Ada beberapa tips sederhana yang bisa dipraktekkan saat memilih jasa arsitek perumahan sebelum membangun rumah.

Memilih Jasa Arsitek Profesional

Memilih jasa arsitek perumahan bisa diawali dengan mencari tahu reputasi penyedia jasa tersebut. Selalu utamakan perusahaan yang memiliki reputasi baik karena beresiko kecil menyebabkan kerugian atau kekecewaan. Meminta pendapat pihak terpercaya atau melakukan riset khusus mengenai reputasi calon jasa arsitek yang akan digunakan juga sangat dianjurkan.

Mempelajari Portofolio Secara Teliti

Ada baiknya juga mencari tahu tentang proyek – proyek yang pernah dikerjakan. Langkah ini memungkinkan calon konsumen lebih tahu tentang reputasi sekaligus portofolio arsitek tersebut. Selain itu juga memberi kesempatan untuk mengamati karakter desain serta langgam yang sering digunakan. Hal ini akan berkaitan dengan selera calon konsumen agar tidak memilih arsitek dengan gaya desain yang berbeda dari selera konsumen.

Portofolio juga memungkinkan untuk menilai pengalaman jasa arsitek tersebut. Informasi mengenai kerja sama dengan kontraktor atau pernah dipercaya klien siapa saja bisa diketahui dari portofolio. Hal ini akan berkaitan langsung dengan reputasi jasa arsitek yang bersangkutan. Portofolio yang banyak juga berarti pengalaman yang banyak. Semakin banyak pengalaman seorang arsitek maka biasanya akan lebih lihai membaca keinginan konsumen sehingga memudahkan proses pencarian idea desain.

Bandingkan harga jika memang perlu dilakukan. Harga desain arsitek telah diatur oleh Ikatan Arsitek Indonesia yang bertujuan untuk menentukan harga minimal untuk sebuah proyek desain. Meskipun begitu; arsitek yang baik dan kreatif seringkali mematok harga lebih mahal dari harga rata – rata karena kualitas memang umumnya berbanding lurus dengan harga.

Perhatikan Karakter Kepribadian Arsitek

Terkadang hal ini tidak dianggap penting; tetapi memilih arsitek yang berkarakter baik bisa sangat menguntungkan dan memudahkan. Menggunakan jasa arsitek perumahan akan membutuhkan proses diskusi. Arsitek dengan kemampuan komunikasi yang baik akan lebih memudahkan proses diskusi dan bertukar ide. Komunikasi yang baik juga akan memudahkan calon konsumen jika harus bernegosiasi tentang harga. Komunikasi yang cair akan jauh lebih nyaman ketika membicarakan bayaran dibandingkan komunikasi yang kaku.

Jika Anda memiliki kebutuhan arsitek untuk membuat desain rumah; kami siap melayani.

 

bagikan ini