Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Tembok Sebelum Dinding Makin Rusak

Cara mengatasi retak rambut pada tembok – Retak rambut yang ada pada tembok adalah retakan-retakan tipis pada bagian luar dinding dan tidak menembus bagian sisi satunya. Karena terlihat tipis dan tidak signifikan banyak yang tidak menganggapnya serius sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal jika dibiarkan, retakan tersebut bisa menjadi sarang pertumbuhan lumut, jamur, dan juga dinding menjadi lebih mudah lembab sehingga lama kelamaan akan merusak ketahanan dan juga penampilannya. Jangan sampai menimbulkan kerusakan yang lebih parah, segera atasi dengan cara mengatasi retak rambut pada tembok berikut ini.

Penyebab dinding mengalami retak rambut

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya retak rambut pada dinding. Yang pertama adalah karena tingkat penyusutan yang berbeda-beda pada bahan material yang digunakan untuk membangun tembok. Penyusutan dipengaruhi oleh suhu lingkungan yang kemudian membuat masing-masing bahan material menyusut dengan tingkat yang berbeda dan membuat dinding jadi memiliki retak yang halus.  Penyebab yang kedua karena memang ada kelalaian dalam proses pengerjaan. Seperti misalnya plester yang tidak dibasahi sebelum mengerjakan pengacian, campuran plester yang buruk, atau karena kualitas cat yang kurang elastis sehingga ketika terjadi penyusutan cat tidak bisa mengakomodir perubahan bentuk tersebut.

Mengatasi retak rambut pada tembok

Cara mengatasi retak rambut pada tembok bisa dengan mulai diamplas dan dibersihkan dulu bagian dinding yang retak. Kemudian aplikasikan cement filler atau plamir yang sesuai dengan posisi retakannya, sebelum plamir kering amplas bagian yang tidak rata sehingga hasil tambalan bisa lebih halus. Kemudian tunggu hingga kering kemudian aplikasikan alkali resisting primer atau wall sealer. Baru kemudian diwarnai lagi dengan cat yang sesuai dengan warna dinding. Gunakan jenis cat yang memiliki elastisitas tinggi untuk menghindari retak rambut.

Mengurangi resiko retak dinding

Untuk mengurangi resiko retak rambut pada dinding pada proses konstruksi, sebaiknya gunakan acian yang sudah siap pakai untuk mengurangi penyusutan yang lebih ekstrim. Atau jika menggunakan semen yang biasa untuk proses pengacian, lakukan penyiraman agar mengurangi tingkat pengeringan yang terlalu cepat. Demikian adalah cara mengatasi retak rambut pada tembok.

 

bagikan ini