Contoh Desain Rumah Bambu

By | Juni 2, 2019

desain rumah bambu

Rumah gedek diketahui pula dengan sebutan rumah bambu, karena bahan utama rumah ini adalah bambu. Konsep desain rumah bambu pada beberapa dasawarsa yang lalu lumayan popular. Perihal ini diakibatkan karena kemajuan teknologi material rumah belum bertumbuh cepat. Tetapi pada waktu ini cukup sulit buat mencari rumah gedek. Pada rumah gedek ini bagian bentuk ataupun arsitekturnya dapat semuanya bambu ataupun di modifikasi bersama material yang lain.

Terdapat beberapa aspek yang menimbulkan rumah bambu saat ini susah ditemukan, ialah:

  1. Bambu gampang lapuk

Bila bambu terserang air ataupun bagian lembab, sehingga akan segera busuk. Paling utama pada bagian yang bersinggungan langsung atas tanah.

  1. Gampang terbakar

Bambu mempunyai sifat yang gampang dibakar. maka disaat ini sudah sedikit dipakai sebagai material gedung. Tetapi saat ini ini di sebagian wilayah wisata, rumah bambu kembali jadi tren. Paling utama buat liburan yang menawarkan pemandangan alam sebagai jualannya. Perihal ini dimaksudkan supaya wisatawan memiliki pengetahuan yang komplit tentang wilayah wisata yang dikunjunginya. Di wilayah itu rumah bambu sering dibikin buat home stay ataupun juga tempat makan.

desain rumah bambu sederhana

Terdapat beberapa keunggulan bambu sebagai material bangunan antara lain:

  1. Gampang didapat
  2. Harga Murah
  3. Mempunyai corak yang unik

Bila anda mau membuat desain rumah bambu ada bagusnya tidak memakai semua bagian rumah dengan bambu. Semisal buat bagian pondasi rumah senantiasa memakai besi beton. Serta pula buat dinding rumah tidak langsu seluruhnya bambu, tetapi terdapat pasangan dinding bata terlebih dulu. Sehabis itu pada bagian atas batu bata baru dinding dari bambu. Perihal ini bermaksud supaya bangunan senantiasa kuat serta pantas dipakai.

desain rumah dari bambu

Terdapat beberapa hal yang wajib dicermati bila hendak memakai bambu sebagai bahan material, antara lain:

  1. Memilih bambu yang telah berumur, sebab bakal lebih kokoh serta kuat.
  2. Memilih dimensi bambu yang gampang ditemui. Bambu umumnya berdiameter antara 5– 10 centimeter.
  3. Pakailah ikatan ataupun pasak sebagai pengikat bambu
  4. Pakailah cat yang sesuai buat bambu
  5. Lakukan pemeliharaan bambu dengan cara rutin