juga wajib memastikan untuk memperhatikan soal kebersihan hewan-hewan tersebut.

Ketahuilah, polusi yang ada di dalam rumah juga bisa terjadi karena hewan peliharaan yang membawa berbagai bakteri, kuman dan juga debu dari bulu mereka. Polusi tersebut juga bisa muncul dari tempat buang air hewan tersebut yang terabaikan. Tentu saja, solusi terbaiknya adalah memandikan hewan-hewan peliharaan tersebut secara rutin dan membersihkan kandang sekaligus area buang airnya.

Tidak memperhatikan kebersihan AC

Hampir di setiap negara tropis, AC sangat dicari dan dibutuhkan guna menyejukkan udara suatu ruangan. Namun, penggunaan AC dalam waktu yang relatif lama justru memicu penumpukan bakteri dan virus pada perangkat tersebut, kemudian menyebar ke seluruh penjuru ruangan bersama dengan udara dingin.

Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan AC secara berkala, minimal tiga bulan selai dan cuci perangkat secara detail sampai bagian terdalam. Jangan lupa juga untuk mencuci perangkat outdoor AC. Bukan hanya membebaskan ancaman bakteri dan virus berbahaya, AC Anda pun bisa semakin awet.

Yuk, mulai hentikan kebiasaan buruk di atas dan beri perhatian lebih pada kebersihan desain rumah minimalis 6×12 2 kamar supaya kualitas udara di dalamnya terjaga dengan baik. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari berbagai polusi berbahaya ketika berada di hunian kesayangan.

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751