Pilihan Desain Rumah Kost Beserta Gambarnya

By | Desember 25, 2019

Bila anda ingin membuat bisnis rumah kost, mungkin anda bisa memulai dengan memikirkan jasa desain rumah kost yang anda inginkan. Sebab, kost harus memiliki desain yang menarik dan nyaman agar para calon penyewa betah di rumah kost anda.

Tempat – tempat paling strategis untuk membuka rumah kost adalah di sekitar daerah anak sekolah, mahasiswa ataupun pekerja kantoran di kota – kota besar. Sebab kebanyakan mahasiswa ataupun karyawan yang rumahnya jauh dari kampus atau kantornya pasti mencari rumah kost terdekat.

Karena kebanyakan calon penyewa di kost anda adalah anak muda dan mahasiswa, anda perlu menyesuaikan desain rumah kost agar cocok dengan mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa desain rumah kost masa kini yang bisa anda gunakan.

Desain Rumah Kost Minimalis

desain rumah kost

Desain rumah minimalis sedang manjadi trend untuk kalangan anak muda dan millenials. Hal yang sama juga berlaku untuk rumah kost. Kebanyakan anak muda saat ini lebih memilih kost dengan desain yang minimalis dan tidak terlalu lebar.

Hal ini justru memberi keuntungan untuk anda sebagai pemilik rumah kost. Sebab anda tidak perlu membangun kamar kost yang lebar dan membutuhkan lahan luas. Anda cukup membuat kamar dengan ukuran sekitar 3 x 3 meter saja. Dan beri sekat pembatas kecil untuk membedakan mana bagian kamar untuk tidur dan mana yang untuk kegiatan lain.

Anda bisa membuat sekitar 3 hingga 5 kamar dengan bermodalkan tanah ukuran 50 meter persegi. Agar semakin menarik, anda juga bisa membuat desain exterior kamar menjadi minimalis seperti mengurangi jendela dan menggantinya dengan sirkulasi udara yang dipasang di bagian atas tiap kamar dan lain – lain.

Desain Rumah Kost 1 Lantai

desain rumah kost 1 lantai

Desain rumah untuk kost satu lantai bisa anda buat menjadi 2 jenis. Yaitu kost dengan model kamar mandi di dalam atau dengan model kamar mandi sharing alias kamar mandi luar. Untuk kamar mandi dalam pastinya harga sewanya akan lebih mahal. Tetapi biaya pembangunan dan perawatannya juga lebih mahal.

Untuk rumah kost 1 lantai dengan kamar mandi sharing, biaya pembuatan dan perawatannya akan lebih murah. Tetapi anda bisa menggunakan uang tambahannya untuk membuat hiasan yang bisa menaikan harga sewa kost seperti membuat taman di halaman kost atau memasang wifi.

Untuk desain interior dan exterior kamar kost, bisa anda sesuaikan dengan selera anak muda belakangan ini. Yaitu kamar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, asalkan muat untuk kasur dan lemari kecil. Kamar tidak terkesan kosong dan biaya sewanya menjadi terlalu mahal.

Desain Rumah Kost Sederhana 2 Lantai

Yang berikutnya adalah rumah kost dengan desain sederhana dan dibuat dengan 2 lantai. Desain kost seperti ini sangat cocok bila anda ingin penghuni kost yang laki – laki dan perempuan tidak ingin dicampur. Jadi anda bisa memisahkan penghuni kost yang pria di lantai atas dan yang wanita di lantai bawah.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat desain kost seperti ini. Salah satunya adalah desain tangga yang aman khususnya ketika hujan. Sebab ketika hujan, tangga yang terkena air bisa berbahaya karena licin.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan bagaimana saluran air dari tiap kamar. Jangan sampai ada kamar yang terkena kebocoran air dari kamar mandi di lantai atasnya. Jadi, usahakan saluran air dari setiap kamar tidak saling melewati kamar lain.

Desain Rumah Kost Sederhana

genteng beton

Yang terakhir adalah desain kost sederhana dengan hanya 1 lantai. Karena sederhana, anda tidak perlu repot memikirkan desain yang minimalis atau modern seperti desain kost yang lain. Anda cukup membuat kamar – kamar kost seperti biasa saja layaknya ingin membuat rumah.

