3 Desain Rumah Kontrakan Kecil untuk Inspirasi Membangun Hunian

By | April 14, 2021

Dibandingkan rumah besar dan mewah, desain rumah kontrakan kecil dan minimalis jauh lebih disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini. Sebab jumlah lahan yang dijual semakin lama semakin sempit dan harganya terus melonjak. Sehingga membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membangun rumah mewah dan besar.

Sedangkan untuk membangun rumah kecil tentunya Anda membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit. Namun Anda tetap bisa mendesain rumah yang kecil menjadi nyaman layaknya rumah impian Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini kita memiliki beberapa desain rumah kecil yang bisa Anda gunakan untuk referensi dalam membangun rumah idaman tanpa membutuhkan banyak biaya.

Desain Rumah kontrakan Kecil Unik

Desain rumah yang pertama yang bisa Anda jadikan inspirasi rumah idaman adalah desain rumah kecil unik. Sesuai dengan namanya, Anda butuh imajinasi dan kreatifitas tinggi untuk membangun rumah yang satu ini. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang suka hal – hal berbau seni dan keunikan lainnya.

Salah satu cara membuat rumah kecil menjadi unik adalah dengan mendesain eksterior rumahnya. Misalnya dengan menggunakan dinding dengan warna cat yang mencolok. Seperti perpaduan warna kuning, merah, hijau, dan biru cerah yang dibagi per bagian dinding. Sehingga rumah terlihat mencolok dan warnanya penuh keceriaan.

Atau bila Anda suka seni lukis dinding, Anda juga bisa melukis dinding rumah Anda sendiri dengan lukisan – lukisan santai maupun penuh filosofi. Sehingga Anda bisa mencerminkan kepribadian Anda di dalam lukisan dinding tersebut.

Desain Rumah Kontrakan Kecil Minimalis

Desain Rumah kontrakan Kecil

Berbeda dengan rumah kecil yang unik, desain untuk rumah kecil minimalis ini dibuat jauh lebih sederhana. Sebab kunci dari rumah minimalis sebenarnya adalah kesederhanaan dalam setiap aspek bangunan. Baik interior maupun eksteriornya. Sehingga, jenis rumah seperti ini lebih cocok untuk anak muda yang tidak ingin terlalu repot dengan desain rumahnya.

Rumah kecil minimalis bisa Anda bangun dalam 1 lantai yang berisi 2 kamar, 1 kamar mandi di setiap kamar, dapur dan ruang makan, serta ruang tamu atau ruang keluarga. Ukuran rumah seperti ini bisa dihuni hanya oleh 1 hingga 3 orang saja. Sehingga lebih cocok untuk Anda yang belum menikah atau baru menikah dan belum memiliki buah hati.

Desain halaman depan rumah juga tidak perlu terlalu rumit. Cukup buat car port saja di samping atau di depan pintu utama rumah. Bila ada sisa lahan di halaman depan, Anda bisa menggunakannya untuk tempat menyimpan kendaraan lain. Misalnya untuk menyimpan sepeda atau untuk tempat parkir bila ada tamu yang datang.

Dengan begitu, Anda juga bisa membangun rumah dengan harga yang jauh lebih murah. Bila nanti Anda sudah memiliki buah hati, Anda bisa merenovasi rumah dengan menambah kamar dan membuat rumah menjadi 2 lantai agar lebih luas.

Desain Rumah Kontrakan Kecil Cantik

Dan desain rumah yang terakhir adalah desain rumah kecil nan cantik. Dalam membuat rumah yang cantik, Anda perlu memberikan banyak hiasan – hiasan kecil di dalam maupun di luar rumah.

Misalnya di luar rumah, Anda bisa memberi hiasan hidup seperti tanaman – tanaman hias yang perawatannya mudah. Contohnya seperti kaktus atau tanaman anggrek yang banyak dijual di pasaran. Tanaman hias seperti ini bisa membuat halaman rumah Anda menjadi terlihat lebih cantik dan asri.

Sedangkan di bagian dalam rumah, Anda bisa membeli hiasan – hiasan gantung. Misalnya hiasan gantung yang terbuat dari cangkang kerang, lampu – lampu hias, dan lain – lain. Anda juga bisa menggunakan wallpaper dengan motif yang Anda sukai untuk menambah kesan cantik di dalam rumah. Sebab bila hanya menggunakan cat biasa, rumah akan terkesan monoton dan kurang menarik. Anda juga bisa menyiapkan vas bunga di dalam rumah sebagai hiasan interior rumah.

Tips desain rumah kecil supaya terasa lebih luas

Tak bisa kita pungkiri, harga tanah di banyak tempat semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tentu saja, hal ini terpengaruhi oleh zaman yang kian berkembang dan semakin terbatasnya lahan yang tersedia.

