Tips Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Kampung

By | September 22, 2021

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Kampung

Sejak beberapa tahun belakangan, desain rumah bergaya minimalis dua lantai tengah jadi tren. Sebab, desain ini memiliki bentuk yang sederhana sehingga tak lekang oleh zaman. Jadi jangan heran jika desain rumah minimalis 2 lantai di kampung yang dimaksud selalu diminati oleh banyak kalangan, khususnya generasi millennial karena membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar.

Ketika Anda mengidamkan memiliki rumah dengan desain minimalis satu atau dua lantai, Anda harus bisa merencanakannya secara cermat meski Anda telah menggunakan jasa arsitek maupun desain interior. Alasannya supaya Anda bisa mendapat hunian sesuai keinginan dan anggaran yang dimiliki.

Poin penting sebelum membuat rumah minimalis dua lantai di kampung

Berikut adalah beberapa tips maupun poin penting yang patut diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuat desain rumah minimalis 2 lantai di kampung.

Menyusun rencana secara matang

Langkah pertama untuk membangun rumah minimalis bertingkat di kampung adalah membuat perencanaan pembangunan dengan matang. Pastikan Anda memiliki komitmen yang kuat karena proses pembangunan sebuah hunian membutuhkan banyak biaya, waktu, dan juga tenaga.

Memastikan kondisi tanah

Sebaiknya, Anda memastikan kondisi tanah dan lingkungan terlebih dulu sebelum membangun desain rumah minimalis 2 lantai di kampung. Dengan begitu, Anda bisa membuat hunian yang tepat, nyaman, dan aman.

Memilih konsep dengan tepat sesuai kebutuhan

Berikutnya adalah memilih konsep desain secara tepat dan sesuai kebutuhan. Apabila Anda berstatus sudah menikah atau memiliki buah hati, sebaiknya buat desain rumah minimalis 2 lantai di kampung yang ramah anak. Jika masih berstatus lajang dan menginginkan tampilkan rumah yang unik, pilih saja desain yang mengusung gaya kontemporer atau ala rumah kayu.

Menyusun denah dan mempersiapkan estimasi seluruh biaya

Langkah selanjutnya dalam membuat desain rumah minimalis 2 lantai di kampung adalah membuat denah secara detail agar Anda bisa membuat estimasi biaya. Pastikan, denah yang dibuat benar-benar akurat dan sesuai kebutuhan sehingga hunian yang dibangun mampu memberi rasa nyaman secara maksimal.

Memilih material dengan harga paling terjangkau tapi tetap berkualitas

Jangan pernah membeli bahan material yang terlalu mewah, khususnya jika anggaran yang tersedia tidak terlalu besar. Sebaiknya, cari material dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi, pastikan kualitas dari bahan tersebut tetap berkualitas.

Gunakan jasa arsitek profesional

Supaya pembangunan hunian minimalis yang Anda idamkan berjalan dengan lancar, percayakan saja pada arsitek profesional. Hal ini bertujuan supaya rumah yang kita bangun sesuai dengan perencanaan dan budget tersedia. Jangan lupa untuk memasukkan tarif jasa arsitek ini ke dalam anggaran pembangunan.

Memperhatikan pondasi secara cermat

Pondasi adalah bagian paling penting pada suatu bangunan rumah. Sebab, pondasi berfungsi untuk menopang keseluruhan bangunan. Pastikan juga pondasi yang dibuat kokoh sehingga mampu bertahan dalam waktu lama.

Hindari penggunaan sekat yang terlalu berlebihan

Biasanya, rumah minimalis 2 lantai sederhana di kampung tidak memiliki terlalu banyak sekat dalam ruangan. Dengan demikian, tampilannya tampak lebih lapang meski memiliki ukuran tak terlalu luas. Terutama di area yang sebenarnya tak terlalu membutuhkan sekat supaya rumah terlihat tetap elegan.

Memilih jenis tangga yang tepat

Pastikan Anda memilih jenis tangga yang kokoh jika ingin membuat rumah minimalis dengan dua lantai. Umumnya, material tangga rata-rata  terbuat dari kayu, besi, ataupun keramik. Anda hanya perlu menyesuaikannya sesuai konsep dan anggaran masing-masing.

Memaksimalkan area teras rumah

Meski mengusung konsep minimalis yang sederhana, Anda juga tetap harus memperhatikan area teras. Pasalnya, teras adalah bagian paling depan dari rumah sehingga harus kita perhatikan secara khusus. Ketika Anda mampu mengkombinasikan desain dan material yang tepat, maka tampilan teras bakal jauh lebih menarik sehingga rumah pun terlihat makin menawan.

Mempercantik taman

Jangan sampai Anda melupakan area taman untuk desain rumah minimalis 2 lantai di kampung karena taman bisa menjadikan tampilan rumah lebih asri sekaligus menarik. Tanam saja aneka jenis tanaman hias dan teduh di tempat tersebut. Bukan hanya menjadikan rumah terasa sejuk, tanaman ini bakal membuat udara lebih segar.

Demikian ulasan singkat mengenai tips membuat desain rumah minimalis 2 lantai sederhana di kampung. Selamat mencoba, ya!

untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

UNTUK KONSLUTASI JASA DESAIN RUMAH BISA MELALUI WA 081229418751