dotcomwebdesign.com

Jasa Desain Rumah Murah > Forum Rumah Kita > Tips Membersihkan Kaca Jendela
 
 
 
 
 
 
 

Tips Membersihkan Kaca Jendela

Salah satu tempat yang paling menyenangkan ketika kita sedang berada dalam rumah adalah memandangi pemandangan diluar rumah atau halaman rumah melalui jendela.

Jendela selain memiliki fungsi sebagai sistem ventilasi udara dan cahaya matahari bagi rumah, juga menjadi salah satu aksesoris keindahan rumah itu sendiri. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus menjaga kebersihan kaca jendela. Agar dapat memberikan kenyamanan baik bagi si penghuni rumah, maupun orang-orang yang bertamu ke rumah kita.

Membersihkan kaca jendela seringkali kita memakai produk komersial pembersih kaca yang mungkin memiliki bahan-bahan kimia berbahaya tanpa kita sadari. Meskipun hasilnya memang cukup baik, namun Anda mungkin tidak menyadari ada residu yang tersisa masih menempel pada kaca jendela Anda. Untuk itu alangkah baiknya kita lebih memilih menggunakan bahan yang lebih alami dan mudah, serta bisa kita buat sendiri. Apakah itu?

Yaitu memakai cuka.
Jika saat ini Anda memiliki masalah dalam membersihkan kaca jendela rumah Anda, maka saya mempunyai resep khusus yang jauh lebih alami dan buatan sendiri. Mau mencobanya? Yuk ikuti cara membuatnya berikut ini:

1. Pertama kali dengan cuka

Jika Anda akan membersihkan jendela Anda dengan cuka untuk pertama kalinya, maka Anda perlu menambahkan bahan tambahan untuk membantu memerangi residu yang tersisa dari produk komersial yang pernah Anda pakai sebelumnya. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 2 gelas air
  • ¼ cangkir cuka suling putih
  • ½ sendok teh sabun cuci piring cair atau deterjen

Caranya campurkan semua bahan di atas dalam botol semprot (ingat, jangan pakai sembarang botol, gunakan botol semprot yang berlabel) lalu semprotkan ke kaca jendela kemudian keringkan pakai lap.

2. Untuk kotoran yang normal

Setelah Anda berhasil menghapus residu yang menempel pada kaca dengan memakai cara nomor 1 di atas, Anda dapat mulai menggunakan solusi cuka putih yang diencerkan untuk menghilangkan kotoran normal. Berikut bahan-bahannya:

  • 1 cangkir air
  • 1 cangkir cuka suling putih
  • Caranya campurkan kedua bahan tersebut dalam botol semprot, lalu semprotkan ke kaca jendela keringkan pakai lap.


3. Untuk jendela yang sangat kotor

Jika Anda memiliki jendela yang ekstra kotor, atau jendela dengan noda cat kering dan sejenisnya, cobalah kekuatan penuh dari cuka cuka suling putih dengan cara menerapkannya langsung ke jendela.

Cara terbaik untuk membersihkan jendela setelah diberi cuka.

Adapun cara yang terbaik untuk membersihkan jendela yang sudah diberi larutan cuka, adalah dengan secepat mungkin mengeringkannya setelah Anda berikan larutan pembersih. Banyak sekali kain pembersih yang bisa Anda gunakan, namun seringkali jika menggunakan kain masih meninggalkan jejak kecil pada kaca, sehingga hal ini tidaklah ideal.

Ada yang bilang kertas koran bisa juga digunakan untuk membersihkan jendela, itu memang benar, sebab tekstur kertas yang kusut dapat bekerja baik pada kotoran, namun resikonya tangan Anda yang bisa terkena kotoran dari perasan kertas koran tersebut.

Untuk itu saya menyarankan, gunakanlah penyeka air (squeegee), dengan alat ini, sekali seka saja kaca bisa langsung bersih dan benar-benar dapat menaklukkan garis-garis bekas air pada kaca. Atau bisa juga Anda gunakan kain microfiber yang dapat bekerja dengan baik pada semua hal. Termasuk kaca jendela.

Nah, silahkan Anda pilih sendiri mana yang menurut Anda lebih baik.
dari: http://penghuni60sains.blogspot.com

 

 

 
 

Banner Or Other Text

 
 
 
 
 
 

Powered By CMSimple.dk | www.desainrumahkita.com 2010-2017, JASA DESAIN RUMAH, JASA DESAIN RUMAH MURAH, JASA DESAIN RUMAH ONLINE