Perhatikan Cara Mengatasi Rembes pada Dak Beton!

Atap dak beton saat ini sudah semakin marak digunakan, terutama pada desain rumah yang modern dan minimalis. Namun, sayangnya jenis atap seperti ini rentan mengalami kebocoran.

Penyebab rembes atau kebocoran pada atap dak beton bervariasi, misalnya adanya perubahan suhu yang signifikan sehingga menimbulkan retak, atau adanya masalah pada lapisan tahan air alias waterproof. Masalah ini juga bisa timbul jika Anda tidak melakukan perawatan curing compound begitu proses pengecoran beton selesai. Dak beton yang kurang tebal atau pergeseran maupun pergerakan yang berasal dari pondasi atau struktur bangunan juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Jika Anda sedang mengalami masalah yang serupa, Anda tak perlu panik! Berikut ini adalah cara mengatasi rembes pada dak beton yang bisa Anda lakukan lebih dahulu sebelum memanggil bantuan tukang.

  1. Cari Letak Kebocoran

Tentu saja, cara mengatasi rembes pada dak beton yang pertama kali harus Anda lakukan adalah temukan titik kebocorannya. Beberapa ciri yang paling mudah dikenali adalah adanya retakan atau lubang di atap. Jika sudah ketemu, tandai dengan pensil atau kapur.

  1. Bersihkan Retakan atau Lubang

Area yang retak atau berlubang tersebut umumnya sudah penuh dengan kotoran, dan bahkan berjamur. Jadi, bersihkan dulu area tersebut sebelum Anda mulai menambal kebocoran. Anda bisa bersihkan dengan sikat, air bersih, dan lap dengan kain kering.

  1. Buat Adonan Semen

Langkah berikutnya adalah membuat adonan semen untuk menambal rembes atau bocor. Sesuaikan takaran adonan semen dengan ukuran area yang perlu ditambal.

  1. Masukkan Adonan Semen

Jika adonan semen sudah jadi, masukkan ke dalam retakan atau lubang. Lakukan tahap dalam cara mengatasi rembes pada dak beton ini dengan cermat dan berhati-hati agar lubang atau retakan tersebut benar-benar tertutup dengan baik.

  1. Berikan Lapisan Waterproof atau Tahan Air

Setelah Anda sudah selesai memasukkan adonan semen untuk menambal retakan atau lubang pada dak beton, maka Anda bisa oleskan lapisan tahan air alias waterproof pada permukaan yang telah ditambal tadi.

  1. Lakukan Proses Finishing

Tunggu sampai adonan semen dan lapisan tahan air tersebut kering. Setelah itu, atap dak beton rumah Anda seharusnya sudah kembali ke kondisi seperti semula!

Itulah rangkuman cara mengatasi rembes pada dak beton yang bisa Anda lakukan sendiri. Semoga bermanfaat!

bagikan ini