Desain rumah yang baik tidak hanya fungsional; tetapi juga estetis dan memiliki ciri yang berkaitan dengan pemiliknya.

Pentingnya Memilih Konsultan Desain Yang Baik

Kebutuhan memiliki rumah yang fungsional dan tertata dengan baik merupakan hal penting yang wajib dipertimbangkan calon pemilik rumah. Selain itu masih ada aspek lain yang bisa menjadi nilai tambah pada kualitas sebuah rumah; yaitu penampilan yang menarik. Estetika bisa membuat rumah menjadi lebih indah dan berciri khusus; pemilihan konsultan desain rumah bisa sangat membantu memperoleh desain rumah yang baik dan menarik.

Pertimbangan Karakter Desain

Salah satu hal penting dalam memilih konsultan atau arsitek untuk mendesain rumah ketika ingin memperoleh rumah yang baik dan menarik adalah mempertimbangkan karakter desain. Gaya atau karakter desain dari konsultan atau arsitek yang akan dipekerjakan wajib dipertimbangkan agar tidak salah membuat pilihan. Menggunakan jasa arsitek yang berlanggam klasik ketika ingin memiliki rumah modern minimalis justru bisa menghasilkan masalah baru.

Salah satu cara memilih konsultan berdasar karakter atau langgam desain yang dimiliki adalam mengamati portofolio. Karya – karya yang pernah dibuat seorang konsultan desain rumah akan mencerminkan gaya dan karakter desain arsitek tersebut. Memilih arsitek dengan karakter desain yang disukai akan lebih memudahkan proses membuat desain rumah yang sesuai keinginan pemiliknya.

Pertimbangan Biaya

Terdapat beberapa cara menghitung besarnya nilai desain sebuah rumah. Ikatan Arsitek Indonesia telah memiliki standar harga minimal untuk desain bangunan yang bisa dijadikan acuan. Standar tersebut bisa digunakan untuk menghitung estimasi harga desain berdasar besaran nilai proyek. Selain itu ada pula perhitungan harga desain berdasar luasan bangunan yang dibuatkan desain.

Pada sisi yang lain; faktor reputasi dan pengalaman konsultan desain rumah juga bisa mempengaruhi harga. Arsitek berpengalaman dengan reputasi baik serta sering memenangkan kompetisi desain hampir bisa dipastikan mematok harga desain yang lebih tinggi dari rata – rata arsitek biasa. Negosiasi menjadi pilihan yang bisa dilakukan agar memperoleh harga yang sesuai anggaran untuk tetap memperoleh desain yang sesuai keinginan.

Jika Anda membutuhkan bantuan membuat desain rumah? Maka hubungi kami untuk memperoleh desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

 

bagikan ini