Tips memilih keramik untuk lantai kamar mandi dan dinding rumah ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Selain untuk menjamin estetika dan keindahan kamar mandi, tips ini juga bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari risiko terpeleset di rumah . Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan tersebut.

  1. Memilih Keramik yang Anti Selip

Keramik anti selip harus menjadi prioritas utama bagi Anda yang ingin mengaplikasikannya dalam kamar mandi. Terlebih, kamar mandi tersebut termasuk jenis basah, di mana lantai selalu terkena air. Lantai yang basah sangat berpotensi menyebabkan penggunanya terpeleset. Pengaplikasian keramik anti selip seperti ini juga tetap digunakan pada kamar mandi kering. Meskipun tidak setiap saat terkena cipratan air, mengurangi resiko terpeleset juga perlu dilakukan.

  1. Memilih Warna dan Motif yang Sesuai

Dalam pemilihan warna dan motif keramik kamar mandi, sangat tergantung pada nuansa atau suasana yang akan diciptakan dalam kamar mandi tersebut. Jika Anda ingin kesan luas dan tidak membosankan, pilihlah keramik yang tidak begitu ramai motif, namun juga tidak polos sama sekali. Jika kamar mandi tidak begitu mendapatkan sinar matahari, sangat disarankan untuk menggunakan warna-warna cerah, sehingga warna tersebut akan menjadi penerang otomatis bagi kamar mandi. Dan, yang paling utama adalah menyelaraskan warna dan motif keramik ini dengan desain rumah yang Anda miliki. Desain rumah minimalis akan terlihat apik jika menggunakan keramik yang simpel dan berwarna netral.

  1. Memilih Ukuran yang Tepat

Ukuran keramik sangat menyesuaikan dengan luas kamar mandi yang ada. Jika kamar mandi cukup luas, tidak masalah menggunakan keramik dengan ukuran besar. Sementara, kamar mandi yang lebih sempit sangat disarankan menggunakan keramik ukuran kecil. Sebab, jika menggunakan keramik besar, akan menyebabkan banyak keramik yang dipotong karena menyesuaikan bentuk kamar mandi. Tidak hanya itu, untuk keramik model puzzle tentu pemotongan menjadi suatu permasalahan tersendiri.

  1. Memilih Keramik yang Mudah Dibersihkan dan Dirawat

Meskipun menggunakan keramik anti selip, lantai kamar mandi tetap rawan berlumut dan menjadi licin. Oleh karena itu, selain rajin membersihkan lantai kamar mandi, pilihlah keramik yang mudah dibersihkan dan dirawat. Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah keramik yang tekstur kasarnya tidak terlalu dalam, warnanya tidak mudah pudar, dan tahan terhadap goresan saat dibersihkan.

 

 

bagikan ini