Tips cat batu alam di rumah agar awet dan tahan lama harus Anda ketahui, terlebih yang mempunyai rumah dengan desain batu alam. Dalam hal ini, cat yang dimaksud bukanlah cat seperti yang digunakan pada dinding. Namun, pelapisan batu alam dengan sebuah cairan khusus, sejenis acrylic resin. Cairan inilah yang akan menjaga keawetan dan ketahanan batu alam meskipun sudah diaplikasikan dalam waktu lama. Proses pengecatan ini juga sering disebut coating. Tidak hanya awet, penerapan coating ini juga bisa membuat tampilan batu alam menjadi lebih menawan. Nah, sebagai panduan, berikut ini cara mengecat atau melakukan proses coating pada batu alam agar awet dan tahan lama.

  1. Membersihkan Batu Alam

Langkah pertama sebelum proses pengecatan dilakukan adalah dengan membersihkan permukaan batu alam dari debu, minyak, kotoran, atau sisa semen yang masih menempel. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sikat dan sabun. Jika kotoran cukup sulit dibersihkan, bisa digunakan sikat kawat. Setelah batu alam bersih dari segala kotoran, pastikan kondisinya benar-benar kering.

  1. Melakukan Proses Coating Batu Alam

Proses coating akan semakin maksimal jika dilakukan pada musim kemarau. Sebab, proses pengeringan dapat terjadi dengan cepat. Selain itu, permukaan yang bersih, membuat cairan coating menjadi lebih cepat meresap secara merata di seluruh permukaan batu alam.

Proses pelapisan cairan coating ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti layaknya mengecat dinding. Anda hanya membutuhkan alat bantu berupa kuas atau bisa juga menyemprotnya menggunakan kompresor untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah pelapisan pertama, tunggu sekitar 20 menit hingga cairan benar-benar meresap dan batu alam kering. Setelah itu, beri pelapisan coating yang kedua dengan cara sama dan keringkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pelapisan coating:

  • Untuk perawatan, lakukan proses coating secara berkala setiap enam bulan atau satu tahun sekali.
  • Penggunaan jenis cairan coating disesuaikan dengan jenis batu alam, karena setiap batu alam mempunyai kekerasan dan pori-pori yang berbeda.
  • Cairan coating ada dua jenis, dof dan glossy. Coating dof digunakan jika Anda ingin tampilan batu alam tampak alami dan natural. Sedangkan, coating glossy digunakan jika ingin tampilan batu alam menjadi tampak lebih menonjol dari aslinya.

 

bagikan ini