Keuntungan menggunakan rangka atap baja ringan sangatlah banyak. Terlebih jika rangka atap masa kini ini dibandingkan dengan “rivalnya”, rangka atap kayu. Mau tahu apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan tersebut? Berikut ini ulasan lebih lengkapnya:

  1. Mempunyai Kekuatan Tegangan Tarik yang Tinggi

Baja ringan mempunyai sifat lentur yang membuatnya mampu menyerap energi dalam jumlah besar. Akibatnya, kekuatan tegangan tarik yang dimiliki bahan material ini sangat tinggi, mencapai 550 Mpa. Coba bandingkan dengan tegangan tarik baja konvensional yang hanya 300 Mpa. Kekuatan tegangan tarik ini juga mampu menjaga kestabilan rumah dan menahan keruntuhan, berbeda halnya dengan material yang mempunyai sifat getas dan cepat hancur.

  1. Pemasangannya Lebih Mudah dan Cepat

Karena bobotnya sangat ringan serta adanya sistem sambungan yang tidak rumit, maka pemasangan baja ringan juga lebih mudah dan menghemat waktu. Sistem sambungan hanya memerlukan skrup, baut, keling, atau las. Dengan sistem seperti ini, baja ringan juga mudah disambungkan dengan konstruksi lain, seperti kayu atau beton.

  1. Bentuknya Lebih Bervariasi

Bentuk yang dimiliki baja ringan sangat bervariasi dan bisa dibuat mengikuti model atap. Namun begitu, saat ingin menerapkan baja ringan dengan suatu model atap, pastikan kekuatan konstruksi yang akan ditumpu atap tersebut. Akan lebih aman jika jarak antar baja ringan dibuat serapat mungkin, maksimal kerenggangan hanya 150 cm.

  1. Terhindar dari Rayap dan Anti Karat

Selain terhindar dari serangan rayap, baja ringan juga terbuat dari logam anti karat. Ini artinya, Anda tidak perlu lagi melakukan pengecatan ulang untuk melindunginya dari rayap maupun karat.

  1. Ketahanannya Dapat Diandalkan

Ketahanan baja ringan sangatlah baik. Asalkan kualitas baja ringan yang Anda pilih nomor satu, maka atap rumah tidak akan mudah lapuk atau menyusut meskipun terjadi perubahan cuaca. Untuk itu, pilihlah baja ringan yang tidak terlalu ringan juga tidak terlalu lentur.

Itulah beberapa kelebihan baja ringan sehingga membuatnya menjadi primadona masyarakat modern. Bagaimana? Anda juga tertarik menggunakannya? Silakan kunjungi jasa pembuatan sekaligus pemasangan rangka atap baja ringan dan rasakan semua keuntungan di atas!

 

 

bagikan ini