5 Hal Ini Jangan Sampai Terlewatkan Saat Membuat Desain Rumah 2 Lantai Lebar 6 Meter

By | November 6, 2021

Desain Rumah 2 Lantai Lebar 6 Meter

Memiliki hunian baru adalah cita-cita sebagian besar orang. Membeli ataupun membuat desain rumah 2 lantai lebar 6 meter bisa jadi pekerjaan yang agak sedikit sulit. Apalagi untuk Anda yang mungkin baru pertama membeli rumah baru.

Tak sedikit orang percaya, bahwa membeli rumah baru atau membuat desain rumah 2 lantai lebar 6 meter berarti siap untuk berkomitmen. Pasalnya, memiliki rumah sendiri juga harus memperhitungkan berbagai biaya untuk kebutuhan pemeliharaannya.

Perhatikan poin penting ini sebelum membeli atau membuat desain rumah 2 lantai lebar 6 meter

Sebelum membeli atau membuat rumah baru, ada banyak sekali hal yang patut Anda siapkan sekaligus pertimbangkan dengan matang. Berikut ini beberapa poin penting yang bisa Anda perhatikan, di antaranya:

Cek harga dan kemampuan finansial

Saat ingin membeli rumah baru, coba teliti lagi banderol harganya. Pastikan setiap detail dari bangunan tersebut. Umumnya, harga rumah baru sudah termasuk biaya PPN sebesar 10 persen, biaya SHGB, dan biaya AJB.

Akan tetapi, biaya-biaya tersebut tidak termasuk biaya KPR dan BPHTB. Sementara harga rumah yang ditambah BPHTB lebih umum disebut harga pengikatan.

Selain itu, pembayaran untuk rumah baru yang menggunakan fasilitas KPR dari lembaga perbankan harus benar-benar Anda perhatikan setiap tahan pembayarannya. Mulai dari pembayaran uang tanda jadi hingga akad kreditnya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman ataupun ketersediaan uang yang ternyata tidak sesuai.

Anda juga diharapkan untuk tidak langsung tergiur atau berpikir pendek saat hendak membeli desain rumah 2 lantai lebar 6 meter. Coba lakukan peninjauan secara seksama terlebih dulu. Cari informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran hunian baru di daerah yang Anda maksud, baik secara online ataupun offline demi mendapat harga terbaik.

Memeriksa kondisi hunian yang hendak dibeli

Poin utama yang tak boleh dilupakan ketika hendak membeli desain rumah 2 lantai lebar 6 meter adalah memeriksa kondisi dan kualitas rumah secara keseluruhan. Tindakan ini untuk menghindarkan Anda mendapat bangunan yang cacat. Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi saluran air dan ventilasi udara. Dengan begitu, Anda bisa mendapat hunian yang sehat bagi seluruh penghuni nantinya.

Periksa lingkungan sekaligus keamanan hunian

Poin penting selanjutnya sebelum membeli rumah 2 lantai lebar 6 meter adalah memperhatikan lingkungan sekitarnya. Anda harus memastikan bahwa rumah tersebut berdiri di atas lingkungan yang kondusif. Periksa juga keamanannya dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Coba ketahui lebih detail mengenai budaya masyarakat setempat sekaligus tingkat kriminalitasnya.

Jika Anda memiliki anak kecil, coba pilih rumah 2 lantai lebar 6 meter yang ada di dalam kawasan perumahan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengawasi mereka. Selain itu, lingkungan di perumahan relatif jauh lebih aman. Sebab, biasanya ada petugas keamanan yang berjaga ataupun fasilitas berupa CCTV guna mengawasi keluar masuknya tamu dan kendaraan asing.

Perhatikan lokasi hunian yang hendak Anda beli

Selain memikirkan soal kondisi bangunan secara keseluruhan, lokasi juga jadi parameter utama. Rumah 2 lantai lebar 6 meter dalam kondisi baru tetapi dibanderol dengan harga murah biasanya terletak sangat jauh dari keramaian atau pusat kota. Apabila Anda tetap ingin melakukan pembelian, coba perhatikan lagi akses dari rumah menuju jalanan utama.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan lokasi rumah dengan area publik lain. Jika lokasi yang Anda pilih ternyata jauh dari tempat bekerja, coba pikirkan berapa jumlah ongkos yang anda butuhkan. Ingat, membeli rumah berarti untuk ditempati dalam jangka panjang. Jangan sampai Anda menyesal hanya karena gegabah dalam membeli rumah.

Memeriksa posisi hunian yang hendak Anda beli

Poin penting berikutnya yang patut Anda ketahui ketika hendak membeli rumah 2 lantai lebar 6 meter adalah arah atau posisi bangunan dengan sinar matahari. Pastikan Anda memilih hunian yang menghadap ke arah cahaya matahari pagi karena lebih sehat dan tidak terlalu panas.

Di samping itu pula, posisi rumah 2 lantai lebar 6 meter juga bisa menentukan harga jualnya. Ketahuilah, posisi hook atau rumah yang letaknya di sudut jalan sering jadi incaran banyak orang. Sebab, para penghuni bisa lebih mengembangkan bangunan tersebut.

Demikian beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan ketika hendak membeli hunian dengan desain rumah 2 lantai lebar 6 meter. Berdasarkan informasi tersebut di atas, semoga Anda tak salah melangkah dalam membeli rumah idaman ya!

Untuk melihat contoh desain rumah yang lain, silahkan kunjungi halaman GALERY KARYA

KONSULTASI JASA DESAIN RUMAH, SILAHKAN HUBUNGI WA KAMI 081229418751