Anda juga tidak perlu membuat kamar mandi di setiap kamar. Cukup buat 2 atau 3 kamar mandi di luar agar penghuni kost bisa menggunakan secara bergantian. Desain kost seperti ini juga menjadi favorit bagi mahasiswa sebab harganya murah.

Desain Rumah Kost 2 Lantai Minimalis

Desain Rumah Kost 2 Lantai Minimalis

Selanjutnya ada desain rumah kost 2 lantai minimalis yang terlihat sangat nyaman untuk ditempati bersama keluarga tercinta, seperti gambar di atas. Jika dilihat, bangunan tersebut memiliki tangga tepat di bagian depan sehingga memudahkan akses penghuni yang tinggal di lantai atas tanpa harus mengganggu penghuni lainnya.

Desainnya pun dibuat minimalis tapi tetap terkesan kekinian. Apalagi, warna cat yang dipilih bernuansa cerah sehingga membuat siapa saja tertarik untuk tinggal di dalamnya

Desain Rumah Kost Sehat

Bisa dibilang, hampir semua rumah kos mengusung desain minimalis yang sederhana. Tapi percayalah, desain rumah kost sehat seperti gambar di atas juga patut untuk Anda pilih karena membuat penghuni semakin nyaman dan betah tinggal di dalamnya. Bagaimana tidak, dari gambar di atas kita bisa lihat bahwa bangunan tersebut dibuat dengan model artistik berwarna hijau sehingga terasa asri.

Apalagi, bagian atapnya dibuat terbelah sehingga memungkinkan udara dan cahaya matahari masuk lebih leluasa. Dengan demikian, rumah kos tersebut jauh dari kesan suram dan lembap.

Cara Paling Tepat Membuat Rumah Kos Yang Super Nyaman

Bagi para mahasiswa atau pekerja yang hidup merantau pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah rumah kos. Bisnis jasa satu ini dikenal sebagai bisnis yang menawarkan persewaan kamar ataupun tempat tinggal dengan metode pembayaran tertentu. Biasanya, pembayaran kos per kamar dilakukan di setiap bulan dan sudah termasuk berbagai fasilitas, seperti listrik, air, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin memulai usaha rumah kos seperti ini, pastikan dulu untuk menemukan lokasi yang strategis. Baik itu di dekat perkantoran, pabrik, kampus, ataupun pusat perbelanjaan seperti mall. Alasannya karena memang lokasi semacam itu memiliki prospek yang bagus bila dijadikan bisnis rumah kos.

Nah, berikut ini ada beberapa cara paling tepat supaya rumah kos Anda menarik minat para penyewa, di antaranya:

  1. Perhatikan Desain Rumah Kost

Di zaman serba modern seperti saat ini, mengharuskan desain rumah kost tidak boleh asal sembarangan. Apalagi, para kaum millennial sangat menjunjung tinggi nilai estetika suatu bangunan, terutama tempat tinggal. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar mampu membuat desain rumah kos yang estetik sekaligus nyaman dan aman untuk dihuni.

  1. Pastikan Bangunan Memiliki Pondasi Bertingkat

Walaupun Anda akan membangun rumah kost yang tidak bertingkat, tak ada salahnya jika Anda meminta tim desainer membuat pondasi bangunan yang mampu menopang hingga 3 lantai. Tujuannya supaya Anda tidak perlu repot lagi jika suatu saat ingin menambah lantai sehingga rumah kos tersebut bisa menampung lebih banyak penyewa.

  1. Pilih Konsep Minimalis Modern Yang Kekinian

Ketahuilah, desain rumah kos minimalis modern bakal terlihat bersih sekaligus nyaman untuk dihuni siapa saja. Meski disebut minimalis, percayalah biaya pembuatannya tidak bisa dibilang minim. Namun setidaknya, rumah kos tersebut memiliki biaya perawatan yang jauh lebih Terjangkau Ketimbang Anda Membangun Rumah Dengan Desain Klasik Yang Rumit.

  1. Pilih Lokasi Terbaik

Jangan sampai Anda salah dalam memilih lokasi rumah kos tersebut. Pastikan, bangunan berada di lingkungan yang aman, nyaman, dan dekat dengan beberapa fasilitas publik atau sekadar warung makanan sehingga memudahkan para penyewa nantinya. Selain itu, hindari lokasi rumah kos yang terletak jauh di dalam gang. Pasalnya, rumah seperti ini berisiko habis terlalap api jika terjadi kebakaran karena akses yang terbatas.

