Berbagai Penyebab Keretakan Dinding Retak pada Desain Rumah Minimalis 6×10 3 Kamar

By | Oktober 25, 2021

Desain Rumah Minimalis 6x10 3 Kamar

Desain rumah minimalis 6×10 3 kamar – Dinding yang retak seringkali jadi permasalahan yang ditemukan pada konsep bangunan apapun. Parahnya, keretakan ini tak hanya terjadi di bangunan yang berusia tua, melainkan juga bangunan rumah baru.

Meski tergolong ringan, retak pada dinding desain rumah minimalis 6×10 3 kamar tetap membuat tampilan hunian kesayangan Anda jadi kurang estetik. Sementara retak yang cukup parah justru berpotensi membahayakan Anda dan seluruh keluarga yang ada di dalam rumah tersebut. Oleh sebab itu, Anda tak boleh meremehkan permasalahan satu ini.

Akan tetapi, sebelum Anda mulai bergerak untuk mengatasi dinding yang retak tersebut, coba ketahui dulu apa saja penyebabnya. Dengan begitu, Anda pun tahu langkah apa yang paling tepat untuk mengatasinya.

Berbagai penyebab keretakan pada dinding desain rumah minimalis 6×10 3 kamar

Ada berbagai hal yang menjadi pemicu retaknya dinding rumah Anda. Setidaknya, ada enam penyebab yang paling umum, di antaranya sebagai berikut:

Lokasi bangunan

Penyebab pertama yang sering membuat desain rumah minimalis 6×10 3 kamar mengalami keretakan dinding adalah lokasinya. Memang ada beberapa lokasi yang cukup rawan memicu keretakan pada tembok rumah, seperti tanah bekas rawa ataupun sawah. Pasalnya, tekstur tanah di daerah tersebut cenderung basah sehingga dinding tak bisa berdiri kokoh dan muncul retak. Berbeda dengan bangunan yang kita buat di atas lahan bertanah kering.

Menggunakan material yang kurang berkualitas

Ada banyak jenis material yang bisa anda gunakan untuk mendirikan dinding bangunan. Setiap material tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, material dengan karakter yang kurang stabil dan kuat tentu meningkatkan risiko keretakan pada dinding. Sampai saat ini, batu bata merah adalah material terkuat untuk membuat dinding jika kita bandingkan dengan material lain.

Bencana alam di sekitar bangunan

Banjir dan gempa bumi adalah satu dari sekian banyak penyebab keretakan pada tembok bangunan rumah Anda. Guncangan yang asalnya dari bagian bawah tanah bisa menggoyahkan seluruh pondasi bangunan. Tak heran jika kemudian dinding mengalami retak atau bahkan runtuh. Begitu juga dengan banjir. Air yang datang dengan tekanan cukup kuat akan saling mendorong dinding dari segala penjuru sehingga memicu keretakan.

Proses pembangunan yang tak sempurna

Ada dua proses penyempurnaan dinding sebelum terlapisi cat, yaitu aci dan juga plester. Tujuan pengacian dan pemlesteran ini supaya dinding bertekstur halus sekaligus rata. Proses ini idealnya dilakukan bertahap dan menunggu sampai lapisan di bagian bawahnya mengering.

Namun sayang, proses tersebut membutuhkan waktu cukup lama sehingga banyak orang yang memilih untuk tidak menunggunya. Alhasil, dinding pada desain rumah minimalis 6×10 3 kamar yang anda buat jadi retak karena ketidaksempurnaan proses tersebut.

Kusen kayu lapuk dan memuai

Ketika Anda menggunakan material kayu, maka kemungkinan besar bisa mengalami lapuk dan memuai seiring berjalannya waktu. Perubahan bentuk pada material kayu yang ada di bangunan tersebut bisa membuat dinding mengalami keretakan karena kehilangan kekuatan dari penopang. Masalahnya, penyebab keretakan ini kerap tak disadari para pemilik bangunan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memeriksa kondisi desain rumah minimalis secara berkala.

Beban tak sebanding dengan struktur bangunan

Jika Anda memiliki rencana untuk menambah lantai bangunan pada gambar rumah minimalis 6×10 3 kamar, coba pertimbangkan untuk membuat struktur yang lebih kuat juga. Sebab, tak sedikit pemilik bangunan yang merenovasi hunian secara sembarangan.

Pada dasarnya, penambahan lantai bangunan tanpa ada penguatan pada struktur bisa menjadi penyebab keretakan dinding. Hal ini terjadi karena beratnya beban yang harus ditanggung oleh bangunan secara keseluruhan. Bukan hanya dinding yang retak, penyebab semacam ini juga bisa membuat bangunan desain rumah minimalis 6×10 3 kamar Anda runtuh secara perlahan.

Demikian tadi beberapa penyebab keretakan pada dinding. Jika retak tersebut sudah tergolong sangat parah, Anda tak boleh menunggu lebih lama untuk memperbaikinya. Sebab, dinding yang retak bisa menyebabkan rumah runtuh dan membahayakan jiwa para penghuni di dalamnya. Jadi, pastikan untuk segera memanggil para ahli yang memang mampu merenovasi dinding tersebut.

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751