5 Ragam Desain Ruko Terbaik + Gambar

By | Desember 24, 2019

Bila anda seorang pengusaha atau ingin membuat usaha penyewaan ruko, anda perlu memiliki desain ruko yang bisa menarik minat calon pelanggan anda. Sebab saat ini sudah banyak pemilik ruko maupun orang – orang yang menyewa ruko yang saling bersaing satu sama lain. Oleh karena itu anda juga harus bersaing dan menarik minat pelanggan sebanyak – banyaknya. Salah satu caranya adalah dengan membuat desain ruko semenarik mungkin. Sehingga desainnya tidak terkesan monoton dan membosankan.

Desain ruko juga harus mengikuti jaman dan trend di Indonesia. Untuk saat ini, kebanyakan desain ruko yang paling diminati adalah ruko minimalis baik 1 atau 2 lantai. Nah untuk anda yang ingin membuat ruko atau ingin mengubah desain interior ruko, berikut ini adalah beberapa ide desain ruko modern dan minimalis yang bisa anda semua gunakan.

Desain Ruko 2 Lantai

desain ruko

Ada 2 jenis penyewa ruko 2 lantai, yaitu yang menggunakan kedua lantainya untuk usaha dan yang menggunakan lantai satu untuk toko sedangkan lantai 2 untuk rumah. Dan biasanya, ruko 2 lantai dibangun berderet hingga 2 atau 5 ruko. Jadi bila anda pemilik ruko 2 lantai, anda harus membuat desain ruko anda saling terhubung yang satu dan lainnya.

Salah satu kunci agar desain rumah toko anda bisa saling menyatu adalah dengan memilih perpaduan warna yang tepat. Contohnya memadukan warna merah, kuning, orange dan warna cerah lainnya pada ruko anda.

Selain itu anda juga bisa membuat balkon kecil di lantai atas untuk penyewa ruko yang ingin menjadikan lantai atas sebagai tempat tinggalnya. Sehingga ruko anda terkesan semakin nyaman.

Desain Ruko 1 Lantai

desain ruko 1 lantai

Ruko 1 lantai juga biasanya dibangun secara berderet ke samping. Dan biasanya jumlah deretan ruko 1 lantai lebih banyak daripada ruko 2 lantai. Karena hanya memiliki 1 lantai, jadi seluruh ruko hanya digunakan untuk bisnis saja oleh sang penyewa. Jadi, anda tidak perlu repot memikirkan desain untuk lantai 2 yang ingin dijadikan tempat tinggal atau tempat usaha juga. Dan tentunya, biaya pembuatan ruko 1 lantai lebih sedikit.

Tetapi, anda tetap perlu mendesain rumah toko 1 lantai dengan menarik. Contohnya dengan memberikan hiasan – hiasan di bagian depan ruko menggunakan tanaman yang mudah dirawat. Atau dengan membuat atap ruko lebih dengan unik agar terlihat berbeda dengan ruko lainnya

Desain Ruko Modern

desain ruko modern

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, model ruko anda harus mengikuti jaman agar tidak terlihat tua, kuno, dan membosankan. Artinya anda perlu membuat desain untuk rumah toko yang modern dan masa kini.

Beberapa tahun belakangan, desain toko yang paling diminati oleh orang – orang khususnya di ibu kota adalah rumah toko yang memiliki banyak pintu kaca. Yang paling utama tentunya pintu kaca di bagian depan rumah toko.

Desain ini terlihat sangat modern dan bisa mengikuti jaman. Sedangkan ruko yang kebanyakan ada dari jaman dahulu hanya menggunakan pintu rolling door atau folding gate. Padahal untuk menambah pintu kaca, anda tidak perlu menghilangkan rolling door bila anda ingin membuat ruko lebih aman.

Desain Ruko Sederhana

Yang berikutnya adalah rumah toko dengan desain yang sederhana namun tetap menarik. Rumah toko sederhana biasanya lebih diminati oleh para pengusaha muda yang ingin membuat bisnis kekinian seperti coffee shop, butik, atau toko elektronik.

Biasanya rumah toko sederhana lebih memfokuskan desain interior dibandingkan exteriornya. Jadi, anda perlu memiliki rumah toko dengan ukuran yang agak luas atau setidaknya berukuran sekitar 5 x 7 meter. Sehingga sang penyewa rumh toko bisa mendesain bagian dalam rumah toko dengan lebih leluasa.

Desain Ruko Minimalis

Dan yang terakhir adalah rumah toko dengan desain yang minimalis dan modern. Hampir sama dengan rumah toko berdesain sederhana, rumah toko minimalis juga biasanya lebih diminati oleh para pengusaha muda.

Hanya saja, ruko minimalis lebih mementingkan desain exterior meskipun ukuran rukonya lebih kecil. Jadi anda perlu membuat desain minimalis modern seperti membuat dinding sekat, hiasan atau pintu kaca agar desainnya semakin menarik.

Demikianlah ide desain rumah toko yang bisa anda semua gunakan untuk para pemilik rumah toko maupun untuk anda yang ingin menyewa rumah toko. Jangan lupa, rumah toko harus menyediakan lahan parkir yang cukup untuk pelanggan para pengusaha di ruko anda.

jika anda membutuhkan layanan jasa desain rumah toko bisa menghubungi kami di wa 081229418751

jika ingin melihat desain rumah toko atau rumah tinggal yang lainnya silahkan klik gambar di bawah ini