  1. Jaga Kebersihan Dan Kenyamanan Rumah Kos

Ketika hendak memulai bisnis rumah kos, Anda harus selalu memikirkan soal perawatannya. Usahakan suasana di dalam bangunan tersebut selalu nyaman sehingga para penyewa merasa betah tinggal di sana.

Selain itu, Anda juga harus merawat bangunan dengan sedetail mungkin sehingga kebersihannya selalu terjaga. Percayalah, bangunan kos yang tampak bersih sudah pasti menarik minat calon penyewa.

Jenis Fasilitas Rumah Kos Yang Paling Banyak Menjadi Incaran Penyewa Millennial

Tahukah Anda, karakter penyewa rumah kos saat ini dan dulu sangat jauh berbeda. Tentu saja, di era yang serba modern seperti saat ini, Anda membutuhkan inovasi lebih supaya mampu menarik minat banyak penyewa. Oleh sebab itu, Anda wajib tahu dulu apa saja fasilitas yang bisa membuat rumah kos Anda menjadi incaran seperti berikut ini.

  • Fasilitas Kamar Mandi Dalam Di Setiap Ruangan

Tak bisa dipungkiri, para generasi millennial terkenal sebagai orang yang ingin segalanya serba praktis. Salah satunya dalam hal mandi sehingga  mereka tidak suka membuang waktu hanya untuk antri mandi di rumah kos. Dan solusi terbaiknya adalah melengkapi fasilitas kamar mandi dalam di setiap ruangan yang Anda sewakan.

Bukan hanya sekadar membangun saja, kamar mandi tersebut juga harus memiliki desain secantik mungkin, gampang membersihkan, dan memiliki ventilasi yang sempurna supaya tidak lembap. Bahkan, tak ada salahnya jika Anda menambahkan sejumlah fasilitas lain seperti, bathtub, kloset duduk, shower dengan air panas maupun air dingin, dan sebagainya.

  • Ketersediaan Tempat Tidur Yang Nyaman

Hampir sebagian besar millennial menghabiskan waktunya di luar ruangan sehingga ketika pulang, mereka pasti ingin segera beristirahat. Itulah alasan, mengapa banyak dari mereka yang memilih rumah kos dengan fasilitas tempat tidur super nyaman berupa spring bed.

Meski demikian, Anda juga bisa menerapkan tambahan biaya jika penghuni menginginkan jenis tempat tidur secara spesifik di luar fasilitas yang ada. Jangan lupa juga untuk melengkapi fasilitas tempat tidur ini dengan seprei, bantal, guling, beserta selimut yang hangat.

  • Pendingin Ruangan Yang Mumpuni

Ada banyak penghuni rumah kos yang mengaku tidak betah karena ruangan terlalu panas. Oleh sebab itu, Anda bisa memasang pendingin ruangan atau AC yang mumpuni dengan tetap memperhatikan daya listrik yang tersedia. Anda juga bisa memberlakukan penambahan biaya tertentu atas fasilitas satu ini, mengingat penggunaan AC membutuhkan daya listrik yang lumayan besar.

Sebaiknya, Anda memberi peraturan tentang pemakaian pendingin ruangan ini supaya sama-sama nyaman. Kendati mereka sudah memberi biaya tambahan, ingatkan juga untuk selalu menghemat energi. Jika tidak terlalu mendesak, anda bisa menyarankan kepada para penghuni  untuk tidak menyalakan AC melainkan menggunakan kipas angin.

  • Wi-Fi Berkecepatan Tinggi

Internet jadi salah satu kebutuhan utama semua orang seiring berkembangnya teknologi di masa kini. Oleh sebab itu, Anda wajib menghadirkannya di dalam rumah kos sehingga penghuni merasa terbantu dan tak perlu lagi repot mengeluarkan biaya lain untuk sekadar membeli kuota.

Sebagai pemilik kost, Anda juga harus memperhatikan kecepatan internet yang tersedia. Apabila merasa perlu, tak ada salahnya jika Anda menerapkan biaya tambahan kepada para penghuni kos supaya kecepatan internet semakin kencang.

  • Fasilitas Hiburan Berupa TV Di Setiap Kamar

Selain wi-fi, Anda juga bisa memberikan fasilitas hiburan lainnya seperti televisi. Percayalah, semakin bagus unit TV yang Anda sediakan, maka semakin tertarik pula para calon penyewa tersebut pada rumah kos yang anda sewakan.