Menariknya, tak sedikit orang yang kemudian menyiasati harga tanah yang mahal dan lahan terbatas ini dengan membeli lahan super sempit demi menekan anggaran. Tentu saja, luas bangunan yang dibangun pun pada akhirnya menjadi lebih terbatas.

Sebenarnya, sah-sah saja jika Anda ingin membeli lahan kecil untuk membangun sebuah hunian mungil di atasnya. Namun pastikan, Anda memiliki desain rumah kecil yang tepat, agar interior dan ruangan yang terbatas bisa tetap terlihat lebih lapang. Bagaimana caranya?

  1. Memasang cermin sebagai penghias dinding ruangan

Anda pasti pernah pergi ke sebuah restoran ataupun pusat perbelanjaan yang sengaja meletakkan dan memasang cermin di area dinding ruangannya. Sebenarnya, hal tersebut dilakukan bukan tanpa sengaja. Tujuan menjadikan cermin sebagai dekorasi ruangan untuk menciptakan efek ruangan yang lebih lapang dan besar.

Tentu saja, Anda juga bisa menerapkan trik yang sama di dalam rumah kecil milik Anda. Percayalah, semakin lebar cermin yang anda gunakan, maka rumah akan terasa jauh lebih lega dari sebelumnya. Bahkan, ada beberapa rumah yang sengaja memasang cermin seukuran dengan satu bidang dinding sehingga ruangan tersebut seakan terhubung dengan pantulannya.

  1. Memilih penggunaan warna-warna cerah

Tips berikutnya agar desain rumah kecil terlihat lebih luas adalah menggunakan warna-warna cerah, seperti misalnya putih. Sebab, warna-warna cerah semacam ini bisa memberikan efek ruangan yang lebih terang karena cahaya yang masuk terpantul dengan baik. Dengan demikian, kesan yang Anda rasakan adalah ruangan yang jauh lebih lapang.

  1. Menggunakan furnitur multifungsi

Seiring berkembangnya teknologi dan kreativitas manusia modern, semakin banyak pula furnitur yang memiliki beragam fungsi. Misalnya seperti tempat tidur yang di bagian bawahnya terdapat fitur laci tambahan sebagai tempat untuk menyimpang barang-barang. Tentu saja, laci seperti ini bisa membuat Anda lebih menghemat ruang karena menggantikan peran lemari di dalam sebuah ruangan.

Pada dasarnya, perabotan multifungsi semacam ini bisa memudahkan Anda untuk meringkas ukuran sekaligus jumlah barang di dalam rumah.

  1. Memasang bukaan dengan tirai super besar

Selain memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih baik, bukaan seperti jendela bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Sebab, kehadiran jendela semacam ini mampu memberi efek seakan suasananya berlanjut ke arah luar bangunan. Jangan lupa juga untuk memasang tirai super besar demi memperkuat kesan langit-langit rumah yang lebih tinggi. Dengan begitu, ruangan kecil nan mungil bisa terlihat lebih luas secara vertikal.

  1. Mengurangi adanya pintu dan sekat yang tidak berguna

Jangan pernah menggunakan terlalu banyak sekat atau batasan antar ruang untuk desain rumah kecil. Dengan begitu, rumah Anda bisa lebih terlihat jauh lebih luas dan lapang tanpa penghalang apapun. Namun jika Anda tetap membutuhkan sekat ruangan, sebaiknya gunakan saja partisi yang bercelah atau berlubang sehingga tiap ruangan di dalam rumah tetap berkesinambungan.

  1. Pastikan plafon memiliki desain yang tepat

Bukan hanya dekorasi dan perabotan saja, nyatanya plafon atau langit-langit rumah sangat memengaruhi luas atau tidaknya suatu ruangan. Anda bisa mencoba membuat jarak antara lantai dan plafon setinggi mungkin untuk desain rumah kecil. Dengan begitu, ruangan akan terkesan jadi lebih luas dan lebar.

Pastikan juga plafon menggunakan warna-warna cerah layaknya dinding sehingga kesan ruangan yang lebih luas semakin terasa kuat.

Demikianlah beberapa referensi yang bisa Anda gunakan dalam membuat desain rumah kecil. Semua desain ini juga bisa Anda kreasikan dengan pikiran masing-masing. Mengingat tiap orang memiliki standar keunikan dan kecantikan mereka yang berbeda – beda. Sehingga Anda bisa membuat rumah kecil yang paling unik menurut Anda sendiri.

Untuk konsultasi jasa desain rumah kontrakan kecil bisa melalui WA 081229418751

Portofolio desain rumah yang lain silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA