Keunggulan dinding bata ringan sangatlah banyak dibandingkan jenis material lain. Sebagai salah satu penopang sebuah bangunan, dinding merupakan hal urgen yang harus diperhatikan. Penggunaan material berkualitas sangat menjamin keindahan serta keamanan penghuninya. Berikut ini beberapa keunggulan dinding yang menggunakan bata ringan yang perlu Anda ketahui:

  1. Mempunyai Kekuatan yang Tinggi

Karena diproduksi dengan teknologi modern serta melalui proses aerasi yang homogen dan disempurnakan dengan quality control yang baik, tak heran jika bata ringan mempunyai kekuatan tekan yang sangat tinggi. Ini artinya, dinding yang menggunakan material ini juga mempunyai kekuatan tekan yang baik.

  1. Bobotnya Sangat Ringan

Dibandingkan dengan bata merah, jelas bata ringan mempunyai bobot yang lebih ringan. Akibatnya, beban struktur yang menopangnya pun juga semakin kecil. Ini artinya, biaya pembuatan struktur bangunan menjadi lebih bisa dihemat.

  1. Pengerjaannya Lebih Cepat

Selain ringan, bata jenis ini mempunyai standar ukuran cukup besar, yaitu 60 x 20 cm. Tidak hanya itu, ukurannya juga sangat presisi. Ketiga komponen inilah (ringan, besar, presisi), membuat pengerjaan pemasangan bata ringan menjadi lebih cepat dan akurat.

  1. Hasilnya Rapi

Selain mempunyai ukuran yang sangat presisi, setiap sudut bata ringan juga tepat siku, sehingga hasil dinding yang dibuat sangat rapi. Tidak dibutuhkan plesteran tebal untuk menutupi ketidakrapian sudut seperti halnya jika Anda menggunakan bata merah.

  1. Pemasangannya Sangat Praktis

Dalam proses pemasangan, tidak dibutuhkan alat-alat khusus, termasuk untuk memotongnya. Saat ukuran bata tidak disesuaikan dengan bentuk bangunan sehingga harus dilakukan pemotongan, maka Anda hanya cukup menggunakan gergaji biasa. Bata ringan ini juga bisa dipasang dalam bentuk besar maupun kecil tanpa mengubah presisi ukuran.

  1. Kedap Air dan Suara

Selain cepat kering, bata ringan juga tidak mudah menyerap air, sehingga terhindar dari rembesan air. Tidak hanya itu, bata ini juga kedap suara sehingga dapat melindungi rumah dari kebisingan luar rumah.

  1. Tahan terhadap Api

Bahan anorganik yang ada di dalamnya membuat bahan material ini tidak mudah terbakar, sehingga dapat diaplikasikan pada cerobong ventilasi, tangga darurat, maupun shaft lift. Risiko kebakaran pun juga dapat dihindari.

 

bagikan ini