Apalagi jika Anda melengkapi fasilitas ini dengan layanan TV kabel yang mulai banyak tersedia. Belum lagi jika Anda menawarkan layanan seperti platform menonton film berbayar melalui smart TV seperti misalnya, Netflix. Kemungkinan besar akan banyak orang yang akan mengantri untuk menyewa kos di tempat Anda.

  • Lahan Parkir Yang Luas

Tak sedikit penyewa kos millennial yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi karena mobilitasnya yang luar biasa tinggi. Mengingat hal tersebut, Anda perlu juga menyediakan lahan parkir yang luas untuk menampung mobil para penyewa sehingga mereka tidak kerepotan untuk memarkir kendaraan kesayangannya.

Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan perlindungan berupa atap di sekitar area parkir supaya kendaraan tidak kepanasan maupun kehujanan.

  • Jasa Laundry Dengan Sistem Antar Jemput

Anda pasti cukup familiar bukan dengan layanan laundry antar jemput? Jika biasanya penyedia layanan ini berasal dari pihak lain di luar kos, tak ada salahnya jika Anda menyediakan layanan yang sama. Justru akan memudahkan para penyewa karena tidak perlu usah payah mengantar ataupun mengambil pakaiannya.

  • Jasa Cleaning Service Untuk Setiap Kamar

Para penghuni kost karena kesibukannya selalu berada di luar ruangan dari pagi hingga malam. Alhasil, mereka terkadang tidak punya waktu lebih untuk sekadar membersihkan ruangan kosnya. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menawarkan layanan cleaning service untuk setiap kamar.

  • Sistem Keamanan 24 Jam Dengan Teknologi Mutakhir

Salah satu fasilitas rumah kos yang tak kalah penting adalah sistem keamanan selama 24 jam non-stop menggunakan teknologi terkini. Siapa sih yang tidak ingin tinggal di lingkungan super nyaman?

Jika dulu hampir semua rumah kos hanya mengandalkan penjaga atau satpam, maka di zaman sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi yang sudah sedemikian canggih. Anda bukan hanya menggaji penjaga atau satpam saja, tapi juga melengkapi bangunan tersebut dengan CCTV yang bakal memantau selama 24 jam penuh.  Bahkan, Anda juga bisa menerapkan access card atau kunci otomatis dengan passcode yang terpasang di setiap pintu kamar.

  • Kantin Kos Untuk Memenuhi Kebutuhan Penghuni

Siapa sangka, ternyata sudah banyak lho rumah kos yang menawarkan fasilitas berupa kantin bagi para penghuninya. Jika Anda tak mau repot, gandeng saja pemilik usaha warteg di sekitar atau cari seorang tukang masak di area dapur khusus rumah kos Anda. Dengan begitu, para penghuni akan merasa semakin mudah untuk mencari makan yang bersih dan sehat tanpa harus keluar.

  • Rooftop Yang Asri

Satu hal lagi yang tak kalah penting di mata millennial para pengagum segala hal yang bernilai estetika tinggi, yaitu rooftop. Meski berada di atas lahan yang terbatas, rooftop yang tampak asri dan cantik sudah pasti bisa membuat penghuni kos Anda merasa nyaman untuk sekadar bersantai atau mengerjakan tugas kuliah maupun kantor.

  • Fasilitas Olahraga Untuk Memenuhi Gaya Hidup Millennial

Ternyata, tren gaya hidup sehat bukan hanya milih segelintir orang saja. Banyak millennial kekinian yang juga turut andil dalam gaya satu ini. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cara menyediakan fasilitas olahraga seperti gym di rumah kos. Meski membutuhkan modal yang tak sedikit, tapi proyeksi keuntungan yang Anda peroleh bisa berlipat ganda. Apalagi jika fasilitas ini juga tersedia bagi non-penghuni dengan biaya tertentu.

Demikianlah beberapa desain rumah kos kekinian alias masa kini yang diminati oleh anak muda dan mahasiswa. Satu hal lagi yang bisa membuat para penghuni kost betah di rumah kost anda adalah bila anda memasang wifi gratis di sana.

Jika anda membutuhkan layanan jasa desain rumah kost bisa menghubungi kami di wa 081229418751

jika ingin melihat portofolio desain rumah dan rumah kost yang lain silahkan klik gambar di bawah ini