Mengenal Wall Panel untuk Desain Rumah Minimalis 6×10 1 Lantai

By | Oktober 27, 2021

 

desain rumah minimalis 6x10 1 lantai

Tak sedikit orang yang kadang malas untuk mengecat ulang setiap tahun demi memperbaiki tampilan dinding huniannya yang terlihat lusuh. Jika Anda adalah salah satunya, maka kini tak perlu khawatir lagi. Sebab, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan wall panel pada desain rumah minimalis 6×10 1 lantai. Dengan demikian dinding rumah bakal terlihat makin artistik dan cantik.

Selain itu, pemasangan wall panel ini juga bisa jadi cara untuk menutupi kerusakan di beberapa area dinding desain rumah minimalis 6×10 1 lantai akibat kerontokan lapisan semen, cat memudar, atau lubang di dinding.

Apa itu wall panel?

Secara sederhana, wall panel adalah lembaran papan dengan struktur dan motif tertentu. Umumnya, wall panel ini berbentuk 3D yang membuat dinding desain rumah minimalis 6×10 1 lantai jadi lebih bervolume.

Ketebalan tiap lembaran wall panel ini bervariasi. Mulai dari ketebalan 8 mm hingga 15 mm. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan wall panel dengan tebal hingga 18 mm jika memesannya secara custom.

Pemasangan lembaran wall panel ini juga cocok untuk berbagai gaya hunian. Baik itu hunian dengan desain minimalis, modern, hingga Japandi atau Japanese Scandinavian yang kekinian. Apalagi saat ini ada begitu banyak wall panel yang tersedia di pasaran dengan beragam motif dan corak. Sebab, wall panel ini memang dibuat khusus secara komputerisasi. Perbedaannya terdapat pada segi bahan saja.

Jenis wall panel yang paling cocok untuk rumah minimalis berukuran 6×10

Berikut ini ada beberapa jenis wall panel yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghiasi desain rumah minimalis 6×10 1 lantai sehingga tampak menawan.

Tile board

Sebagian besar orang memang mengenal istilah tile board. Padahal, wall panel satu ini terbuat dari papan MDF berlapis melamin. Dengan begitu, ketika Anda menggunakan wall panel jenis ini, maka dinding desain rumah minimalis 6×10 1 lantai bakal terlihat seperti terlapisi ubin keramik.

Itulah sebabnya, mengapa wall panel jenis ini sangat cocok kita terapkan di area dapur ataupun toilet. Apalagi, wall panel ini memang bisa kita bilang multifungsi karena juga bisa anda jadikan penutup dinding dan penahan air. Ketika Anda menggunakan tile board, maka interior ruangan di dalam hunian tersebut bakal terlihat elegan dan mewah. Meskipun harga wall panel seperti ini cenderung lebih mahal daripada jenis bahan lainnya.

Gypsum

Material satu ini sudah pasti tak asing lagi di telinga Anda, bukan? Ya, jenis wall panel gypsum terbuat dari aneka kertas yang kemudian dilumatkan sehingga menjadi bubur. Lalu, campuran tersebut dipadatkan lagi menggunakan campuran dari bahan-bahan lain.

Adapun keunggulan wall panel bermaterial gypsum ini adalah bobotnya teramat ringan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memasangnya. Bahkan, jenis satu ini sangat gampang untuk kita bersihkan. Cukup bilas saja dengan kain lap basah ataupun menyedotnya menggunakan vacuum cleaner.

Menariknya lagi, wall panel jenis gypsum ini memiliki kemampuan untuk meredam suara sehingga cocok kita jadikan pengisi ruang studio ataupun home theater. Akan tetapi, material ini tidak mampu menahan air dan cenderung rapuh sehingga Anda tidak kami sarankan untuk mengaplikasikannya di area kamar mandi maupun dapur.

Beton Konkret

Ide wall panel yang terakhir untuk dijadikan bagian dari elemen dekorasi rumah minimalis 6×10 1 lantai terbuat dari material beton konkret. Wall panel jenis ini adalah bahan terkuat yang tahan terhadap segala perubahan cuaca. Berkat keunggulan tersebut, tak heran jika kemudian wall panel ini sering kita gunakan di area luar rumah.

Meski kuat sekaligus awet, harga yang dipatok untuk wall panel beton konkret ini nyatanya jauh lebih murah ketimbang wall panel dari bahan lainnya.

Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk memasang wall panel pada desain rumah minimalis 6×10 1 lantai? Jika iya, pastikan untuk menyesuaikan jenis tiap lembaran wall panel tersebut dengan keadaan ruang dan areanya, ya! Jangan lupa juga untuk memilih motif paling cocok sesuai desain interior hunian tersebut. Selamat berkreasi.

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA\

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751`