Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 6×10 di Kawasan Perkotaan

By | Oktober 23, 2021

Desain Rumah Minimalis 6x10

Apakah saat ini Anda tengah memiliki rencana untuk membangun atau sekadar membeli rumah, tetapi ternyata luasnya tidak terlalu besar? Jangan khawatir, karena saat ini ada banyak sekali inspirasi desain rumah minimalis 6×10 untuk lahan terbatas. Bahkan, Anda juga bisa membuat denah sesuai selera dan kebutuhan pribadi asalkan memahami cara paling mudah membuat rancangan hunian semacam ini.

Cara mudah membuat denah rumah konsep minimalis berukuran 6×10

Anda pasti setuju, desain rumah minimalis 6×10 sangat identik dengan bangunan sederhana yang tak terlalu luas, tetapi sangat nyaman untuk dihuni. Berdasarkan artinya, minimalis memang berkaitan dengan segala unsur kesederhanaan, modern, tetapi terbatas.

Lantas, bagaimana cara mudah membuat rumah minimalis modern berukuran 6×10?

Kenali konsep minimalis dengan baik

Rumah dengan konsep minimalis biasanya dibuat dengan tata letak sederhana, efisien, lugas, dan memiliki volume ruang bertumpuk. Jika kita lihat lebih seksama, desain seperti ini menciptakan suatu kejelasan. Artinya, di dalam ruangan yang tak terlalu luas masih bisa anda manfaatkan sesuai fungsinya.

Mengacu pada definisinya, rumah dengan konsep minimalis modern tak lebih dari sekadar rumah sederhana yang minim elemen dekorasi. Bangunan semacam ini biasanya memiliki lantai terbuka dengan penekanan pemandangan alam dengan area penyimpanan yang sederhana.

Ventilasinya dibuat jauh dari kesan rumit yang tersedia hampir di tiap sudut ruang. Sementara profil atapnya pun juga terlihat sederhana sehingga bisa dijadikan ciri khas dari desain rumah minimalis 6×10 modern.

Perkuat nuansa minimalis modern dari pilihan elemen warna

Elemen warna adalah senjata paling ampuh untuk denah rumah berkonsep minimalis modern. Akan tetapi, perpaduan tiap warna untuk hunian satu ini bukan bertujuan untuk meningkatkan nilai estetika. Melainkan menekankan tingkat kenyamanan berdasarkan fungsi rumah itu sendiri.

Desain rumah bergaya minimalis modern biasanya menggunakan dominasi warna putih. Jadi jangan heran, bila Anda sering melihat desain rumah minimalis 6×10 yang menggunakan warna-warna netral sehingga tampilannya terlihat unik sekaligus cantik.

Bukan hanya putih, Anda juga bisa menggunakan warna abu-abu untuk sentuhan interior hunian kesayangan. Pasalnya, warna satu ini mampu memberikan kesan sejuk yang mewah. Dengan begitu, hunian idaman Anda bakal terlihat megah sekaligus memukau.

Memperbanyak ruang kosong

Salah satu elemen paling penting yang harus anda perhatikan saat membuat dekorasi desain rumah minimalis 6×10 adalah ruang kosong. Secara garis besar, ruang kosong bisa menjadikan suasana yang ada di antara ruangan seakan saling berinteraksi. Baik secara fungsi maupun objek di dalamnya.

Selain itu, dibutuhkan juga keseimbangan visual demi menghidupkan fungsi dari setiap ruangan yang ada di dalam hunian minimalis modern tersebut. Contohnya, saat ruang tamu di rumah Anda memiliki banyak sudut atau ruang kosong bakal membuat suasana jadi lebih nyaman. Meski, ruangan tersebut penuh dengan beberapa orang yang datang berkunjung.

Di saat yang sama, ruang keluarga justru membutuhkan beberapa elemen dekorasi penting. Ingatlah, di setiap konsep denah rumah bergaya minimalis, fungsi utamanya terletak pada kenyamanan, fungsi, dan juga ergonomic.

Menempatkan ruangan tambahan

Meski memiliki ukuran yang terbilang mungil, Anda juga masih bisa membuat ruang tambahan untuk difungsikan sesuai kebutuhan. Misalnya saja ruangan untuk mencuci dan menjemur pakaian. Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah memanfaatkan sisa lahan yang ada, kemudian memasang keramik pada bagian lantai.

Beton memang merupakan salah satu bahan lantai paling umum untuk ruangan semacam ini. Akan tetapi, jika Anda ingin memiliki ruangan multifungsi, sebaiknya pilih saja material keramik. Pada dasarnya, keramik sering digunakan karena lebih tahan terhadap lembap, kuat, murah dan tahan lama sehingga ideal untuk dijadikan material pendukung area satu ini. Anda hanya perlu meletakkan mesin cuci sekaligus tempat berjemur pada posisi vertikal yang pas. Dengan begitu, ruangan tidak akan terlihat sesak.

Melengkapi rumah dengan garasi minimalis

Banyak orang mengatakan, bahwa minimalis merupakan jenis konsep yang mengajarkan untuk menyisihkan berbagai barang tak anda perlukan. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat garasi pada desain rumah minimalis 6×10 sesuai fungsinya. Jangan pernah menumpuk barang bekas di garasi. Pasalnya, tindakan ini justru membuat garasi terlihat seperti gudang kumuh.

Apabila Anda memiliki banyak barang yang memang sudah tak terpakai, ada baiknya untuk membuang atau meletakkan barang-barang tersebut di dalam gudang, jangan di garasi. Kemudian, pilih cat berwarna netral agar tampak seimbang dengan tampilan sudut rumah secara keseluruhan.

Itu tadi beberapa cara membuat desain rumah minimalis 6×10 yang bisa dengan mudah Anda aplikasikan. Tertarik untuk mencobanya?

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA
KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751